Selain Wisata Alam yang Mengagumkan, Ini Dia 6 Fakta Mengejutkan Tentang Pulau Lombok!

  • Whatsapp

Sebuah pulau kecil dengan luas sekitar 5.435 km2 memiliki banyak sekali destinasi wisata yang rasanaya tidak habis-habis meskipun dikunjungi setiap hari. Memilih Pulau Lombok sebagai salah satu destinasi utama saat berlibur memang tidak pernah salah. Pulau kecil dengan julukan Seribu Masjid tersebut mampu memanjakan wisatawan dengan berbagai pilihan destinasi wisata. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat membuat kamu semakin tidak sabar mengunjungi pulau Lombok:

  1. Masyarakat Lombok yang super ramah!

copyright by wordPress.com

Read More

Ada orang yang mengatakan kalimat seperti ini “Kalau nyasar di Lombok, rasanya seperti nyasar di rumah sendiri.” Masyarakat Lombok sangat terkenal dengan keramahannya. Kamu tidak akan pernah tersesat apabila berada di Lombok. Kamu bisa bertanya pada siapa saja yang kamu temui di jalan, apabila kamu hendak berkunjung ke salah satu tempat. Bagaimana? Masih belum tertarik datang ke Lombok?

  1. Pulau Lombok Dengan Gunung Unik Yang Dimilikinya

copyright by rinjaninationalpark.com

Apabila kamu termasuk pecandu wisata alam, rasanya kamu wajib berkunjung ke Lombok. Pulau kecil yang satu ini menawarakan banyak sekali pilihan destinasi wisata alam yang mempesona. Kamu termasuk pecinta Gunung? Tenang saja, di Lombok ada sebuah gunung bernama Gunung Rinjani. Gunung yang satu ini terkenal Segara Anak (Segara=Danau, Laut) yang berada di tengah-tengah gunung tersebut. Segara Anak memiliki air yang mengalir melewati jurang yang curam dan membentuk air terjun yang sangat indah. Layaknya danau dan laut biasanya, kamu juga dapat menghabiskan waktu dengan memancing. Sebuah penawaran alam yang sangat menggiurkan, bukan?

  1. Lombok Surganya Pantai Berpasir Putih

copyright by indoasia-tourtravel.com

Rasanya akan sulit menemukan orang yang tidak suka ke pantai. Apalagi kalau pantai yang menjadi tujuan memiliki keindahan yang luar biasa lengkap dengan kekayaan bawah laut dan pasir putihnya. Apabila kamu termasuk orang-orang yang jatuh cinta pada pesona pantai, maka kamu wajib datang ke pulau Lombok. Pulau ini memiliki sederet destinasi wisata pantai yang keindahannya tidak perlu diragukan lagi, beberapa diantaranya adalah Pantai Kuta di Lombok Tengah, dan Pantai Senggigi di Lombok Barat. Masih ada banyak sekali surga-surga tersembunyi di pulau Lombok. Jadi, masih ragu menghabiskan waktu liburan mu di Lombok?

  1. Kamu Pecandu Air Terjun? Jangan Lewatkan Ini!

copyright by google.com

Jika bosan dengan wisata-wisata alam seperti gunung dan pantai, tenang saja, pulau Lombok masih memiliki pesona lainnya yang tidak kalah indahnya. Pulau yang stau ini juga memiliki berbagai pesona Air Terjun yang sangat indah. Beberapa diantaranya adalah Air Terjun Benang Stokel dan Air Terjun Benang Kelambu.

Air Terjun Benang Kelambu adalah wisata alam air terjun ini berada di kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok. kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar RP. 5000,- untu dapat masuk ke lokasi air terjun ini. Sebuah harga yang tidak seberapa jika dibandingkan dengan pesona alam yang dimiliki. Kamu bisa sampai di air terjun ini dalam waktu sekitar 1 jam dari Kota Mataram, dengan jalur yang biasanya di tempuh yaitu Mataram-Narmada-Sedau-Pancor Dau-Teratak-Desa Aik Berik.

Selain Benang Kelambu, ada juga air terjun Benang Setokel, yang dalam bahasa lokal memiliki arti “seikat benang”. Diberikan nama demikian karena bentuknya yang menyerupai ikatan benang. Air terjun ini memiliki dua terjunan, dengan ketinggian masing-masing sekitar 20 Meter. Airnya sangat jernih dan segar. Di bagian dasar air terjun terdapat cekungan yang besar dan cukup dalam. Sehingga kamu dapat menikmati keindahannya dengan cara melompat dari pucuk air terjun ke kolam yang jernih dan segar tersebut. Dari kolam tersebut, air kemudian mengalir melalui sungai. Airnya sangat jernih, saking jernihnya wisatawan dapat melihat dasar sungai dengan jelas.

  1. Lombok Juara Kuliner Pedas!

copyright by google.com

Meskipun kata Lombok dalam nama pulau Lombok berarti, Lurus (bukan berarti cabe) namun kuliner di pulau ini sangat terkenal dengan pedasnya. Rasanya kamu bukan pecinta pedas apabila kamu belum mencoba kuliner-kuliner di pulau Lombok. beberapa kuliner yang tidak bisa dilewatkan dari pulau Lombok adalah Ayam Taliwang, Sate Bulayak, Pelecing, Beberuk Terong, Sate Rembiga, dan Bebalung. Enam kuliner khas Lombok ini benar-benar akan membuat kamu ingin mengunjungi pulau ini setiap kali kamu punya waktu liburan.

  1. Lombok Jagonya Wisata Budaya!

copyright by youtube.com

Apabila kamu bosan dengan wisata alam dan kuliner pulau Lombok. kamu juga dapat menghabiskan waktu liburan kamu dengan menyaksikan berbagai pertunjukan budaya Lombok. mulai dari Presean, Gendang Beleq, Nyongkolan, dan beberapa budaya lainnya yang masih sangat kental. Namun apabila kamu ingin menyaksikan semua kebudayaan tersebut dalam satu tempat, saya merekomendasikan kamu untuk datang ke Desa Sade Lombok. Desa Sade terletak di Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Tempat ini dikenal sebagai satu-satunya tempat yang masih mempertahankan adat suku Sasak.  Di tempat ini kamu dapat melihat rumah masyarakat yang laintainya masih terbuat dari kotoran Sapi atau Kerbau. Kamu juga dapat menyaksikan kebudayaan lain seperti budaya menenun.

Bagaiamana? Apa kamu yakin akan melewatkan Pulau Lombok di liburan kamu kali ini?

 

written by :Baiq Okti

Edited by Nadhifah Azhar

Related posts