Connect with us

Relationship

Terlalu Cemburuan Ternyata Malah Bikin Hubunganmu Nggak Nyaman Lho Girls! Mending Segera Atasi Pakai Cara Ini Deh!

Irma El-Mira

Published

on

Galore Mag

GIRLISME.COM – Rasa cemburu merupakan reaksi yang timbul pada diri seseorang ketika ia merasa posisinya terancam, tergantikan, atau dinomorsekiankan. Rasa ini biasanya merupakan hal yang sangat lumrah untuk muncul ketika kamu menjalin hubungan yang spesial dengan orang lain. Namun ketika cemburu yang datang mulai sering tidak berasalan, dan ujung-ujungnya hanya jadi awal pertengkaran, maka sudah saatnya bagi kamu untuk meredamkannya.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cemburu dalam hubungan ya, Smartgirl!

1. Percayalah bahwa kamu itu cukup…

https://flipboard.com

Rasa cemburu seringnya datang karena rasa khawatir tergantikan. Merasa tersaingi dan nantinya akan ditinggalkan. Hal-hal ini akan semakin membesar ketika kamu merasa tidak percaya diri. Kekurangan yang kamu miliki akan semakin terlihat dan kamu merasa bahwa ada orang lain yang bisa saja menjadi lebih baik dari kamu. Dalam hal ini mulailah belajar untuk merasa cukup dengan dirimu sendiri. Bahwa apa yang ada pada dirimu adalah semua yang paling tepat untuk saat ini.

Yakinilah bahwa kamu adalah cukup.

Menerima diri sendiri dan merasa cukup dengannya akan sangat membantu kamu dalam menghindari drama-drama karena pemikiran “aku tidak cukup baik” di dalam hubungan. Yang menjadikan kamu tertekan dengan pikiran bahwa si Dia bisa saja berpaling.

2. Belajarlah untuk tidak curiga buta…

https://www.theodysseyonline.com

Mulailah untuk berhenti berpikiran yang aneh-aneh kepada pasanganmu. Kurangi kebiasaan untuk menuduhkan hal buruk ke dirinya. Sebab hal itulah yang menjadi inti masalahnya. Tidak perduli sesering apapun ia mengabari, mengajak jalan bersama, memberi perhatian yang istimewa, jika di dalam kepalamu masih bertaut dengan curiga-curiga yang bahkan tidak jelas alasannya, maka usaha pasanganmu tidak akan pernah sampai ke kamu. Terhalang oleh prasangka yang kamu buat sendiri. Karenanya sebelum akhirnya nanti hubunganmu menjadi tidak nyaman karena pemikiran buruk yang kamu ada-adakan sendiri, rubahlah mulai sekarang.

 

3. Ciptakan bahagiamu sendiri…

http://mysterywallpaper.blogspot.co.id

Karena kebanyakan hal biasanya kamu lakukan bersama pasangan, maka akan aneh ketika tiba-tiba saj Dia lebih memilih melakukan hal dengan orang selain kamu. Nah, sebelum kamu berpikir buruk tentang itu, maka…yuk temukan bahagiamu.

Ketika kamu tengah berada pada mood yang buruk karena cemburu, biasanya semuanya juga akan terasa tidak ada bagus-bagusnya. Inginnya di kamar saja, mendengarkan lagu-lagu sedih, makin asyik kalau ditambah hujan di luar, jadinya penderitaannya tergenapkan. Belajarlah untuk mencari tahu hal-hal apa yang membuatmu bahagia sebagai seorang individu. Lakukan itu ketika kamu tengah berada dalam posisi jenuh atau tidak bersahabat. Hal yang bisa kamu lakukan sendiri bahkan tanpa bergantung pada pasanganmu. Jalan-jalan, makan yang enak, baca buku, mengunjungi teman-temanmu.

Ketika kamu mulai cemburu, hilangkan dirimu dari zona itu. Buatlah zona baru yang bisa mendatangkan rasa bahagia. Maka tekanan karena rasa cemburu tadi akan bisa dipudarkan oleh pikiran-pikiran lain yang masuk ketika kamu mulai merancang rencana-rencana bahagia itu.

 

4. Stop bandingkan dirimu dengan berjuta perempuan lain…

https://www.huffingtonpost.com

Merasa nyamanlah di dalam kulitmu sendiri. Jangan lagi merasa bahwa lebih baik kamu jadi dirinya, atau lebih baik dia jadi dirimu, dan sebagainya. Banggalah pada apa yang kamu miliki. Karena toh pada kenyataannya juga yang menjalin hubungan tetap kamu dan pasanganmu, bukan perempuan lain yang ada di luar sana. Jadi mulailah untuk menghindari penyakit-pemnyakit pembanding diri. Hal itu hanya akan memperburuk prasangkamu pada pasangan dan juga pada dirimu sendiri. Menambah ketegangan, dan memudarkan kepercayaan pada hubungan kalian.

Inti dari semuanya adalah belajarlah untuk melihat hal-hal baik dari kamu dan pasanganmu. Tumbuhkan lagi prasangka positif di hubungan kalian. Cemburu adalah sesuatu yang tentu sangat sulit untuk dihindari, namun bukan berarti tidak bisa bijak untuk disikapi. So, yuk mulai percaya pada dirimu, dan tumbuhkan zona nyamanmu sehingga pasanganmu juga akan merasa nyaman dengan itu 🙂

Irma El-Mira
Irma El-Mira Husbuyanti ; Yogyakarta ; [email protected] ; Penulis Buku : The Secret Way of Choosing, Jatuh Bangun Mark Zuckerberg.
Irma El-Mira on InstagramIrma El-Mira on Twitter
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending