Connect with us

Smartnews

Pemerintah Ciptakan Venue Asian Games 2018 yang Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

Okti Sulisnia

Published

on

https://asiangames.tempo.co

GIRLISME.COM – Menjelang perhelatan akbar, Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, pemerintah telah melakukan perbaikan di sejumlah venue nantinya akan menjadi lokasi pertandingan berbagai macam cabang olahraga.

Salah satu bentuk perbaikan yang dilakukan adalah membuat venue-venue tersebut menjadi ramah untuk para penyandang disabilitas yang ingin menonton pertandingan secara langsung.

https://www.cendananews.com

Hal tersebut berkat usaha dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah berhasil menyelesaikan perbaikan dan pembangunan fasilitas sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR No. 14 tahun 2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan.

Beberapa fasilitas yang telah disediakan bagi penyandang disabilitas di kompleks GBK, antara lain:

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Di stadion utana GBK terdapat akses berupa ramp yang bisa dilalui kursi roda dengan lebar dan tingkat kemiringan sudah sesuai pedoman teknis. Terdapat 264 kursi di tribun penonton bagi penyandang disabilitas dan pendamping. Fasilitas lainnya adalah 6 toilet khusus disabilitas dilengkapi tanda dan penunjuk arah.

2. Training Facility

Para penyandang disabilitas juga disediakan tempat parkir baik untuk pengunjung maupun atlet, terdapat juga lokasi drop-off yang terkoneksi dengan ramp, toilet, lift dan tempat penonton. Selain itu dibangun jalur pemandu (guiding block) pada trotoar di depan bangunan.

3. Stadion Renang (Aquatic)

Di Stadion Renang (Aquatic) telah disediakan 2 pintu akses bagi penyandang disabilitas yang berada disisi Timur dan Barat dan jalur ramp mulai dari loket tiket hingga tribun. Kursi penonton penyandang disabilitas sebanyak 100 buah.

4. Lapangan Hoki, Lapangan Panahan, dan Sepakbola ABC

Tersedia ramp sebagai akses masuk hingga ke tribun serta adanya toilet disabilitas.

5. Istana Olahraga (Istora)

Tersedia fasilitas akses ramp di sisi utara dan selatan stadion, ramp pada setiap ruangan yang berbeda elevasi, toilet disabilitas di lantai 1 dan lantai 2. Sedangkan untuk atlet penyandang disabilitas, juga tersedia fasilitas yang sama, lengkap dengan ruang ganti atlet dengan lebar pintu dan toilet khusus yang di desain sesuai kebutuhan para atlet.

6. Stadion Tenis Indoor dan Outdoor

Untuk Satdion Tenis Indoor, telah disediakan akses masuk melalui jalur pintu barat, dimana sudah ada penambahan ramp kecil yang menghubungan toilet disabilitas dan area bagi penonton penyandang disabilitas yang terletak di lantai dasar. Kapasitas untuk kursi roda sebanyak 25 kursi di sisi barat stadion.

Kemudian untuk Satdion Tennis Outdoor, telah disediakan kursi penonton disabilitas di lantai dasar berkapasitas 36 kursi roda, di lantai atas terdapat tribun VIP berkapasitas 5 kursi roda dan akses VIP ke lantai atas menggunakan Lift di sisi utara.

https://infonawacita.com

Selain enam lokasi diatas, beberapa lokasi lainnya seperti gedung basket, Stadion Madya, lapangan Softball dan Baseball, lapangan Squash, dan penataan kawasan GBK juga telah di desain sedemikian rupa agar dapat memudahkan akses bagi para penyandang disabilitas. Pembaharuan di berbagai venue tersebut tidak lain dilakukan agar segala lapisan masyarakat dapat ikut serta memeriahkan Asian Games 2018.

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations
  • Kabar Baik kini datang dari tim delegasi Indonesia berhasil menjadi
    1 month ago by girlismecom Kabar Baik kini datang dari tim delegasi Indonesia berhasil menjadi juara dua dalam ajang ASEAN Skills Competition (ASC) 2018 di Bangkok, Thailand. Dalam kompetisi tersebut, delegasi Indonesia berhasil meraih 13 emas, 6 perak, 8 perunggu dan 7 diploma. Kompetisi ASC adalah kompetisi 26 keahlian dari 6 kategori yang dilombakan dengan 300 kompetitor dan lebih dari 1000 delegasi dari 10 negara di ASEAN. Perolehan medali emas untuk Indonesia diraih pada ajang Hair Dressing, Industri Automation, Electronic, Fashion Technology, dua Web Design dan Development, IT Network System Administration, dua IT Software Solution For Business, 2 Automobile Technology, Joinery, dan Cabinet Making. Kemudian
  • Menyantap makanan unik emang lagi booming akhirahir ini beberapa youtuber
    1 month ago by girlismecom Menyantap makanan unik emang lagi booming akhir-ahir ini, beberapa youtuber pun bahkan sampai buat review tentang beberapa restoran. Penasaran makanan gastronomi molekuler itu apaan? Yuk simak ya! Yuk baca selengkapnya di www.girlisme.com ! Written by  @nadhifahazhaar . . .  #kuliner   #smartgirl   #girlisme 
  • Terkadang seseorang suka kaget ketika orang yang dikenalinya tibatiba berubah
    1 month ago by girlismecom Terkadang seseorang suka kaget ketika orang yang dikenalinya tiba-tiba berubah drastis. Smartgirl jangan bilang kamu sudah mengenal seseorang jika kamu belum melakukan empat hal ini bersamanya. Simak ya! Yuk baca selengkapnya di www.girlisme.com ! Written by  @rosyianasyifaa  . .  #lifestyle   #smartgirl   #girlisme 
  • Bali pulau di Indonesia yang memberikan pesona tersendiri Keindahan panorama
    1 month ago by girlismecom Bali, pulau di Indonesia yang memberikan pesona tersendiri. Keindahan panorama alam, budaya dan adat istiadat yang luar biasa serta keramahan penduduknya menjadi daya tarik tersendiri bagi semua orang. Nah kali ini GirlIsMe bakal ngasih tahu tempat-tempat yang murah meriah dan ngga kalah bagusnya deh! Yuk baca selengkapnya di www.girlisme.com ! Written by  @nadhifahazhaar . .  #traveling   #smartgirl   #girlisme 
  • Lumrahnya kamu bakalan mikir kalau sebuah hubungan akan kuat cuma
    1 month ago by girlismecom Lumrahnya kamu bakalan mikir kalau sebuah hubungan akan kuat cuma dengan cinta. Singkatnya, kalau sudah cinta, tai kucingpun rasanya mirip kaya permen cokelat. Tapi tahu kah kamu kalau ternyata cinta aja nggak cukup?? . "Hubunganmu Nggak Bakalan Langgeng Kalau Cuma Punya Cinta! Kenapa?? Ini Dia 4 Alasannya!" Written by  @irmaelmira . . Yuk baca selengkapnya di www.girlisme.com ! .  #relationship   #smartgirl   #girlisme 

Beri Komentar

Trending