Connect with us

Katamama

Oh! Ternyata Gempa Di Nias Terjadi Karena Mereka Melanggar Aturan Fondrako! Bener Nggak Sih?

Syifa R Dewi

Published

on

ilustrated by Amalia Tri Hapsari

GIRLISME.COM — Smartgirl ternyata setiap tempat memiliki mitos yang berbeda-beda perihal suatu bencana. Ada yang percaya bahwa itu hukuman karena melanggar suatu adat atau karena hal yang lainnya. Seperti di Pulau Nias, masyarakat menganggap terjadinya bencana alam seperti gempa adalah karena hal ini. Simak penjelasan berikut ini…

1. Masyarakat Nias percaya bahwa terjadi bencana gempa adalah ulah dewa-dewa bawah tanah yang sedang marah…

Bila terjadi sebuah bencana, masyarakat Nias yang percaya dengan keberadaan dewa-dewa tanah akan menganggap gempa terjadi karena mereka yang sedang marah.  Biasanya Dewa-dewa itu  marah karena penduduk setempat melanggar aturan yang sering disebut Fondrako atau Famato Harimao. Bila gempa terjadi mereka biasanya akan berteriak “Biha tua! Biha tua! Biha tua!” yang artinya “Sudah kek! Sudah kek! Sudah kek!” agar Dewa tak lagi marah. Kemudian mereka akan menggelar ritual yang bertujuan agar kejadian gempa tak terulang lagi.

2. Dewa Bauwadanohia adalah dewa yang katanya tinggal dibawah tanah Nias…

Dewa ini katanya menopang tanah Nias. Kalau namanya sedikit asing, Dewa Bauwadanohia juga sering dikenal dengan Simayamayarao atau Lature Dano.

3. Selain Dewa diatas, ada beberapa Dewa yang menopang Pulau Nias lho!

Selain Dewa Bauwadanohia ada juga dewa lain yang menopang Pulau Nias diantaranya Dewa Lasarogae Sitolu Daha atau Lasorogae Sidua Demo. Jadi nggak cuma satu Dewa aja nih Smartgirl yang menopang Pulau Nias.

itu dia Smartgirl informasi seputar kepercayaan masyarakat Nias, apabila terjadi bencana alam seperti gempa. Semoga bermanfaat 🙂

Syifa R Dewi
Yogyakarta; [email protected]; Repoter; Content Writer; Announcer
Syifa R Dewi on Instagram
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending