Connect with us

Katamama

Smartgirl Pernah Ke Taman Sari ? Ada Mitos Bohong Yang Sengaja Disebarkan Lho! Ini Penjelasannya…

Syifa R Dewi

Published

on

ilustrated by Amalia Tri Hapsari

GIRLISME.COM — Kota Yogyakarta adalah kota yang identik dengan keragaman budaya dan peninggalan masa lampau. Salah satu yang paling terkenal dari Yogyakarta adalah wisata pemandian putri raja yang terletak Taman Sari, Ngasem, Yogykarta. Ternyata di tempat wisata ini menyimpan legenda juga lho Smartgirl. Simak ya!

1. Taman Sari adalah peninggalan Keraton Yogyakarta..

Tempat pemandian putri raja ini adalah peninggalan Keraton Yogyakarta di masa lampau. Jadi sebenarnya komplek Keraton Yogyakarta itu sangat luas meliputi, alun-alun dibagian depan, pemandian putri raja,Keraton Kesultanan, Alun-alun belakang dan lainnya. Namun, sekarang  sebagian tanah Keraton telah diberikan pada warga untuk dijadikan tempat tinggal.

2. Taman Kolam Itu digunakan sebagai tempat sultan memilih perempuan yang akan diajak bercinta!

Smartgirl kalau kesana dan kebetulan ada pemandu yang menceritakan hal ini, jangan percaya ya! itu cuma mitos banget! Raja nggak pernah melakukan hal seperti itu. Alasannya akan dijelaskan di poin selanjutnya!

3. Para pemandu terpaksa menceritakan cerita bohong pada wisatawan…

Ketika ditanya mengapa para pemandu menceritakan cerita tersebut tidak lain alasannya karena wisatawan akan lebih tertarik jika cerita masa lalu dibumbui dengan hal-hal seperti itu sehingga memberi tip juga banyak. Dikutip tribunnews.com yang mewawancarai Romo Tirun (Orang yang sering membekali guide baru dengan sejarah Keraton) “Kalau tidak memberikan cerita seputar sex, akan hambar dan kering. Itu berpengaruh terhadap banyaknya wisatawan dan juga peningkatan pendapatan mereka. Jadi bisa dibilang kalau cerita tersebut sangat menjual sehingga mereka gunakan untuk meraup penghasilan yang lebih tinggi,” Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Inilah Mitos-mitos Vulgar Sensasional Taman Sari Yogyakarta (14/9).

Waduh! sepertinya para pemandu wisata Keraton perlu diedukasi lebih banyak agar tidak menceritakan cerita bohong dan membuat wajah Kesultanan Yogyakarta menjadi buruk dan tidak menghormati perempuan. So Smartgirl, ada baiknya kalau kamu pergi ketempat-tempat wisata kamu cari tau dulu sejarah tempat itu jadi kamu nggak akan menyerap informasi mentah! Semoga bermanfaat 🙂

Syifa R Dewi
Yogyakarta; [email protected]; Repoter; Content Writer; Announcer
Syifa R Dewi on Instagram
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending