Peri Gigi Benar Adanya kah? Katanya Ia Tersimpan di Atap Rumah…

  • Whatsapp

Smartgirl tau nggak sih? kalau ada cara unik untuk mentreatmen gigi tanggal di Indonesia adalah dengan melemparnya ke atap rumah. Hal ini bahkan tetap kita sugestikan ke dirisendiri dan adik-adik kita di masa sekarang, bahwa ketika giginya copot sendiri, langsung berlari ke luar rumah, dan di lempar ke atap. Tanpa disadari bahkan kita mlakukannya dengan spontan.

 1. Apa alasan harus melempar gigi ke genting?

Dipercayai bahwa salah satu cara agar si gigi yang tanggal cepat tumbuh kembali adalah dengan cara melemparnya ke atas genting. Katanya, dengan begini nantinya gigi akan tumbuh cepat dan rapih. Sebaliknya, jika anjuran ini tidak dilaksanakan, maka giginya akan ompong dan tumbuh lama sekali.

Read More

2. Apakah ritual unik gigi hanya ada di Indonesia saja?

Jawabannya adalah tidak. Banyak Negara lain yang etrnyata memiliki ritual yang sama uniknya dengan Indonesia. Misalnya saja kehadirah Tooth Fairy atau peri gigi, di kawasan Amerika sana. Yaitu tradisi menyimpan gigi yang tanggal di bawah bantal, dan nantinya akan digantikan dengan hadiah—yang biasanya dilakukan oleh orangtua si anak. Kemudian di kawasan Korea dan Vietnam, kebiasaan yang dilakukan adalah mengubur gigi yang tanggal tersebut, agar kemudian bisa tumbuh dengan baik. Sehingga memang tradisi mengenai gigi ini bukanlah pertama kali ada di Indonesia.

3. Jadi ada apa sebenarnya di balik melempar gigi ke atas genting?

Menurut orangtua kita, gigi adalah bagian dari tubuh ini. Sama halnya kuku, ataupun rambut yang rontok, harus diperlakukan dengan tidak sembarangan. Hal ini juga berlaku dalam hal gigi. Tradisi sebelumnya membuktikan bahwa ketika gigi tanggal dan diletakkan secara sembarang, maka kemudian hari malah menjadi copot, goyang dan tidak kuat. Kepercayaan ini juga menyimpan makna filosofis untuk menghargai diri sendiri, yaitu dengan memperlakukan dengan baik benda-benda-benda pribadi, walaupun sudah tidak melekat lagi pada tubuh. Barulah kemudian hal tersebut dilambangkan melalui pelemparan ke atas genting rumah, yang posisinya berada di atas, agar gigi dapat tumbuh kuat, dan cepat.

Nah setelah baca artikel ini? smartgirl berubah pikiran nggak? Masih mau lempar gigi keatas genting?

Editor : Syifa Rosyiana Dewi

Related posts