Metro TV Beri Klarifikasi Karena Tampilkan Angka Quick Count yang Berbeda, Netizen: TV Curang!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Salah satu stasiun televisi swasata di Indoensia disebut sebagai TV curang karena menampilkan angka Quick Count yang berbeda. Angka yang ditampilkan dalam penayangan hasil hitung cepat pemilihan presiden tersebut terjadi pada Rabu (17/4).

Dalam acara tersebut, Metro TV menampilkan hasil hitung cepat dari enam lembaga survei yaitu Indo Barometer, Charta Politika, Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), LSI Denny JA, PolTracking, dan VoxPol.

Read More

Saat itu, TV yang berangkutan yakni Metro TV menayangkan hasil tersebut yang dipadukan dengan acara talk show membahas hasil hitung cepat, sempat muncul grafis dengan angka yang berbeda dari tampilan di bagian bawah layar televisi atau ticker, yakni memenangkan paslon Parbowo-Sandi pada data garfis sedangkan untuk data di bagian bawah layar TV yang dimenangkan adalah paslon Jokowi-Amin.

Video tayangan tersebut kemudian beredar dan menjadi viral di media sosial, sebagain besar menggunakan video tersebut sebagai senjata untuk mengatakan bahwa hasil hitung cepat telah dimanipulasi dan Metro TV dianggap curang serta tidak berimbang karena memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, karena angka yang muncul sesaat memperlihatkan keunggulan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kehebohan tersebut membuat pihak Metro TV akhirnya memberikan klarifikasi. Pihak Metro TV mengatakan bahwa kejadian tersebut adalah kesalahan teknis semata.

“Kami klarifikasi sekitar pukul 15.12 WIB terjadi technical error atau kesalahan teknis pada penayangan hasil sementara hitung cepat sehingga ada perbedaan data grafis dengan election ticker yang muncul di layar,” kata presenter Kevin Egan.

Related posts