Connect with us

Smartlife

Tingkatkan Kolesterol Jahat dan Picu Kanker! 5 Penyakit Ekstrim yang Kamu Alami Kalau Sering Berbuka Pakai Gorengan!

Okti Sulisnia

Published

on

PortalMadura.com

GIRLISME.COM – Gorengan udah jadi ikon banget buat masyarakat Indonesia. Makanan yang satu ini kayaknya udah jadi favorit semua orang. Apalagi kalau puasa, gorengan bisa jadi menu wajib yang harus ada saat berbuka puasa.

Tapi sebenarnya, mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa itu baik nggak sih buat kesehatan?

Ternyata, berbuka puasa pakai gorengan banyak efek sampingnya lho. Nah, berikut ini adalah beberapa penyakit ekstrim yang akan Kamu alami kalau Kamu sering berbuka puasa pakai gorengan.

1. Kebayang nggak sih kalau makan gorengan, ada berapa banyak kolesterol jahat yang bisa masuk ke tubuh Kamu?

PortalMadura.com

Kolesterol jahat atau LDL yang ada di tubuh Kamu bisa naik kalau Kamu terlalu banyak mengonsumsi gorengan. Sayangnya, jumlah lemak baik atau HDL yang bisa melindungi jantung dan saluran kardiovaskular Kamu akan menurun.

Nah, itulah sebabnya kenapa Kamu bisa kena penyakit kolesterol kalau makan gorengan terlalu banyak.

2. Makan gorengan berarti makan lemak+minya, duhhh…

Makassartoday.com

Kalau makan gorengan berarti Kamu juga membiarkan lemak dan minyak masuk ke dalam tubuh Kamu. Sebagian besar gorengan dimasak dengan metode deep fried, artinya adalah bahan akan dicelup ke dalam minyak panas sampai akhirnya matang. Cara pengolahan yang seperti ini akan membuat gorengan menyerap banyak minyak meski tidak terlihat dari luar. Nah, kalau kebanyakan makan gorengan Kamu bisa mengalami penimbunan lemak dan obesitas lho.

3. Serem banget! Makan gorengan ternyata bisa bikin kanker 🙁

Bogor.net

Minyak nggak sehat yang ada di gorengan bisa mengandung banyak bahan berbahaya. Tingginya suhu minyak juga bisa bikin zat karsinogenik muncul dan memicu timbulkan kanker yang berbahaya. Serem juga ya ternyata.

4. Kalau nggak mau sembelit, jangan makan gorengan deh!

Doktersehat.com

Sembelit terjadi kalau terlalu banyak lemak yang masuk ke tubuh Kamu. Apalagi kalau Kamu jarang banget konsumsi serat, wah bisa-bisa aktivitas Kamu di bulan puasa bisa terganggu banget karena sembelit.

5. Asam lambung naik

Hellosehat.com

Saat puasa, perut Kamu akan kosong seharian. Nah, kondisi perut kosong ini bisa memicu asam lambung Kamu naik perlahan-lahan. Buat Kamu yang punya lambung sensitif, jangan sesekali makan gorengan ya. Karena kandungan minyak berlebihan di gorengan bisa bikin asam lambung Kamu meningkat pesat.

Dari lima penyakit di atas, udah cukup belum buat bikin Kamu kapok makan gorengan? :p

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations

Beri Komentar

Smartlife

4 Manfaat Tertawa Buat Kesehatan!

Okti Sulisnia

Published

on

Dream.co.id

GIRLISME.COM – Nggak cuma bisa mencairkan suasana, ternyata tertawa juga bisa membawa manfaat bagi kesehatan Kamu lho. Manfaat ini biasannya nggak banyak orang yang tahu, karena kebanyakan tertawa hanya diketahui sebagai bentuk mengungkapkan rasa bahagia.

Nah, buat Kamu yang belum tahu, Girlisme.com sudah merangkum empat menfaat kesehatan yang bisa Kamu dapatkan kalau sering tertawa. Apa saja ya kira-kira?

1. Ternyata tertawa bisa membentuk otot perut Kamu lho!

Grid.ID

Buat Kamu yang belum tahu, tertawa juga bisa menjadi latihan fisik sebagai hasil dari pergerakan otot-otot pernapasan dan laring. Nah, saat Kamu tertawa, otot-otot di perut Kamu akan mengembang dan berkontraksi. Nggak cuma itu, tertawa juga bisa mengencangkan perut dan membentuk daerah perut yang biasanya dihasilkan mealui push up dan olahraga lainnya.

2.  Kalau sering tertawa, Hormon Endorfin Kamu juga akan meningkat! Apa sih Hormon Endorfin itu??

Liputan6.com

Tertawa ternyata juga dapat meningkatkan hormon endorfin. Hormon ini adalah kunci untuk kesehatan dan kesejahteraan yang baik karena senyawa kimianya dihubungkan dengan ketahanan terhadap rasa sakit.

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations

Beri Komentar

Continue Reading

Smartlife

4 Efek Seram Keramas Tiap Hari!

Okti Sulisnia

Published

on

Tribunnews.com

GIRLISME.COM – Menjaga kesehatan rambut itu memang penting, salah satu caranya adalah dengan rajin keramas. Eits.. Rajin bukan berarti tiap hari ya, karena keramas tiap hari juga ternyata nggak baik lho buat kesehatan rambut Kamu.

Nah, biar Kamu bisa lebih waspada, yuk kenali dulu 4 efek menyeramkan yang bisa Kamu alami kalau keramas tiap hari!

1. Duh.. Terlalu sering keramas ternyata bisa mengganggu pertumbuhan rambut Kamu lho!

Sipayo.com

Keramas tiap hari bisa bikin sebum di kulit kepala Kamu mengikis. Nggak cuma itu, residu shampo yang Kamu pakai juga bisa menumpuk di kulit kepala, nah hal ini yang akhirnya bisa menghambat pertumbuhan rambut Kamu.

2. Kalau Kamu nggak mau warna rambut Kamu rusak, mending stop keramas tiap hari deh!

Tribunnews.com

Rambut punya lapisan kutikula disetiap helainya, nah lapisan ini yang melindungi warna rambut. Lapisan kutikula ini bisa terkelupas kalau Kamu terlalu sering kerams. Proses keramas yang terlalu sering membuat lapisan kutikula terkelupas. Kutikula yang terbuka bisa membuat warna rambut jadi pudar, kusam dan nggak cantik lagi lho.

3. Ternyata rambut rontok nggak cuma disebabkan oleh kekurangan nutrisi kulit kepala lho!

Tribunnews.com

Nggak banyak yang tahu, ternyata terlalu sering keramas bisa bikin rambut rontok. Ini terjadi karena rambut yang basah memiliki sifat yang lebih sensitive dan rapuh terutama pada akarnya, nah makanya jadi lebih mudah rontok.

4. Sering keramas tiap hari? Duh, siap-siap deh minyak alami rambut Kamu jadi hilang!

Tempo.co

Keramas tiap hari juga bisa merusak merusak dan menghilangkan minyak alami yang ada pada rambut. Padahal minyak alami rambut ini punya peran sangat penting untuk membuat rambut tampak sehat dan berkilau.

Keramas itu penting, tapi kalau tiap hari bisa jadi bumerang juga buat kesehatan rambut Kamu. Jadi.. Hati-hati ya, jangan berlebihan!

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations

Beri Komentar

Continue Reading

Trending