Connect with us

Katamama

Selamat Datang Di Indonesia, Dimana Uang Jimpitan Pun Jadi Sasaran Maling!

Syifa R Dewi

Published

on

ilustrated by Amalia Tri Hapsari

GIRLISME.COM — Di Indonesia sudah tidak asing lagi  dengan kebiasaan ronda atau jaga malam. Tugasnya pun mengelilingi perumahan/komplek/kampung/desa untuk mengamankan keadaan dan mengambil jimpitan. Jimpitan adalah uang sukarela yang diletakkan di semacam gelas biasanya didepan rumah warga. Nah apa aja sih fakta-fakta tentang jimpitan di Indonesia? simak ya….

“Bagi orang yang kesulitan, receh pun terlihat menggiurkan”

1. Uang jimpitan yang selalu berbentuk receh

Padahal juga nggak ada keharusan memberi uang recehan tapi jarang banget bahkan hampir nggak ada yang memberikan uang kertas dijimpitan.

2. Saking terhimpitnya, uang jimpitan pun dicolong maling

Pada suatu ketika ada bapak-bapak ronda, melewati rumah demi rumah untuk mengambil jimpitan dan mengamankan sesuatu eh la kok semua kosong. Ternyata ada yang ronda duluan sebelum si bapak. Siapakah dia? ya si maling, karena jadwal ronda pada hari itu hanya si Bapak. Hal ini membuktikan bahwa maling zaman sekarang pun nyasar uang jimpitan.

3. Uang jimpitan digunakan memenuhi kebutuhan si peronda atau warga

Nah, uang jimpitan ini biasanya bisa untuk memenuhi kebutuhan pos ronda atau acara warga. Padahal receh ya tapi kalau dikumpulin ternyata bisa memenuhi kebutuhan juga.

Itu dia fakta tentang jimpitan, Smartgirl masih suka masukkin jimpitan nggak nih?

Syifa R Dewi
Yogyakarta; [email protected]; Repoter; Content Writer; Announcer
Syifa R Dewi on Instagram
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending