Pernikahanmu Masih Pake Janur? Lebih TOP Kalau Pake GPS! Lho Kok?!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM — Smartgirl kamu termasuk tipe orang yang berencana menikah degan menggunakan beberapa adat daerah? Kalau iya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terkaitan dengan pemasangan janur kuning atau umbul-umbul pernikahan. Apa saja yang perlu diperhatikan? Simak penjelasan dibawah ini ya!

1. Janur atau umbuk-umbul pernikahan dipakai sebagai tanda untuk memberitahu masyarakat bahwa sedang ada hajatan atau pernikahan di daerah itu..

Nah masyarakat jawa sudah tidak asing lagi dengan pemasangan janur, karena pemasangan janur di Jawa identik dengan acara pernikahan atau hajatan pernikahan. Sehingga membuat orang lebih mudah mencari tempat kegiatan, namun di zaman yang sudah maju seperti sekarang ini nggak perlu menggunakan janur lagi untuk memberi tahu lokasi kegiatan, cukup menggunakan GPS dari aplikasi smartphone. Tapi kalau Smartgirl masih mau menjaga adat istiadat dan kebudayaan setempat Smartgirl juga bisa memasang janur dan menggunakan GPS. Lebih mudah kan? tamu undangan nggak bakal nyasar dan Smartgirl masih bisa menjaga adat dan istiadat.

Read More

2. Kalau ingin memasang janur atau umbul-umbul harus menyediakan sesaji yang lengkap atau salah satu dari penyelenggara pernikahan akan celaka..

Aturan ini dimulai semenjak ada kisah pemasangan janur atau umbul-umbul yang tidak dibarengi dengan pemberian sesaji. Salah satu panitia penyelenggara acara bagian wajahnya tersilet oleh kater begitu saja, ini terdengar tidak masuk akal ya Smartgirl, tapi sebenarnya tidak memberi sesaji yang lengkap sudah menjadi kekhawatiran pihak penyelenggara namun karena tidak ada masalah akhirnya acara pernikahan tetap dilanjutkan sampai ada kejadian salah satu panitia wajahnya tersilet. Sebenarnya bisa saja kalau kejadian tersebut dikarenakan faktor ketidakhati-hatian dari si panitia ketika menggunakan kater.

3. Memasang janur atau umbul-umbul harus hati-hati agar tidak tertukar dengan hajatan yang lainnya..

Ini pernah terjadi ya Smartgirl, pasangan calon suami salah memasuki tempat acara karena janur yang dipasang tertukar dengan tempat hajatan yang lainnya. Nanti jangan-jangan malah sampek nggak jai nikah ya Smartgirl gara-gara salah masuk rumah calon mempelai. So, memang sebaiknya komunikasikan pemasangan janur atau umbul-umbul ke seluruh pihak yang terlibat dalam pernikahan.

Nah itu tadi penjelasan singkat soal pemasangan janur dalam pernikahan! Semoga Bermanfaaat ya ! 🙂

Related posts