Connect with us

Katamama

Smartgirl Tau Pengorbanan Tragedi ‘Bandung Lautan Api’ ? Belajar Berkorban Demi Kemenangan…

Syifa R Dewi

Published

on

ilustrated by Amalia Tri Hapsari

GIRLISME.COM — Bandung sebagai salah satu kota metropolitan memiliki sejarah panjang dalam Kemerdekaan Indonesia. Siapa sangka? demi memenangkan pertarungan lawan tentara penjajah. Bandung harus membiarkan kotanya dilalap api. Simak yuk sejarah bandung lautan api..

“Bandung Lautan Api, Dari Mohammad Toha dan Mohammad Ramdan untuk Indonesia”

1. Bandung menjadi tempat perebutan wilayah yang cukup fenomenal!

Smartgirl pasca Kemerdekaan Indonesia Bandung masih menjadi tempat yang ingin direbut wilayahnya oleh sekutu. Kondisi inilah yang menyebabkan masyarakat geram dengan tingkah laku sekutu. Sebelum kejadian bandung lautan api terjadi, Sekutu meminta rakyat mengosongkan Bandung utara dan selatan.

2. Bandung yang merelakan diri dilalap api demi kemenangan bangsa!

Perjuangan kota Bandung untuk terbebas dari segala penjajahan sangatlah sulit, karena geram dengan tingkah sekutu maka diputuskanlah untuk membumi hanguskan Bandung agar para sekutu tidak bisa memanfaatkan segala fasilitas yang dimiliki Bandung saat itu. Diutuslah dua pemuda, Mohammad Toha dan Mohammad Ramdan untuk memicu gudang bubuk mesiu agar dapat membumi hanguskan kota Bandung. (Sumber: merdeka.com)

3. Pengungsian warga dan perlawanan menjelang pembumi hangusan pun terjadi!

Warga berbondong-bondong diungsikan keluar Bandung agar tidak menjadi korban dalam peperangan dan pembumihangusan Bandung. Saat itu para tentara pembela negara juga sempat menyerang pasukan sekutu sebelum meninggalkan Bandung.

Smartgirl perjuangan meraih Kemerdekaan masih menjadi PR kita sampai saat ini. Apakah kita sudah benar-benar merdeka? apakah kita sudah menghargai, menghormati, dan melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu?

Syifa R Dewi
Yogyakarta; [email protected]; Repoter; Content Writer; Announcer
Syifa R Dewi on Instagram
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending