Connect with us

Smartnews

Pemerintah Himbau Para Donatur Untuk Berikan Kebutuhan Ini Pada Masyarakat Palu dan Donggala

Okti Sulisnia

Published

on

https://www.bonepos.com

GIRLISME.COM – Keadaan darurat pasca gemap bumi dan tsunami yang menggucang wilayah Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, membuat pemerintah memutuskan untuk menerima tawaran bantuan internasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto. Wiranto juga mengatakan bahwa pemerintah akan selektif dan mengkoordinasikan bantuan itu agar tetap berguna.

“Saat ini yang kami butuhkan, yakni untuk tanggap darurat, kebutuhan yang langsung untuk masyarakat,” ujar Wiranto di Jakarta, Senin (1/10/2018).

https://nasional.kompas.com

Berdasarkan hasil survey langsung di wilayah yang terkena dampak gempa dan tsunami, pemerintahan kemudian membuat daftar bantuan apa saja yang dibutuhkan dalam masa tanggap darurat pasca bencana alam yang terjadi di Palu dan Donggala. Berikut daftar kebutuhan tanggap darurat.

1. Alat angkut udara

Sejauh ini, beberapa akses jalan darat masih terputus. Sehingga pemberian bantuan yang paling cepat dan efektif untuk saat ini disalurkan melalui jalur udara. Namun, tidak banyak pesawat yang bisa mendarat di bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu. Sebab dari panjang 2.500 meter landasan pacu, hanya 2.000 meter saja yang bisa didarati.

“Dan di sana yang bisa mendarat adalah jenis pesawat angkut besar C130 hercules. Oleh karena itu kami harapkan alat angkut udara C130 hercules,” kata Wiranto.

2. Tenda pengungsian

Pasca gemoa dan tsunami, banyak rumah warga yang rusak bahkan tidak dapat ditempati lagi. Oleh karena itu, banyak warga memilih untuk mengungsi karena rumahnya rusak parah. Tercatat ada 109 lokasi tempat pengungsian. Kebutuhan tenda menjadi salah atau yang dibutuhkan.

3. Water treatment

Kebutuhan akan air bersih menjadi salah satu kebutuh darurat masyarakat korban bencana. Pasca bencana, masyarakat kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Selain itu, beberapa sumber air bersih seperti sumur pompa juga tidak dapat berfungsi karena pasokan listrik masih rendah.

4. Genset

Selain air bersih, listrik menjadi salah satu kebutuhan daruat masyarakat di wilayah Donggala dan Palu. Pasca gempa, pasokan listrik menjadi sangat minim. Sehingga akses untuk berkomunikasi menjadi sangat terganggu. Oleh karena itu, pemerintah masih membutuhkan tambahan genset agar kebutuhan listrik bisa terpenuhi dalam masa tanggap darurat.

5. Rumah sakit lapangan

Banyaknya korban luka membuat pemerintah memutuskan untuk membuat rumah sakit lapangan. Selain itu tenaga medis dan obat-obatan juga sangat dibutuhkan. Pemerintah berharap bantuan internasional mencakup kebutuhan ini.

7. Fogging

Pemerintahan mengatakan, fogging menjadi salah satu hal yang dibutuhkan dalam masa tanggap darurat bencana. Fogging dibutuhkan untuk menetralisir kemungkinan jenazah-jenazah yang terlambat dikubur yang bisa menimbulkan penyakit.

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending