Mbak Kunti Nempelin Aku Sampe Kamar karena Nggak Cuci Kaki Sebelum Masuk Rumah

  • Whatsapp

“Jangan biarkan mereka menempel padamu kapanpun dan dimanapun”

Hal-hal yang berbau mistis memang tidak dipungkiri dapat hadir dalam kehidupan kita. Bagi golongan yang tidak percaya dengan hal-hal metafisika tentu akan berbeda ceritanya. Mereka akan berupaya menjelaskan itu sesuai dengan keilmuan yang ada.

Read More

Di jawa sendiri banyak budaya dan ritual-ritual yang dilakukan berdasarkan legenda-legenda dan budaya yang dilestarikan sejak zaman nenek moyang. Hal ini turut menjadi andil besar bagi keturunan mereka untuk melanjutkan budaya tersebut.

Yang paling simple dan sering terjadi adalah orang tua zaman dulu selalu menekankan jika masuk rumah setelah berpergian maka harus cuci kaki terlebih dahulu. Berikut penejelasannya

1. Jika masuk rumah tak cuci kaki aku mungkin “Ditempeli”

Dahulu banyak rumah-rumah di jawa yang selalu menyediakan air dalam gentong didepan rumahnya, hal ini dilakukan dengan tujuan agar sebelum masuk rumah mereka dapat cuci kaki terlebih dahulu.

Menurut legenda, bila masuk rumah namun tidak cuci kaki dulu maka kemungkinan besarnya ia akan ditempeli oleh makhluk halus.

2. Apa hubungannya masuk rumah dengan mahluk halus

Percaya atau tidak hal itu dapat dijelaskan dengan teori metafisika (Bagi yang percaya) bahwa memang ada mahluk yang berdampingan dengan kita didunia ini. Mereka sama-sama tinggal di bumi seperti kita, namun mereka memiliki dunia sendiri.

Sehingga, orang dulu percaya bahwa jika kita keluar rumah ada kemungkinan kita banyak bertemu dengan kalangan mereka, di jalan, di toko, di sekolah dan lain-lain. Mereka percaya bahwa kemungkinan mahluk –mahluk itu dapat mengikuti kita hingga kerumah.

Saya pikir bagi orang-orang yang percaya adanya bangsa jin dan setan, akan mengiyakan hal ini. Karena memang ada beberapa kejadian di dunia ini yang tidak bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan.

Seseorang yang belum pernah mengalami kejadian mistis pun tidak akan percaya jika tidak ada data yang menjelaskan. Jika memang penasaran, kalian bisa mencoba mengeceknya sendiri karena sejatinya mereka sangat dekat dengan kita.

3. Ada yang masuk akal tentang masuk rumah harus cuci kaki

Selain dua alasan diatas, sebenarnya kita bisa menyimpulkan alasan kuat kenapa sampai sekarang legenda ini masih dilakukan banyak orang dari berbagai kalangan.

Cuci kaki sebelum masuk rumah adalah hal yang tidak asing lagi, selain karena faktor legenda, ini juga untuk kebersihan diri kita sendiri dan rumah yang akan kita masuki. Asumsinya saat kita keluar rumah, akan banyak debu atau kotoran yang menempel pada kita.

Terlebih bila kita naik motor, saat diperjalan, di kantor, disekolah, di mall dan tempat umum lainnya pasti tidak selalu bersih. Sehingga untuk menjaga kebersihan rumah karena semua hal itu, kita harus mencuci kaki, atau lebih baik langsung bersih-bersih diri sebelum kita melakukan banyak kegiatan lain dirumah.

Diluar legenda, kebiasaan mencuci kaki setelah berpergian ternyata sudah biasa dilakukan di lingkungan kita sekarang ini. Kalau menurut kamu gimana baiknya nih, perlu nggak sih masuk rumah cuci kaki dulu?

Related posts