Sering Melakukan 3 Kebiasaan di Bawah Ini? Hati-Hati Kanker Payudara!

  • Whatsapp

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang cukup menakutkan bagi seorang wanita, setelah kanker serviks. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara Anda, misalnya saluran keluar air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama jaringan penunjang lainnya seperti jaringan lemak.

Gaya hidup, hormonal, dan faktor lingkungan memang dicurigai sebagai penyebab dari kanker ini. Namun, tidak semua orang dengan gaya hidup yang hampir sama juga memiliki risiko untuk terkena kanker payudara. Sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut. SmartGirl wajib tahu nih beberapa kebiasaan buruk pemicu kanker payudara ini bias timbul dan berkembang di tubuh kamu. Kita ulas satu-persatu yaa

Read More

1.Memakai pil KB pemicu utama kanker di tubuh wanita

copyright by tanya.asmaraku.com

Estrogen pada pil kontrasepsi (KB) memang dapat mencegah kehamilan, namun pil KB ini dapat menstimulasi sel payudara. Dosis hormon yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terhadap kanker payudara. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Cancer Research tahun 2014, yang dikutip Medical Daily, kontrasepsi yang diminum (seperti pil KB) oleh perempuan berumur 20 hingga 49 tahun dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Tapi, SmartGirl tidak serta merta menjadi ragu untuk mengikuti program KB, ada kontrasepsi lainnya. Selain itu, pil KB tetap aman kalau dikonsumsi dengan dosis rendah sekitar 0,02 mg.

2.Terlalu banyak makan, juga factor pemicu kanker di tubuh

copyright by google.com

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal BMI Open, bahwa perempuan yang mengganti ukuran bajunya setiap 10 tahun sekali saat berumur 20-an hingga 60-an, berisiko terhadap kanker payudara sekitar 33% lebih tinggu. Ukuran rok atau celana yang bertambah menjadi tanda kenaikan berat badan. Naiknya berat badan dan lemak berlebih dikaitkan dengan kanker payudara. Lemak yang berlebihan akan berdampak pada produksi hormon yang mengganggu sel. Coba SmartGirl perhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Berat badan naik ketika dewasa  atau setelah berumur 18 tahun mengalami peningkatan risiko terhadap kanker payudara setelah menopause
  • Kelebihan berat badan sebelum menopause mengurangi risiko kanker payudara setelah menopause
  • Kelebihan berat badan setelah menopause justru berisiko kanker payudara

3.Yang ketiga, kerja di malam hari juga merupakan factor pemicu kanker

                                                                                   copyright by pink.blog.it

Kalau kamu seorang perempuan yang memiliki pekerjaan dengan jam kerja bergantian alias shift, SmartGirl perlu waspada. Tidak hanya jam tubuhmu yang terganggu, kamu juga akan merasa cepat lelah dan kurang tidur. Dampak yang paling parah adalah kamu dapat berisiko terhadap kanker payudara.

Sebuah penelitian yang dikutip Medical Daily mengungkapkan bahwa perempuan yang memiliki jam kerja di malam hari lebih rentan terhadap kanker payudara dibandingkan dengan perempuan yang tidak bekerja pada malam hari. Para peneliti berasumsi hal ini disebabkan oleh hormon-hormon, salah satunya hormon melantonin,  yang terganggu akibat jam tidur malam kamu berubah. Rendahnya hormon melantonin sering dijumpai pada pasien kanker payudara.

SmartGirl jangan pernah bosan untuk memiliki kebiasaan yang sehat dan menjaga asupan makan kita ya. Stay Healthy!

Related posts