Nenek Marah Aku Potong Kuku Malam Hari 

  • Whatsapp

“Mati konyol karena salah persepsi potong kuku di malam hari”

Kuku adalah bagian dari tangan yang sering diperhatikan oleh perempuan. Banyak orang yang mempercantik kukunya dengan memotong kuku, mencat kuku, dan banyak hal lainnya. Kegiatan ini bisa dilakukan seminggu sekali bahkan lebih dari itu.

Read More

Ada sebuah legenda tersendiri tentang pemotongan kuku. Kata orang jaman dulu, kalau memotong kuku di malam hari itu akan menyebabkan orang meninggal. Inilah kenapa banyak anak muda jaman sekarang yang ketakukan memotong kuku saat malam hari.

Pada kenyataannya ada beberapa alasan kenapa memotong kuku di malam hari dapat menyebabkan kematian, alasan-alasan ini bisa dijelaskan dengan seksama. Mengapa sering sekali nenek atau orang tua melarang kita memotong kuku malam hari.

1. Memotong kuku di malam hari mendatangkan kematian 

Pada jaman dulu belum ada listrik dan penerangan yang stagnan, penerangan jaman dulu masih menggunakan api sebagai penerangan utama. Untuk menyalakan api, membutuhkan banyak kayu sehingga orang-orang tidak menyalakan api secara terus menerus.

Karena kondisi yang gelap, maka orang jaman dahulu tidak pernah melakukan kegiatan yang membutuhkan pengamatan tinggi pada malam hari sehingga kegiatan memotong kuku juga haram  dilakukan karena membutuhkan pengelihatan yang tajam.

Kalau tidak, mereka dipastikan akan mati. Tentu saja mereka mati karena kehabisan darah. Zaman dulu memotong kuku tidak menggunakan alat seperti jaman sekarang namun menggunakan pisau makanya kenapa orang bisa mati konyol karena memotong kuku.

2. Memotong kuku di malam hari dapat melepaskan roh-roh mu 

Kuku memang salah satu bagian dalam tubuh kita. Kalau dipikir-pikir lagi kuku tidak memiliki hubungan dengan roh atau arwah kita. Kalau itu ada hubungannya berarti setiap jengkal bagian tubuh yang melekat dari kita lepas maka sama saja kita melepaskan sedikit demi sedikit roh yang ada dalam tubuh kita.

Bayangkan berapa roh dalam tubuh kita yang kita lepas dalam sehari. Saat kita menyisir rambut dan rambutnya rontoh, saat kita menggaruk dan ada kulit yang telepas, saat kita mandi dan daki-daki yang keluar dari tubuh kita, saat kita buang air dan lainnya.

Maka, tidak masuk akal jika kita mati karena melepas roh-roh ini. Lalu ada berapa banyak roh dalam tubuh kita dan sampai sekarang pun kita masih hidup dan bernafas.

3. Memotong kuku dengan alat tertentu

Konon katanya memotong kuku dengan alat tertentu akan mengundang hal gaib dalam tubuh kita loh. Pemikiran ini masih 50:50 sih karena bagaimana pun juga hal-hal metafisika seperti itu memang ada disekitar kita.

Kalau merurut saya sih, jika kita tidak memiliki niat memotong kuku selain untuk membersihkan diri atau membuatnya rapi ya sah-sah saja. Kecuali kita memang memiliki niat untuk melakukan ritual-ritual tertentu memotong kuku dengan alat tertentu juga itu bisa mengundang hal gaib yang kita niatkan.

Hal gaib tersebut secara tidak langsung dapat mempengaruhi diri kita dan percaya nggak percaya itu dapat menyebabkan gangguan psikologis dalam diri kita bahkan parahnya bisa menyebabkan kematian.

So, itu tadi penjelasan tentang legenda memotong kuku di malam hari yang masih banyak orang pertanyakan nih. Gimana masih pada takut motong kuku malam hari ?

Related posts