Sering Kesal Bangun Kesiangan? Kamu Harus Praktekkan 7 Tips Bangun Pagi Ini!

  • Whatsapp

Pasti kamu sudah sangat merasa kesal, sudah berkali-kali bangun kesiangan. Gara-gara itu, jadinya kerjaannya nggak optimal beres. Karena memang, suatu hari yang baik itu berawal dari suatu pagi yang baik.

Untuk bisa bangun pagi setiap hari bukanlah sulit jika kita memang benar-benar niat melakukannya. Dengan sedikit usaha dan pembiasaan maka nantinya kita bisa bangun pagi setiap hari dengan mudah.

Read More

Berikut ini merupakan tips sederhana nan ampuh agar kita terbiasa bangun lebih awal dipagi hari.

1. Tidak hanya Omongan, Bulatkan Niat untuk Bangun di Pagi Hari

copyright by muiwyan.wordpress.com

Niat menentukan hasil, jika memang kita ingin bangun pagi lebih awal maka harus memiliki niat dan kemauan yang kuat.

Niat dan kemauan yang kuat akan menimbulkan sugesti dan sugesti inilah yang membuat kita bisa melakukan sesuatu yang awalnya tidak bisa menjadi bisa, termasuk bangun pagi. Jadi bulatkan niatmu dulu ya girlss!!

2. Jangan makan lagi setelah jam 8 malam. Biar nggak lapar, pastikan Anda makan beberapa jam sebelumnya

copyright by brilio.net

Iya. Kalau kita makan menjelang tidur, maka perut kita akan senantiasa bekerja untuk mencerna makanan tersebut. Padahal, seharusnya saat kita tidur itu perut kita ikut istirahat juga. Harusnya begitu. Nah, kalau perut yang harus istirahat malah kerja, maka kita butuh waktu tidur lebih. Sehingga, sulitlah untuk bangun cepat.

Lagian juga dampak buruk lainnya, nanti bisa mengakibatkan gangguan pencernaan dan perut pun mulas. Waa jangan coba-coba deg girlss!!!

3. Istirahatkan Mata dan Otak, Jangan Menggunakan Peralatan Elektronik Sebelum Tidur

copyright by kaskus.com

Menggunakan perlatan elektronik sebelum tidur seperti handphone atau tablet akan membuat kita sulit untuk tidur. Hal ini terjadi karena pancaran radiasi dari layar handphone yang terlalu lama mengenai mata kita sehingga menimbulkan sulit untuk mengantuk.

Efeknya akan membuat kita susah tidur dan membuat waktu tidur kita berkurang. Maka dari itu, jangan menggunakan perlatan elektronik sebelum tidur karena bisa mengganggu kesehatan dan menimbulkan kita sukar untuk terlelap yang berakibat tubuh kurang fit sehingga susah bangun pagi.

4. Hindari Minum Kopi dan Minuman yang Mengandung Kafein, Perbanyak Minum Air Putih sebelum Beranjak ke Tempat Tidur

copyright by jendelaakita.blogspot.com

Sudah tidak menjadi rahasia lagi, bahwa kopi suka diminum orang-orang, dengan tujuan supaya nggak ngantuk. Karena memang kafein pada kopi cukup tinggi, sehingga membuat jantung berdetak lebih.

Namun, pada kondisi tertentu, kopi malah bisa bikin kita jadi sulit tidur. Kalau sulit tidur, hingga akhirnya baru tidur saat larut malam; maka besoknya jadi susah bangun cepat. Tentunya bukan cuman kopi yang bisa begitu, namun apapun yang mengandung kafein banyak.

Kalau memang mau minum, mending air putih biasa saja. Karena memperbanyak minum air putih apat melancarkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh insyaAllah jadi sehat. Dengan tubuh yang sehat, nggak akan sulit untuk bisa bangun pagi setiap hari.

5. Atur ruangan tidur, termasuk tempat tidur, menjadi senyaman mungkin.

Tidur yang nyaman itu kunci tidur yang berkualitas, hingga kemudian bikin kita mudah bangun. Kunci lhoo..

Prakteknya bisa banyak hal, termasuk beberapa yang disebutkan pada poin-poin sebelumnya, dan berikutnya. Selain itu, misalnya:

  • Rapihkan kasur
  • Pastikan tidak ada nyamuk
  • Jika kepanasan, hidupkan AC, atau kipas angin, atau buka jendela, atau coba cara lain
  • Jika kedinginan, pakailah selimut, atau coba cara lain
  • Dan lain-lain.

Pokoknya, bila memungkinkan, usahakanlah tidur itu harus enak dan nyaman.

6. Pasang alarm. Terus, taruh agak jauh dari tempat tidur. Namun, tentu pastikan suaranya tetap keras.

copyright google.com

Optimalkan usaha kamu dengan alarm. Jangan dispelekan. Meski memang nggak jarang menurut sebagian orang, alarm itu nggak berpengaruh. Namun, faktanya ada juga sebagian orang yang berpengaruh dengan adanya alarm. Pun baiknya jangan sekadar alarm. Cobalah jadikan audio favoritmu sebagai nada alarm.

Dan agar semakin optimal, ada baiknya pasanglah beberapa alarm pada beberapa jam. Setahu saya biasanya fitur seperti ini terdapat pada mayoritas smartphone Android. kamu bisa men-set alarm pada pukul 03:50, 04:00, 04:15, dan seterusnya. Bisa banyak-banyak. Saya pribadi, bahkan bisa men-set sampai sepuluh waktu, dan ini cukup efektif berhasil bikin saya cepat bangun, tidak tidur lagi.

Selain itu, tipsnya, coba letakkan alarm tersebut agak jauh dari tempat tidur kamu. Agar kamu berdiri dan berjalan, sehingga meminimalisir kemungkinan kamu untuk tidur lagi. Selamat Mencoba!

7. Cara Terakhir, Menyuruh Orang Lain untuk Membangunkan

copyright by walimah.info

Maksimalkan lagi ikhtiarmu dengan cara meminta bantuan orang lain untuk membangunkan kamu. Bisa orang tua, pasangan, kakak, adik, teman, atau yang lainnya.

Karena tidak menutup kemungkinan alarm pun tidak mempan. Namun bukan berarti menyepelekan fungsi alarm, hanya saja untuk antisipasi, apabila alarm tak begitu berdampak, masih ada kemungkinan dibangunin orang lain.

Dan agar lebih optimal, mungkin kamu bisa memberikan izin kepada orang yang akan membangunkanmu tersebut untuk membangunkanmu dengan cara-cara yang unik. Misalnya dengan memercikkan air, dengan mengambil selimut dan gulingnya, dengan sembari mengucapkan kata-kata tertentu, atau yang lainnya.

Bangun pagi itu bukanlah hal yang sulit, namun akan menjadi sulit jika tidak dibiasakan. Untuk bisa bangun pagi maka perlu latihan dan pembiasaan. Setelah cukup lama maka bangun pagi tidak akan menjadi hal yang sukar untuk dilakukan karena hal tersebut sudah menajdi kebiasaan

Demikianlah 7 tips ampuh agar bisa bangun pagi setiap hari. Semoga bermanfaat

Related posts