Penikmat Kopi Harus Tau 5 Rahasia Ini

  • Whatsapp

Beberapa tahun belakangan ini, kopi sedang naik daun di berbagai kalangan. Terlebih, kini berbagai jenis kedai kopi semakin menjamur di kota-kota besar Indonesia, membuat kopi semakin populer dan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern.

Bahkan tak sedikit orang yang rela mengeluarkan uangnya hanya untuk sekedar nonkrong dan menikmati hujan bersama secangkir kopi di kedai-kedai yang lagi nge hits. Nah sebenarnya ada ngga sih khasiat di dalam kopi itu sendiri bagi kesehatan kita? Penasaran? Simak baik-baik yaa kalau kamu pecinta kopi!

Read More

1. Jangan remehkan kopi, Salah satu minuman yang menjauhkan kita dari Depresi dan Stress

Kaum wanita adalah orang orang yang gampang di datangi oleh sifat khawatir. Jika rasa khawatir yang berlebihan itu menumpuk, pastilah wanita tersebut akan menjadi tertekan dan merasakan stress.

Penelitian menunjukan bahwa adanya keterkaitan antara kopi dengan turunnya resiko depresi pada seseorang. Kandungan di dalam kopi mampu berfungsi untuk melawan depresi.

Penelitian lainnya juga menunjukan bahwa perempuan yang mengonsumsi kopi dua sampai tiga cangkir kopi dalam sehari, mengalami resiko lebih rendah sebesar 15 persen terkena depresi. Hal ini berdasarkan laporan di jurnal “Archives of Internal Medicine” pada tahun 2011.

Hal yang unik, walaupun soda memiliki zat kafein di dalamnya, namum penelitian para ahli tidak menemukan adanya manfaat minuman bersoda untuk meminimalisir masalah depresi.

Hal itu karena minuman bersoda yang tinggi akan kandungan gula. Oleh karena itu, agar Anda bisa memperoleh manfaat kopi secara maksimal, hendaknya tidak minum kopi dengan kandungan gula yang tinggi. Kopi mampu mengobati depresi serta menjadikan orang yang mengonsumsinya lebih ceria.

2. Tak perlu takut Sakit, segudang aktivitas pun akan kuat dilakukan jika disertai minum Kopi

Jadwal kegiatan yang full, atau begadang karena mengerjakan tugas kuliah yang ngga kelar-kelar pastinya akan membuat badan kita lemas dan ngga fit. Sudah makan yang tak teratur begitupun dengan jadwal tidur yang acak-acakan. Nah semuanya dapat diatasi dengan minum kopi.

Beberapa studi telah menemukan bahwa manfaat kopi mampu memperkuat daya tahan tubuh dalam menghadapi aktivitas sehari-hari.Kalau kamu mau membuat tubuh kuat dan mampu bekerja secara maksimal maka konsumsi kafein. Hal ini berguna, terutama buat kamu yang punya kesibukkan yang membutuhkan fisik dan peforma prima.

Dalam dunia kedokteran, zat kafein umumnya dipakai untuk memberikan rangsangan pada organ jantung dan merangsang produksi urin agar meningkat. Penggunaan zat kafein dalam dosis rendah mampu memberikan efek peningkatan stamina dan membantu menurunkan rasa sakit.

3. Kopi, minuman Pahit pencegah Timbulnya Resiko Penyakit Kanker.

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Bahkan saat ini kanker sebagai salah satu alasan banyak kematian di dunia.

Kandungan kopi sudah dihubung-hubungkan dengan menurunnya risiko kanker, yaitu berupa penurunan risiko kanker hati, kanker endometrium, kanker payudara dan kanker prostat.

Pada sebuah studi tahun 2008 di Swedia, hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan minum dua-tiga cangkir kopi dalam sehari mampu menurunkan risiko kanker payudara.

4. Tak perlu pakai Behel, Kopi Menjaga Gigi Agar Tidak Berlubang.

Gigi merupakan alat vital banget deh buat manusia. Apalagi disaat kamu lagi ngobrol otomatis kamu akan menunjukkan seberapa rapi sih gigi mu? Tak jarang orang rela merogoh kocek yang banyak untuk merawat gigi. Beberapa tahun terakhir kawat gigi atau behel emang lagi nge hitz banget sebagai perawatan gigi termanjur agar gigi terlihat rapi, tidak berlubang dan sehat.

Nah karena harganya yang tidak murah, beberapa orang pun akhirnya memilih tips lain agar gigi mereka tidak berlubang dan tetap enak dilihat. Dan jawabannya adalah dengan meminum kopi. Minum kopi hitam bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang. Dimana para peneliti di Brazil menemukan bahwa kandungan di dalam kopi hitam mampu membunuh bakteri pada gigi.

5. Meningkatkan Memori Otak, kopi minuman yang cocok jadi temanmu saat Belajar.

Sering bosan saat belajar? Atau stuck dan jadi malas saat belajar? Mungkin sebagian orang banyak menjadikan musik sebagai “teman” yang cocok saat belajar. Tapi apa ngga bosen sama yang itu-itu aja?

Kopi salah satu minuman yang cocok buat kamu bawa di ruang belajarmu, selain lebih membawa kamu untuk lebih fokus dalam belajar, ternyata dibalik itu kopi bisa meningkatkan memori otak. Pas banget kan?

Dari laman resmi RSNA.org. Ada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005, dipublikasian di Radiological Society of North America. Penelitian yang dilakukan tersebut menunjukan bahwa minum kopi memiliki keterkaitan dengan peningkatan memori otak.

Dimana peneliti menemukan bahwa mereka yang minum dua cangkir kopi berkafein dalam sehari mengalami peningkatan memori jangka pendek.

Wah ternyata dibalik rasa pahit yang terkandung di kopi, banyak manfaat juga ya untuk kesehatan tubuh kita. Tapi guys tetap saja ya jangan mengkonsumsi kopi setiap hari. Karena kembali lagi, yang berlebihan itu sudah pasti tidak baik.

Related posts