Penggemar Makanan Melayu? Makanan Khas Tanjung Balai Karimun Ini Wajib Banget Kamu Cicipi

  • Whatsapp
copyright by www.huangkitchen.com

Kota Tanjung Balai Karimun adalah salah satu kota kecil di Provinsi Kepri alias Kepulauan Riau. Kota ini juga memiliki julukan sebagai kota Bumi Berazam. Sebagian orang mungkin belum familiar dengan kota kecil yang sedang berkembang ini. Bahkan, saat saya menyebut Kepri pada orang yang menanyakan domisili saya sekarang, banyak yang tidak tahu. Padahal, Kepri masuk di daftar 34 Provinsi di Indonesia.

Letak kota ini dekat dengan Kota Batam, Malaysia, dan Singapura. Bahkan, bila kamu berdiri di ketinggian dan menghadap ke arah laut saat malam hari, kamu juga bisa melihat kelip lampu gedung di negara Singapura dari Kota Karimun.

Read More

Nah, berkunjung ke kota ini belum sah jika tidak mencicipi makanan khasnya. Terutama buat kamu yang menggemari makanan melayu. Apa saja sih makanan khasnya? Yuk, kita simak beberapa makananan khas yang dijamin recomended ini:

  1. Nasi Lemak

copyright by ww.asianfood.com

Secara tradisional, nasi lemak merupakan nasi yang dimasak dengan santan ataupun minyak. Mirip seperti nasi uduk, sih. Bedanya, nasi lemak ini biasanya dibungkus dengan daun pisang lengkap dengan lauknya seperti ikan teri, kacang goreng, timun, dan telur rebus. Nah, makanan ini gampang sekali ditemui di pasar-pasar dan warung yang menyediakan sarapan. Saking mudahnya ditemui, makanan ini menjadi makanan khas yang disukai banyak orang. Terlebih lagi, nasi lemak paling laris bila dijadikan sebagai pengganjal perut di pagi hari. Harganya juga relatif murah. Pokoknya, dijamin recomended.

  1. Nasi Goreng Kampung

copyright by www.huangkitchen.com

Berbeda dengan nasi goreng biasa yang ditambahkan kecap sebagai pelengkap dan mempercantik tampilan nasi goreng. Nasi goreng kampung tidak perlu ditambahkan kecap, namun diganti dengan teri, irisan cabe merah, cabe rawit, serta bumbu pelengkap seperti duo bawang. Sederhana, namun ternyata rasanya jauh lebih nikmat dan wangi dari nasi goreng biasa. Resepnya juga simpel. Kamu juga bisa lho membuatnya sendiri di rumah.

  1. Otak-Otak

copyright by www.cookpad.com

Sebenarnya, otak-otak adalah makanan khas dari Tanjung Pinang. Namun, makanan yang lebih terlihat seperti camilan ini sering ditemui juga di seluruh wilayah Kepri. Termasuk di Tanjung Balai Karimun. Rasanya yang khas menambah daya tariknya sendiri. Biasanya, otak-otak terbuat dari ikan tenggiri yang diambil dagingnya, kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bumbu yang pedas. Lalu dipanggang dengan balutan daun kelapa. Pokoknya, jika berkunjung ke kota Karimun, jangan lupa mencicipi makanan ini. Sahabat saya saja yang dari Kuningan, Jabar, saat bertandang ke Karimun, selalu mengoceh ingin dikirimkan otak-otak asli Kepri. Namun sayangnya, panganan ini tak tahan lama bila harus dipaketkan ke Jawa.

  1. Epok-Epok

copyright by http://infobudayaindonesia.com

Camilan satu ini sering disebut pastel. Namun, di Karimun menyebutnya epok-epok. Menurut saya, rasanya berbeda dengan kebanyakan pastel. Mungkin dari rasanya yang khas. Biasanya, epok-epok berisi keledek atau ubi jalar yang dihaluskan dan dicampur dengan sambal kental. Pokoknya, dijamin enak dan ketagihan. Saat saya tengah merantau pun, camilan ini yang paling saya rindukan. Pokoknya, kamu wajib coba camilan yang satu ini. Beda banget dari pastel yang biasa kamu makan.

  1. Ikan Asam Pedas

copyright by www.royco.id

Nah, makanan ini juga nggak kalah enaknya. Biasanya, ikan yang digunakan adalah ikan pari, patin, atau kakap. Kalau saya, biasanya menggunakan ikan patin yang dicampur dengan nanas agar kuahnya makin segar. Dagingnya juga lembut saat disantap. Seperti gambar masakan saya di atas. Hehe. Kunci dari makanan ini sih, intinya harus menggunakan ikan segar. Dijamin deh, kamu bakalan ketagihan makan makanan ini. Apalagi kuah pedasnya. Seger dan TOP banget. Jadi, jangan lupa mencicipi makanan ini ya..

  1. Lakse

copyright by www.wisatago.com

Ada lakse kuah dan ada lakse goreng. Kamu bisa memilih sesuai selera. Lakse mirip seperti mie. Namun teksturnya agak tebal yang terbuat dari sagu. Biasanya dilengkapi juga dengan sambel belacan alias terasi. Rasanya juga nggak kalah mantap deh dari makanan khas lainnya.

  1. Roti Kirai dan Prata

copyright by www.rotinrice.com

dua makanan ini melayu banget nih, guys. Roti kirai/jala ini biasanya makanan pelengkap dari kari ayam atau kambing. Mirip seperti dadar sih hanya saja bentuknya seperti sarang. Bahan utamanya tepung, air, dan telur yang dicetak menggunakan cetakan khusus berbentuk corong. Rasanya jangan ditanya. Mantap. Sama dengan prata. Banyak rasa dan makannya pun lengkap dengan kari.

 

written by Rizki Amalia O

Edited by Nadhifah Azhar

Related posts