Connect with us

Idea

Nggak Semua Cowok Takut sama Cewek Berpendidikan Baik Tuh…! Malahan Mau Banget~

Irma El-Mira

Published

on

Illustrated by Amalia Tri Hapsari

GIRLISME.COM – Beberapa hari yang lalu aku ngobrol sama beberapa orang cowok  dengan bahasan tentang cewek dan cowok dalam masalah pendidikan. Yang menarik justru perbedaan sudut pandang yang aku temuin.

Selama ini kalau ngobrol masalah gender dan pendidikan, sudut pandang yang aku temukan akan berkutat di masalah keenggakwajaran cewek buat belajar dan sekolah setara sama laki-laki. Atau kalau nggak yaa palingan masalah cowok yang insecure karena ceweknya bisa jadi akan ngebantah dan jago ngalahin dia di dalam hubungan.

Tapi di perbincangan kemarin ini, aku dapatin kenyataan kalau ternyata nggak semua cowok lho ngerasa khawatir sama cewek yang punya pendidikan yang baik. Dan sejujurnya sudut pandang ini bikin lega banget, ternyata masih banyak cowok bersudut pandang luas di luar sana, yang nggak serta-merta memvonis pendidikan perempuan sebagai label negatif.

Pada dasarnya baik itu laki-laki ataupun perempuan pastinya sama-sama pingin punya pasangan yang bisa diandalkan. Pinginnya punya partner yang bisa diandalkan dalam menghadapi dunia yang keras ini. LOL.

Setidaknya ketika diri ini mentok dan nggak bisa nemuin jalan keluar, kita punya seseorang yang bisa kita jadikan sandaran. Yang kita tahu akan kuat menopang kita di saat-saat buruk. Hal ini mustahil banget akan didapatkan oleh cowok kalau ceweknya nggak tumbuh dalam pola pikir yang baik. Dan pola pikir yang baik ini datang dari aktivitas belajar yang panjang.

Sebenarnya ketakutan akan cewek yang berpendidikan itu juga nggak makes sense sih. Selama ini kan takutnya kalau ceweknya bakalan jadi lebih unggul, dan bikin seorang cowok jadi kehilangan wibawanya. Nah, ini yang sebenarnya harus dipikirkan ulang. Ketika cowok mau terlihat wibawa di depan pasangannya, sebenarnya caranya bukanlah dengan ngelarang ceweknya untuk jadi baik, karena itu keliru. Kalau memang cowok mau dihargai dan dihormati oleh pasangannya, cara terbaik adalah cowok tersebut juga harus usaha untuk jadi makin baik tiap harinya.

Justru pikiran yang selama ini “takut sama cewek berpendidikan” bisa dibilang datang dari cowok “malas”. Malas usaha, malas belajar, malas jadi lebih baik. Makanya dia akan takut ketika ketemu sama sosok cewek yang akan memaksa dia untuk pindah dari zona nyamannya dia, untuk ke zona yang lebih baik.

Makanya kalau memang cowoknya juga mau belajar dan usaha jadi lebih baik, harusnya nggak takut dan anti sama cewek yang berpendidikan baik.

Dari obrolan kemarin juga aku jadi paham bahwa cowok membutuhkan sosok pasangan hidup yang dia bisa percayai buat ngebantu mengurus anak-anaknya. Nggak tahu deh gimana jadinya kalau sampai cewek yang dia pilih pada akhirnya nggak punya pikiran yang cukup baik buat mengurus keluarga, pastinya bakalan jadi chaos. Anak-anaknya bakalan jadi nggak karuan, dan pastinya dia sebagai bapak juga akan sangat kewalahan kalau nggak punya rekan yang bisa ngebantu mikirin harus diapakan bocah-nocah tanpa dosa ini.

Karenanya justru cowok harusnya memang cari cewek yang berpendidikan baik, supaya pendidikan anak-anaknya kelak bisa terjamin. Setidaknya dari usia dini si bocah-bocah kecil ini berada di lingkungan orang-orang yang bisa ngasiin insight positif.

Dalam hubungan yang positif, keduabelah pihak harus bisa berkembang jadi lebih baik. Dan syarat wajib untuk itu adalah sama-sama mau belajar. Jadinya sebenarnya cowok memang harus cari cewek yang suka belajar dan mau belajar. Justru yang serem itu kalau nemu cewek malas yang bahkan berat banget buat nambah pengetahuannya. Hubungan bakalan membosankan dan bakalan stuck di situ-situ aja. Nggak enak diajak tukar pikiran, diajak sharing bakalan susah, diminta pendapat bakalan mandek, dan dibawa ke bahasan yang rumit eh…bakalan ngambek karena nggak paham.

Intinya nggak semua cowok kok takut sama cewek yang punya pendidikan baik. Justru cewek kaya gitu memang yang dicari, karena dunia ini akan jadi terlalu menakutkan kalau dilewatkan bersama orang malas. Butuh cewek yang punya pola pikir baik untuk sebuah hubungan yang baik, berkualitas, dan bisa ke jenjang yang tentu lebih serius.

Sama halnya kaya cewek yang pingin punya pasangan yang bisa dibanggakan dan dijadikan tempat pulang, cowokpun pingin partner yang bisa dipercayai buat diajak jalan jauh, nggak takut menghadapi batu-batu kerikil di masa depan, dan nggak gampang turun mentalnya kalau nanti di tengah jalan ketemu kenyataan yang nggak sesuai harapan.

 

Ya nggak??

Ya dong~~~

Irma El-Mira
Irma El-Mira Husbuyanti ; Yogyakarta ; [email protected] ; Penulis Buku : The Secret Way of Choosing, Jatuh Bangun Mark Zuckerberg, Jatuh Bangun Jack Ma, Jatuh Bangun Jeff Bezos.
Irma El-Mira on InstagramIrma El-Mira on Twitter

Beri Komentar

Trending