Connect with us

Girls and Food

Ternyata Ini Cara Mudah Membersihkan Spons Cuci Piring Agar Awet dan Bebas dari Bakteri!

nawa

Published

on

GIRLISME.COM- Dalam urusan mencuci piring dan peralatan dapur, Smartgirl biasanya menggunakan spons untuk membersikannya bukan? Nah spons cuci piring ini selain membantu dalam membersihkan piring-piring kotor juga membantu menghemat penggunaan sabun cuci piring itu sendiri. Namun, spons cuci piring ini apabila tidak terawat dan tidak terjaga kebersihannya, maka akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Nah, untuk menjaga agar spons tetap bersih dan higienis, yuk simak cara mudah membersihkan dan merawat spons cuci piring berikut ini:

1. Mencuci spons setelah digunakan

Ketika mencuci piring, spons pasti berhubungan dengan sisa makanan, bau, dan noda. Untuk itu, segera bersihkan spons agar tidak menjadi sarang kuman atau bakteri. caranya adalah: cuci spons menggunakan detergen anti kuman, keringkan dalam microwave selama dua menit, spons bisa digunakan kembali. Smargirl juga bisa merendam spons dalam larutan cuka untuk mengurangi bakteri, atau jika tidak memiliki microwave, Smartgirl bisa merendam spons dengan sabun anti kuman dan air panas hingga 5-10 menit, kemudian cuci hingga bersih.

2. Jangan merendam spons

Setelah menggunakan spons, usahakan langsung mencuci dan mengeringkannya. Karena jika membiarkan spons terendam dengan sisa sabun cuci piring bekas pakai, maka akan memberikan tempat yang nyaman bagi kuman dan bakteri penyebab penyakit. Jangan sekali-kali melakukan hal ini karena kuman dan bakteri akan bersarang dan terus berkembang pada celah-celah spons.

3. Pisahkan spons untuk membersihkan area dapur dengan pencuci alat makan

Jangan mencampur adukkan spons untuk mencuci alat makan dan dapur, sebisa mungkin pisahkan spons khusus untuk mencuci alat makan dan spons khusus untuk pembersih dapur. Mencampur adukkan spons dapat mengakibatkan spons tersebut jadi lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri.

4. Ganti spons secara berkala

Supaya spons tidak menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit, gantilah spons secara berkala, yakni sebulan sekali. Karena jika spons digunakan secara terus menerus tanpa pernah menggantinya, maka dapat dipastikan kalau spons tersebut sudah terkontaminasi oleh bakteri dan kuman. Smartgirl pasti nggak ingin kan piring yang sudah dicuci bersih malah menjadi sarang kuman penyebab penyakit?

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Trending