Suntuk dengan Hiruk Pikuk Kota? Pergi Aja Ke Pulau Maratua, Dijamin Kamu Bakalan Lebih Fresh!

  • Whatsapp

Pulau Maratua salah satu pulau paling luar Indonesia yang begitu eksotis. Pulau yang terletak di Kalimantan Timur dan berbatasan langsung dengan Malaysia (Sabah) dan Filipina memiliki atol dan koral yang begitu indah dan masih alami. Para wisatawan yang mengunjunginya memberi julukan untuk Maratua sebagai Paradise Island atau firdaus. Apa sih sebenarnya yang menarik di Pulau Maratua? SmartGirl penasaran? Yuk langsung aja ya!

1.Bermain di Pulau Derawan, tetangga Pulau Maratua

copyright by www.dispudbar.beraukab.go.id

Read More

Dengan speed boat, Anda bisa mengunjungi beberapa pulau di Kepulauan Derawan selain Maratua. Maratua merupakan salah satu dari 31 pulau yang berada di Kepulauan Derawan, yang masuk wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau terkenal di Kepulauan Derawan selain Maratua adalah Pulau Derawan, Pulau Samama, Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban.

Umumnya pulau-pulau lainnya di Kepulauan Derawan tidak berpenghuni. Pulau Maratua memiliki penduduk sekitar 3000 jiwa dan di sana terdapat 4 desa dengan penduduk asli Suku Bajo yang bekerja sebagai nelayan. Empat desa tersebut adalah Desa Teluk Harapan, Desa Payungpayung, Desa Bohesilian dan Desa Teluk Alolo.

Di Kepulauan Derawan, Anda bisa menemukan danau air asin yang termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Di kepulauan ini juga menjadi tempat bertelur terbesar di dunia dari penyu hijau. Berikut ini beberapa lokasi wisata menarik di Kepulauan Derawan:

  • Pulau Kakaban

Terdapat danau air payau terbesar di dunia yaitu Danau Kakaban. Di dalam danau ini terdapat berbagai jenis hewan yang unik yang telah bermutasi untuk hidup di air payau.

  • Pulau Sangalaki

Di pulau ini Anda bisa menyaksikan ikan pari raksasa, tempat bertelur penyu hijau dan bebarapa lokasi menyelam yang begitu indah.

  • Pulau Derawan

Di sekitar pulau ini juga terdapat beberapa lokasi penyelaman yang begitu indah dan beraneka warna.

2.Di Pulau Maratua, kita juga bisa melihat penyu berkeliaran dengan bebas.

copyright by immortality.com

Di sepanjang pantai Pulau Maratua terkenal sebagai tempat bertelur yang terbesar bagi penyu hijau. Ratusan penyu bertelur di pulau ini setiap tahunnya. Mungkin bisa dikatakan tempat ini merupakan ibukota bagi penyu hijau karena begitu banyak penyu hijau mengunjungi Pulau Maratua. Di sini SmartGirl bisa dengan mudah menjumpai penyu hijau. Ratusan penyu hijau sering melintas di area ini.

3.Big Fish Country, Jadi pas sekali buat kamu para pecinta diving untuk menemukan ikan-ikan yang besar dan unik tentunya!

copyright by derawandifeandlouge.com

Arus di lokasi ini cukup kuat dan banyak ikan berukuran besar di sini seperti pari raksasa, ikan tuna, dan hiu.

Kalau SmartGirl tidak bisa menjumpai penyu atau ikan berukuran besar, tidak perlu kecewa. Karena dive spot di Pulau Maratua selalu terdapat berbagai binatang laut yang unik dan menarik. Beberapa di antaranya seperti ubur-ubur, kuda laut, gurita, lobster, cumi-cumi, barakuda dan bahkan hiu putih.

Wah berlibur di Pulau Maratua tentu bisa kamu masukkan ke list liburan yaa SmartGirl, Happy Holiday!

Related posts