Penggemar Durian? Udah Nyobain 5 Macam Durian Khas Indonesia Ini Belum?

  • Whatsapp

GIRLISME.COM- Smartgirl seorang penggemar durian? Pastinya banyak dong disini yang suka akan buah yang satu ini. Selain mengandung banyak manfaat bagi tubuh, ternyata durian juga memiliki ciri khas masing-masing di setiap daerah asal pohonnya.

Nah Smartgirl sendiri sudah tahu belum macam-macam durian yang ada di Indonesia? Durian di Indonesia bahkan sudah terkenal loh di berbagai macam negara, sampai-sampai durian dari Indonesia bisa kita temukan di Negara-negara Asia lainnya. Mau tahu apa aja macamnya durian di Indonesia? Yuk kita ulas satu-satu ya!

Read More

1.Durian Si Mimang, Durian khas Banjarnegara yang rasanya nendang!

copyright by http://www.bibitdurian.biz

Durian mimang pernah menyabet juara 2 dikontes durian se-Asia Tenggara. Durian Si Mimang mulai dikenal tahun 2003, setelah menjadi salah satu juara dalam Festival Buah Unggul Nasional. Durian si mimang atau mimang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Ciri khas dan keunggulan durian mimang antara lain ; daging buah tebal dengan warna keemasan sedangkan bijinya kebanyakan kempes / pipih. Ukuran buah durian mimang tidak terlalu besar, diameternya sekitar 15 cm, dengan bentuk lonjong.

Daging buahnya manis dan legit serta sedikit rasa alkohol, pulen, kadar air sedikit, tekstur daging buah agak berserat. Durian ini dapat diperoleh di Desa Ndirun yang akan dibuat sebagai Desa Wisata Agro Ndirun, Banjarnegara, Jawa Tengah. Yuk mau coba durian Mimang bareng-bareng?

2.Durian Monthong, Ini salah satu durian yang paling terkenal di Indonesia. Kamu sudah Nyoba?

copyright by http://www.agrowindo.com

Keunggulan durian montong antara lain ; genjah / cepat berbuah (4-5 tahun sejak ditanam), memiliki adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan, dan buahnya lebat. Ciri khas durian monthong adalah ukuran buahnya yang besar, bahkan beratnya dapat mencapai 13 kg. Bentuk buahnya sedikit lonjong tidak beraturan, daging buahnya manis dan beraroma harum. Durian monthong dikenal luas berasal dari Thailand dan dianggap sebagai buah khas Thailand.

Namun sebenarnya bibit asli durian monthong berasal dari Indonesia yang dikembangkan di Thailand. Durian monthong sangat terkenal di Indonesia dan dihargai mahal. Bahkan harga 1 buah durian monthong bisa mencapai satu juta rupiah. Nah ngga usah jauh-jauh nih Smartgirl mencari durian monthong ke Thailand, cari deh di pasar-pasar pasti ada durian ini.

3.Durian asal Jepara, Durian Petruk yang rasanya nagih!!! Kalau kamu makan ini, masih rela bagi-bagi?

copyright by http://masirul.com

Durian dengan nama latin Durio Zybethinus Kultivar ini merupakan buah asli Jepara, Jawa Tengah. Durian Petruk memiliki rasa yang khas dan unik, yaitu setengah manis dan setengah pahit, jadi seperti terdapat rasa pahit yang tersembunyi dalam rasa manisnya. Aromanya cukup tajam namun tidak setajam Durian Monthong.

Ciri-ciri dari durian ini antara lain bentuk yang lonjong berwarna hijau kekuningan, duri kulitnya berbentuk kerucut kecil dan rapat, daging buah agak tebal, berwarna kuning, bertekstur agak lembek, berserat halus dan bijinya kecil.

4.Durian Bawor, Durian khas Indonesia yang Indonesia Banget!

copyright by https://purwokertokita.com

Durian bawor dikenal sebagai durian “monthong”nya Banyumas. Sejarah penemuan Durian Bawor, tak lepas dari nama Sarno Ahmad Darsono. Sarno adalah seorang guru sekolah dasar di Alas Malang, Kemranjen, Banyumas. Sejak lahir Sarno sudah dianugerahi kemampuan naluriah menilai durian. Kemudian beliau terobsesi untuk menciptakan durian yang memiliki berbagai keunggulan dibandingkan jenis lainnya, karena obsesinya maka lahirlah varietas durian unggul yang diberi nama Bawor.

Varietas durian Bawor adalah gabungan dari banyak varietas durian unggul yang dipadukan dengan okulasi. Keunggulan durian bawor adalah daging buahnya berwarna oranye, kulit tipis, daging buah tebal, rasanya manis agak sedikit pahit, bijinya kecil, rasa lebih puket dan beralkohol. Berat buah matang rata-rata 6 – 9 kg dan maksimal dapat mencapai berat 15 kg. Kelebihan utama durian bawor adalah mampu berbuah sepanjang tahun dan dapat dipanen 3 kali setahun.

5.Durian Matahari, Selain unik namanya Ternyata rasanya juga ga kalah Enak sama durian yang lain!

copyright by http://urbanina.com

Durian matahari merupakan satu diantara deretan durian unggul nasional dengan rasa manis, legit, pulen, daging buah tebal berwarna kuning seperti pancaran sinar matahari oleh karena itu disebut durian matahari . Kelebihan durian matahari adalah tanpa biji dengan daging buah tebal, rasanya manis, dan beraroma. Varietas durian matahari berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Bentuk buahnya bulat panjang, kulit buah tipis berwarna hijau kecoklatan dengan tebal kulit sekitar 0,5 – 1 cm. Daging buahnya tebal, tidak berair, bertekstur halus, berlemak dan memiliki aroma yang cukup tajam.

Nah Smartgirl udah tahu kan macam-mavam durian di Indonesia? Smartgirl udah nyobain yang mana aja nih? Yuk kalau belum pernah kita wisata durian bareng-bareng!

Related posts