Pola Tidur Kamu Berantakan? Lakukan Hal Ini Untuk Memperbaikinya!

  • Whatsapp

Bicara soal tidur, tentunya bicara soal kebutuhan paling penting bagi manusia. Dengan melakukan tidur atau istirahat dengan teratur maka sistem metabolisme tubuh serta peredaran darah akan lancar dan berpengaruh positif bagi kesehatan. Pola tidur, atau kebiasaan kita dalam hal tidur, sangat dipengaruhi jam biologis yang mengatur kita terjaga dan tidur selama 24 jam. Adanya perubahan pola tidur biasanya terjadi karena begadang atau terjaga lebih lama, atau justru sebaliknya. Tidur terlalu lama.

Perubahan pola tidur itu sendiri ternyata dapat berakibat buruk bagi metabolisme tubuh dan kemungkinan juga akan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius jika tidak segera ditangani. Oleh sebab itu, memperbaiki pola tidur secara benar adalah cara terbaik sebagai langkah menjaga kondisi tubuh yang sehat. Nah, dibawah ini ada beberapa tips untuk memperbaikinya nih. Apa aja sih? Cek yuk!

Read More

  1. Buat dan Tepati Jadwal Tidur

Membuat jadwal tidur dibutuhkan bagi kamu yang kurang disiplin menjalankan pola tidur. Yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan menjadwalkan jam tidur dan jam bangun, kemudian buat tekad untuk bangun begitu alarm berbunyi. Pola tidur yang dibutuhkan oleh setiap orang tidak sama satu dengan yang lain. Oleh karena itu, kamu harus mengenali kebutuhan istirahat kamu sendiri.

kamu mungkin kesulitan untuk mengatur siklus tidur saat malam hari dengan tertidur pada jam yang sama. Namun, kamu harus bisa berusaha menjaga siklus terjaga dengan bangun tidur pada jam yang sama di pagi hari. Usahakan untuk menepati jadwal yang sudah kamu buat!

 

  1. Hindari menunda Alarm

Ya, yang satu ini selalu jadi masalah paling sering ditemui. Menunda alarm terjadi karena kamu terlalu terbiasa menekan tombol snooze ketika alarm berbunyi. Coba deh beli jam alarm analog, dan usahakan untuk tidak menyetel alarm dengan hp. Dan yang menjadi poin penting adalah, sebelum tidur kumpulkan tekad untuk bangun tidur nantinya.

 

  1. Menjaga pola makan dan olahraga teratur

Mengatur pola makan sangat erat kaitannya dengan pola tidur. Pola makan yang tidak seimbang seperti mengonsumsi makanan berat diatas jam 7 malam bagi orang yang tengah diet mungkin bermasalah. Kalo kamu adalah orang yang menderita insomnia, ada baiknya mengonsumsi makan malam pada jam tersebut untuk menimbulkan rasa kenyang dan pulas saat tertidur di jam 9 malam.

Kurang olahraga juga mampu menjadi faktor dari pola tidur yang berantakan. Olahraga adalah salah satu cara paling baik untuk membuat tubuh bugar dan meningkatkan kualitas tidur. Untuk memperbaiki pola tidur, lakukan olahraga ringan minimal 10-15 menit perhari.

 

  1. Mengondisikan tempat tidur

ruang tidur yang nyaman dapat mendukung istirahat kamu supaya agar berkualitas.Kamar yang bersih dan wangi sangat berpengaruh dalam pola tidur kamu lho! Selain itu, kamu bisa menambahkan aroma terapi pada ruang tidur anda serta rajin membersihkannya dari debu.

Selain itu, pencahayaan dalam ruang kamar juga mempengaruhi pola tidur kamu lho. Usahakan lampu dalam keadaan gelap saat kamu hendak tidur. Selain membantu kamu yang insomnia agar lebih cepat tidur, tidur dalam kondisi gelap memang disarankan seara kesehatan lho, sobat Girl Is Me!

 

  1. Menjauhi Gadget sebelum tidur

Yang ini nih yang merupakan gangguan paling berbahaya. Gadget seringkali bikin kita lupa waktu, termasuk juga lupa waktu tidur udah lewat. Akibatnya, kita seringkali tidur terlalu larut. Satu-satunya cara yang paling efektif adalah membatasi penggunaannya.

Beri batasan waktu, hindari membeli quota midnight, dan jangan tidur dekat dengan gadget ya, sobat Girl Is Me!

Related posts