Smartgirl Bingung Karena Mens Nggak Teratur? Ini Loh Alasan Mens Nggak Teratur Selain Karena Indikasi Penyakit…

  • Whatsapp

GIRLISME.COM — Salah satu masalah yang sering dialami perempuan adalah menstruasi (mens) yang tidak rutin. Kondisi tersebut sering kali membawa kekhawatiran tersendiri bagi kaum perempuan karena takut terindikasi penyakit-penyakit serius. Tapi tenang aja Smartgirl, penjelasan Lifestyle kali ini berkaitan dengan apa saja yang menyebabkan menstruasi nggak teratur selain ada indikasi penyakit. So, kamu bisa simak penjelasan dibawah ini ya!

1. Smartgirl lagi stres banget ya akhir-akhir ini? Jangan heran kalau akhirnya mens kamu nggak teratur..

Read More

source by hello sehat

Sebagai perempuan yang diliputi banyak emosi, wajar rasanya jika beberapa waktu mengalami stres akibat dari masalah yang sedang dihadapi. Dalam kondisi stres kita harus bisa mengelola emosi kita nih Smartgirl karena akan berdampak juga dengan menstruasi kita. Misalkan kamu lagi stres dengan pekerjaan, kuliah, atau aktivitas lainnya, bukan berarti dengan membuang semua aktivitas itu kamunggak kepikiran kan? Pasti amsih aja kepikiran. Kalau sudah begitu yang perlu kamu lakukan bukan membuang aktivitasnya, namun mengurangi aktivitas yang membuat kamu stres. Soalnya kalau Smartgirl stres akan berpengaruh pada hypotalamus di otak yang mengatur periode mens.

2. Smartgirl udah kerja berapa jam hari ini? Kalau kecapekan pantes lah mens kamu jadi nggak teratur!

source by menaiset.fi

Beberpaa perempuan suka dengan banyak aktivitas, tapi Smartgirl perlu hati-hati dalam mengatur aktivitas.. Jangan sampai aktivitas yang dimiliki terlalu banyak hingga Smartgirl mengalami kelelahan, dalam kondisi itu Smartgirl harus bisa mengatur jadwal beraktivitas nih. Soalnya kalau Smartgirl kecapekan akan berpengaruh pada hormon hipofisis yang ngatur pelepasan sel telur. Ovulasi akan berpengaruh pada mens yang tidak lancar.

3. Smartgirl sedang mengkonsumsi pil kontrasepsi? Duh itu tuh yang bikin mens kamu malah jadi nggak teratur..

source by Beyond Family Planning

Pil konstrasepsi dengan dosis yang rendah menyebabkan mens kamu jadi nggak teratur lho. Smartgirl udah tau belum kalau penggunaan pil kontrasepsi ini harus dengan resep dokter karena bisa menimbulkan penyakit dan efek samping tertentu. So berhati-hati ya!

4. Smatgirl termasuk yang memiliki berat badan berlebih a.k.a obesitas? Lebih baik mulai jaga pola makan dan keseimbangan tubuh..

source by dunia TV

Hal ini juga menjadi pekerjaan rumah bagi para perempuan agar terus menjaga keseimbangan tubuh karena perempuan yang mengalami kegemukan juga akan menderita mens yang tidak teratur. Karena ternyata obesitas juga mengindikasikan penyakit lainnya. Duh, be healthy ya Smartgirl!

5. Smartgirl sudah memasuki usia menopause? Nah ini menjadi salah satu tandanya..

source by DosenPendidikan.Com

Maksudnya adalah ketika Smartgirl sudah memasuki usia-usia menopause ada kemungkinan Smartgirl mengalami mens yang tidak teratur sebelum akhirnya menopause. So jangan khawatir ya Smartgirl!

Nah itu tadi penjelasan soal mengapa terkadang kita mengalami mens yang tidak teratur, bukan hanya karena indikasi penyakit tertentu saja tapi juga hal-hal yang sudah disebutkan diatas tadi. Kalau Smartgirl masih belum yakin, Smartgirl bisa langsung segera memeriksakan diri ke dokter kandungan ya untuk lebih jelasnya! Semoga bermanfaat! 🙂

Related posts