Sering skip sarapan? Siap-siap saja merasakan 5 penyakit Ini

  • Whatsapp

Bagi setiap orang pasti biasa perihal melupakan yang namanya sarapan di pagi hari. Setiap orang juga memiliki alasan tidak sarapan, seperti bangun kesiangan, takut terlambat, tidak sempat masak, dan lain sebagainya. Padahal, sarapan merupakan salah satu kegiatan terpenting di waktu pagi sebelum melakukan aktivitas sehari – hari.

Padahal skip sarapan itu justru berbahaya bagi kesehatan. Tubuhmu harus menerima nutrisi yang cukup. Terutama di pagi hari. Bayangkan saja makanan adalah bahan bakar, kalau sejak pagi nggak diisi bahan bakar, mana bisa tubuhmu bekerja dengan maksimal? Alih-alih kurus atau nyaman beraktivitas, yang ada malah 7 hal ini bakal terjadi pada tubuhmu.

Read More

1. Tanpa bahan bakar di awal hari, tubuhmu bakal kesulitan beraktivitas. Boro-boro mikir kerjaan, yang ada emosimu bakal kacau

copyright by isigood.com

Perut kosong akan sangat berpengaruh pada emosi seseorang. Padahal niatmu skip sarapan adalah biar menghemat waktu agar bisa cepat menyelesaikan pekerjaan, eh tapi yang ada malah kamu nggak bisa fokus mikir. Hal ini karena kadar gulamu berkurang gara-gara kamu nggak sarapan. Jadi tiap kamu pengen fokus ke kerjaan, bawaanya pengin marah-marah mulu. Nggak heran deh kalau kamu jadi disebelin teman-temanmu :’)

2. Skip makanan selain membuat cepat marah, juga berisiko menimbulkan penyakit jantung. Yakin masih mau melewatkan sarapan?

copyright by lifestyle.okezone.com

Mengutip dari duniafitnes.com bahwa baru-baru ini sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menyatakan bahwa orang yang melewatkan makan pagi berpotensi besar mengalami gangguan jantung. Pola makan yang tidak teratur memang dapat menyebabkan berbagai gangguan fungsi organ.

Pasalnya kalau kamu skip sarapan, tubuhmu justru akan “mendambakan” makanan-makanan dengan kadar kolesterol tinggi. Sudah tahu kan kalau kolesterol itu salah satu penyebab utama masalah pada jantung? Masih mau diskip sarapannya?

Ketika kamu melewatkan sarapan, maka sebenarnya kamu membiarkan perutmu kosong terlalu lama (semalaman). Hingga pada saat makan di siang hari, kebutuhan makan justru lebih banyak, apalagi yang dikonsumsi adalah lemak. Siap-siap badan melar, deh.

Pun demikian bagi kamu yang skip sarapan dengan niatan untuk menurunkan berat badan. Teori sederhanamu soal “mengurangi makanan yang masuk ke perut sama dengan mengurangi berat badan” itu salah besar. Jatuhnya meski nggak sarapan, kamu tetap aja ngemil atau makan dengan porsi yang lebih banyak saat makan siang dan makan malam. Nah kalau gitu gimana mau turun berat badanmu?

3. Konsentrasi menurun dan susah berpikir, dengan kata lain kamu akan mengalami kebodohan. Huft, sedih…

copyright by www.huffingtonpost.com

Seperti halnya anggota tubuh lainnya, otak juga memerlukan nutrisi untuk bisa berfungsi dengan optimal. Karena otak kekurangan nutrisi, maka akan mengganggu konsentrasi sehingga proses penyerapan pengetahuan tidak berjalan dengan maksimal. Sebuah studi dari A Centers for Disease Control menyatakan bahwa anak-anak usia sekolah yang tidak sarapan memiliki kemampuan akademik yang lebih rendah daripada anak-anak yang rutin mengonsumsi sarapan. Bahkan di beberapa negara, sekolah telah menyediakan sarapan bagi peserta didiknya sehingga diharapkan anak-anak yang tidak mendapatkan sarapan dari rumah karena berbagai alasan, tetap dapat mengonsumsi sarapan secara rutin. Ya jangan heran kalau konsentrasimu menurun drastis dan kamu jadi sering linglung sendiri.

4. Nah pastinya, nggak sarapan juga bakal membuatmu merasa ‘lapar’. Ujung-ujungnya, kamu jadi pengen makan terus…

copyright by harian.online

Penderita maag kerap mengeluh bahwa sarapan hanya akan membuat mereka mual dan muntah. Itu sebabnya, banyak di antara mereka yang punya kebiasaan buruk melewatkan sarapan. Justru ini merupakan kebiasaan yang keliru.

Hal ini disebabkan oleh lambung yang terus mengeluarkan asam lambung dan terus bekerja meski nggak ada asupan makanan yang masuk ke dalamnya. Sehingga mengakibatkan perut terasa sakit dan seperti diremas-remas.

Kamu pasti sudah tahu kalau pola makan teratur itu erat kaitannya dengan asam lambung. Penjelasannya sederhana. Lambungmu punya mekanisme kerja. Ada atau nggak ada yang dicerna, lambungmu “menggiling” sesuatu. Kalau nggak ada isinya, ya yang digiling tentu dinding lambungmu sendiri. Akibatnya asam lambung naik dan lambungmu pun terluka. Kalau dibiarkan terus-terusan, tentu ini akan bahaya. Apa sih susahnya sarapan dan makan sesuai dengan waktunya?

5. Ternyata Skip Sarapan juga bisa menyebabkan Jadwal Menstruasimu tak lancar

copyright by penulispro.net

Sebuah studi dari jurnal Appetite menjelaskan bahwa pada mahasiswi yang secara terus menerus melewatkan makan pagi memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur daripada mereka yang rutin melakukan sarapan. Selain itu beberapa gangguan menstruasi seperti rasa sakit yang berlebihan serta darah yang keluar tidak lancar.

Waa ternyata bahaya ya jika melewatkan sarapan di pagi hari. Jadi sama sama mengingatkan yuk buat sarapan, ngga mau kan badanmu terkulai sakit karena melewatkan sarapan?

Related posts