Connect with us

Katamama

Mengharukan! Ternyata Ini Lho Asal Usul Adanya Aksara Jawa!

Syifa R Dewi

Published

on

ilustrated by Amalia Tri Hapsari

GIRLISME.COM — Selama ini kita mempelajari aksara jawa tanpa tahu siapa sebenarnya yang mencetuskan adanya aksara jawa ini. Nah Smartgirl, katamama kali ini bakalan bahas tentang sejarah dan legenda aksara jawa nih. Buat kalian yang penasaran, simak ya!

1. Kisahnya berawal dari raja yang bengis bernama Prabu Dewata Cengkar yang suka memakan manusia…

Smartgirl Prabu Dewata Ini digambarkan sebagai sosok prabu yang bengis dan suka sekali makan manusia. Hingga Ia sering berkeliaran keluar kerajaan untuk menyantap para rakyatnya. Kemudian para rakyat harus menyuplai manusia untuk menjadi santapan sang Raja bengis itu.

2. Tibalah seorang bernama Aji Saka yang mengunjungi tanah kerajaan Prabu Dewata Cengakar…

Dikisahkan bahwa Aji Saka memiliki pusaka yang dititipkannya kepada Sembada (Murid Setia) dan berpesan agar jangan memberikan pusaka itu kepada selain dia. Lalu Aji Saka melanjutkan perjalanan dan sampailah di tanah Raja Prabu Dewata Cengkar, namun ia merasa aneh karena daerah itu terasa sepi. Rakyat banyak yang tidak mau keluar karena takut menjadi santapan sang Raja. Sehingga Aji Saka memberanikan diri mengunjungi Raja untuk menjadi santapannya. Saat bertemu sang Raja Aji Saka rela dimakan asalkan Raja membuka Syurbannya. Raja pun tertawa dan mengiyakannya. Saat dibuka ternyata syurbannya sangat panjang hingga Prabu Dewata Cengkar sampai ke tepi pantai selatan, saat itulah Aji Saka mengibaskan syurbannya dan membelit Raja. Saat itu pula Raja berubah menjadi buaya putih.

3. Murid yang saling setia akhirnya mati karena kesalahpahaman, inilah awal mula aksara jawa…

Kemudian, Aji Saka menggantikan Prabu Dewata Cengkar menjadi raja yang arif dan bijaksana. Aji Saka teringat dengan pusaka yang dititipkannya pada Sembada, kemudian meminta Dora untuk mengambilnya. Namun karena Ia lupa bahwa mengamanahkan pusaka itu hanya boleh diambilnya, akhirnya Sembada dan Dora sama-sama berperang. Karena kekuatan mereka sama, akhirnya keduanya pun meninggal dan Aji Saka terlambat untuk menghentikan kedua murid setianya itu. Untuk mengenang keduanya maka dibuatlah aksara jawa.

Ha Na Ca Ra Ka (ono utusan = ada utusan)
Da Ta Sa Wa La (padha kekerengan = saling berkelahi)
Pa Da Ja Ya Nya (padha digdayane = sama-sama saktinya)
Ma Ga Ba Tha Nga (padha nyunggi bathange = saling berpangku saat meninggal)
Nah itu Smartgirl asal usul munculnya aksara Jawa. Semoga bermanfaat 🙂

Syifa R Dewi
Yogyakarta; [email protected]; Repoter; Content Writer; Announcer
Syifa R Dewi on Instagram
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending