Connect with us

Smartlife

Tingkatkan Kolesterol Jahat dan Picu Kanker! 5 Penyakit Ekstrim yang Kamu Alami Kalau Sering Berbuka Pakai Gorengan!

Okti Sulisnia

Published

on

PortalMadura.com

GIRLISME.COM – Gorengan udah jadi ikon banget buat masyarakat Indonesia. Makanan yang satu ini kayaknya udah jadi favorit semua orang. Apalagi kalau puasa, gorengan bisa jadi menu wajib yang harus ada saat berbuka puasa.

Tapi sebenarnya, mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa itu baik nggak sih buat kesehatan?

Ternyata, berbuka puasa pakai gorengan banyak efek sampingnya lho. Nah, berikut ini adalah beberapa penyakit ekstrim yang akan Kamu alami kalau Kamu sering berbuka puasa pakai gorengan.

1. Kebayang nggak sih kalau makan gorengan, ada berapa banyak kolesterol jahat yang bisa masuk ke tubuh Kamu?

PortalMadura.com

Kolesterol jahat atau LDL yang ada di tubuh Kamu bisa naik kalau Kamu terlalu banyak mengonsumsi gorengan. Sayangnya, jumlah lemak baik atau HDL yang bisa melindungi jantung dan saluran kardiovaskular Kamu akan menurun.

Nah, itulah sebabnya kenapa Kamu bisa kena penyakit kolesterol kalau makan gorengan terlalu banyak.

2. Makan gorengan berarti makan lemak+minya, duhhh…

Makassartoday.com

Kalau makan gorengan berarti Kamu juga membiarkan lemak dan minyak masuk ke dalam tubuh Kamu. Sebagian besar gorengan dimasak dengan metode deep fried, artinya adalah bahan akan dicelup ke dalam minyak panas sampai akhirnya matang. Cara pengolahan yang seperti ini akan membuat gorengan menyerap banyak minyak meski tidak terlihat dari luar. Nah, kalau kebanyakan makan gorengan Kamu bisa mengalami penimbunan lemak dan obesitas lho.

3. Serem banget! Makan gorengan ternyata bisa bikin kanker 🙁

Bogor.net

Minyak nggak sehat yang ada di gorengan bisa mengandung banyak bahan berbahaya. Tingginya suhu minyak juga bisa bikin zat karsinogenik muncul dan memicu timbulkan kanker yang berbahaya. Serem juga ya ternyata.

4. Kalau nggak mau sembelit, jangan makan gorengan deh!

Doktersehat.com

Sembelit terjadi kalau terlalu banyak lemak yang masuk ke tubuh Kamu. Apalagi kalau Kamu jarang banget konsumsi serat, wah bisa-bisa aktivitas Kamu di bulan puasa bisa terganggu banget karena sembelit.

5. Asam lambung naik

Hellosehat.com

Saat puasa, perut Kamu akan kosong seharian. Nah, kondisi perut kosong ini bisa memicu asam lambung Kamu naik perlahan-lahan. Buat Kamu yang punya lambung sensitif, jangan sesekali makan gorengan ya. Karena kandungan minyak berlebihan di gorengan bisa bikin asam lambung Kamu meningkat pesat.

Dari lima penyakit di atas, udah cukup belum buat bikin Kamu kapok makan gorengan? :p

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations

Beri Komentar

Smartlife

Nggak Butuh Olahraga dan Obat Kurus! Ini 5 Tips Turunkan Berat Badan Saat Bulan Puasa!

Okti Sulisnia

Published

on

Tribunnews.com

GIRLISME.COM – Bulan suci Ramadan bisa menjadi momen yang pas buat Kamu yang mau mengontrol asupan makanan ke tubuh. Buat Kamu yang susah diet, momen puasa juga bisa Kamu manfaatkan buat diet maksimal. Sayangnya, kebanyakan orang yang puasa berat badannya justru jadi semakin naik.

Nah, Girlisme.com mau kasih Kamu tips jitu biar bisa diet maksimal di bulan puasa 🙂

1. STOP makan makanan yang berminyak ya!

Tribunnews.com

Gorengan dan makanan berminyak lainnya adalah salah satu menu favorit saat berbuka puasa. Padahal, makanan berminyak ini yang bisa jadi pemicu bagi kesehatan tubuh dan juga menaikan berat badan. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa kalori satu buah gorengan sama dengan 2 lembar roti gandum.

2. Setelah sahur jangan tidur ya, mending perbanyak amal ibadah..

Kaltim.prokal.co

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur setelah sahur bisa meningkatkan resiko Kamu jadi lebih gemuk lho! Ini karena makanan yang masuk ke perut tidak dapat langsung dicerna kalau Kamu tidur. Alhasil, akan tertimbun jadi lemak di tubuh Kamu.

3. Puasa itu bukan ajang balas dendam lho! Jadi berbukalah secukupnya..

Grid.ID

Sering banget tiap buka puasa jadi makan banyak banget tanpa di kontrol. Padahal ini nih yang bisa jadi penyebab berat badan naik. Makanya, tiap berbuka makannya secukupnya aja.

4. Jangan makan makanan yang banyak kandungan pemanis buatannya ya, kalau bisa yang banyak kadar gula alami aja 🙂

Gogobli.com

Berbuka dengan makanan manis itu memang perlu, tapi jangan sampai makanan manis yang Kamu konsumsi banyak mengandung pemanis buatan ya! Kamu bisa pilih kurma, buah, atau sayur yang kadar gulanya alami.

5. Saat sahur usahakan makan makanan yang punya protein tinggi, sekalian buat membakar lemak hehe..

Kompas.com

Makanan dengan protein tinggi bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh, membakar lemak, dan mengurangi nafsu makan. Nah, makanya ini penting banget buat kontrol nafsu makan Kamu biar nggak menggebu-gebu saat berbuka puasa.

Nah.. Gampang banget kan tipsnya! Nggak perlu konsumsi obat kurus dan olahraga, yang penting pola makannya dijaga ya 🙂

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations

Beri Komentar

Continue Reading

Smartlife

5 Efek Berbahaya Makan Mie Instan Saat Sahur! Dari Menyebabkan Kanker Hingga Berbahaya Bagi Pencernaan!

Okti Sulisnia

Published

on

Google.com

GIRLISME.COM – Kalau telat bangun sahur dan belum masak, mie instan memang selalu jadi penyelamat buat siapa saja. Praktis dan rasanya juga enak, apalagi kalau ditambah telur dan sayur.

Sayangnya, makan mie instan sudah terbukti nggak baik buat kesehatan. Apalagi kalau dimakan saat sahur dan besoknya harus puasa seharian penuh. Namanya instan, makanan yang satu ini nggak bisa mencukupi berbagai kebutuhan tubuh akan nutrisi, seperi karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Nggak cuma itu, MSG yang ada di mie instan juga bisa bikin Kamu haus dan ngantuk terus saat puasa.

Nah, biar menambah pengetahun Kamu, yuk simak penyakit berbahaya yang bisa Kamu alami kalau sering sahur pakai mie instan!

1. Duh.. Makan mie instan ternyata bisa bikin kanker 🙁

Kabarmelayu.com

Kemasan mie instan yang terbuat dari styrofoam bisa menjadi pemicu kanker. Terlebih lagi karena mie instan itu hanya disajikan dengan direndam air panas. Panas ini yang akan bikin zat kimia di dalam styrofoam ikut bereaksi. Bayangin deh gimana kalau zatnya ikut masuk ke tubuh 🙁

2. Kalau Kamu punya masalah pencernaan, jangan sering-sering makan mie ya!

Google.com

Kalau Kamu sering makan mie, apalagi lebih dari sekali setiap harinya, siap-siap aja rasain begah dan susah buang air besar yang bikin super nggak nyaman.

3. Jangan makan mie terlalu sering ya, kasihan metabolisme tubuh Kamu..

Makassar.terkini.id

Akumulasi zat kimia dari mie instan yang sering Kamu makan bisa mengacaukan metabolisme tubuh Kamu. Apalagi mie instan banyak mengandung zat kimia berbahaya seperti pengawet dan pewarna akan menjadi racun di dalam tubuh.

4. Mie intsan bisa bikin bagian tubuh Kamu rusak juga lho!

Inspiradata.com

Salah satu kandungan mie instan adalah propylene glycol. Kandungan ini sejenis bahan anti beku yang akan mencegah mie menjadi kering. Kalau zat ini masuk ke tubuh, bisa langsung ditumpuk di area hati, ginjal serta liver dan menyebabkan kerusakan du tubuh Kamu.

5. Mie bikin tubuh sulit menyerap nutrisi, jadinya Kamu akan sering lemas dan loyo..

Merdeka.com

Mie instan juga bisa bikin nutrisi sulit diserap tubuh Kamu. Makanya nggak cocok banget kalau sahur pakai mie instan, karena esok harinya tubuh Kamu akan mudah lemas dan loyo.

Harganya emang murah sih, praktis juga. Tapi kalau taruhannya nyawa.. Mending nggak makan mie deh! Setuju??

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations

Beri Komentar

Continue Reading

Trending