Connect with us

Girls and Food

Mau Tahu Trik Memasak Jengkol Agar Empuk dan Ngga Bau? Baca Deh 4 Trik Ini!

nawa

Published

on

GIRLISME.COM- Meskipun memiliki rasa yang lezat dan begizi, sebagian orang justru menjauhi makanan yang satu ini. Karena jengkol memiliki bau yang sangat pekat dan cukup mengganggu. Nah dengan tips dibawah ini, SasaCooks tidak perlu khawatir lagi dengan bau tajam dari jengkol. Yuk simak ulasannya!

1.Pemilihan jengkol yang tepat

Untuk menghasilkan olahan jengkol yang sempurna, pilihlah jengkol yang sudah tua. Namun harus diperhatikan juga sisi-sisi jengkolnya, sudah berlubang atau belum? Terkadang jengkol yang sudah tua ini sudah membusuk. Jadi, pilihlah yang sudah tua dan benar-benar bagus teksturnya.

2. Merendam jengkol sebelum diolah

Setelah membeli jengkol, jangan langsung diolah! Rendam dengan air terlebih dahulu selama 6 – 12 jam. Hal ini akan membantu mengurangi bau tidak sedap pada jengkol. Saat proses perendaman, gunakanlah air es atau air kapur sirih. Tenang saja, cara ini tidak akan mengurangi kenikmatan jengkol kok.

3. Merebus jengkol

Apabila setelah direndam jengkol masih mengeluarkan bau tidak sedap, SasaCooks bisa melanjutkan proses penghilangan bau dengan cara merebus jengkol. Rebuslah jengkol bersama dengan daun jeruk purut atau daun jambu biji hingga empuk. Cara ini dijamin dapat menghilangkan bau jengkol yang sangat pekat, juga mengurangi kandungan racun dalam jengkol. Ingat, tidak perlu lama-lama dalam merebusnya, cukup sebentar saja, karena jika terlalu lama dapat menyebabkan jengkol jadi mudah hancur.

4. Proses memasak yang tepat

Saat mengolah jengkol, usahakan agar tidak terlalu matang, karena dapat membuat jengkol mudah hancur ketika dipipihkan. Proses pemipihan jengkol bertujuan agar bumbu lebih meresap sempurna ke dalam jengkol.

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading
Advertisement

Girls and Food

Bikin Nugget di Rumah Yuk, Gampang, Murah Meriah dan Dijamin Ngga Pake Pengawet!

nawa

Published

on

By

GIRLISME.COM- Siapa sih yang tidak suka dengan kenikmatan nugget yang hmm, lezat. Nugget, seperti yang kita ketahui merupakan produk olahan daging yang terbuat dari daging giling, dicetak dalam bentuk yang beragam, serta dilapisi dengan tepung berbumbu dan juga tepung roti yang bikin makin krezz banget. Anda pasti sering menjumpai ketika berbelanja di supermarket, ada bagian khusus yang menjual frozen food. Nah, biasanya di tempat inilah kita menjumpai nugget yang sudah dikemas dengan berbagai rasa, bentuk, dan olahan.

1. Nugget Ayam

Bahan:

Daging ayam (fillet paha) 300 g, giling halus Telur ayam 3 butir Tepung roti 100g Tepung terigu 100g Bawang putih 2 siung, haluskan Kaldu bubuk 1 sdt Garam 1 sdt Gula 1 sdt Merica 1 sdt
Cara membuat:

Kocok 2 butir telur, lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Kocok hingga merata. Tuang tepung terigu pada wadah (mangkuk), lalu campur dengan kocokan telur pertama. Masukkan daging ayam yang sudah digiling halus. Aduk rata. Bentuk adonan sesuai yang Anda inginkan. Bisa memanjang atau bulat. Tidak usah mencetak adonan terlalu besar agar nanti ketika digoreng dapat matang dengan sempurna. Kukus selama 15 menit. Sambil menunggu nugget dikukus, tuang tepung roti dalam wadah, dan siapkan nampan kosong. Siapkan satu butir telur yang kemudian dikocok. Nugget yang telah dikukus diamkan dengan suhu ruangan selama 10 menit. Masukkan nugget ke dalam kocokan telur lalu masukkan dalam tepung roti hingga terbalut sempurna dengan tepung roti, kemudian taruh di nampan yang telah disediakan. Masukkan satu per satu nugget dalam telur lalu tepung roti. Masukkan nugget yang telah dibalur dengan tepung roti dalam kulkas selama 20 menit, agar tepung roti menempel sempurna. Setelah usai, panaskan minyak goreng. Goreng nugget hingga berwarna kuning keemasan.

2. nugget ayam sayur (nugget sayur)

Bahan:

Daging ayam (fillet paha) 300 g, giling halus Telur ayam 3 butir Wortel 1 buah, parut kasar Daun bawang 2 batang, iris halus Tepung roti 100g Tepung terigu 100g Bawang putih 2 siung, haluskan Kaldu bubuk 1 sdt Garam 1 sdt Gula 1 sdt Merica 1 sdt
Cara membuat:

Kocok 2 butir telur, lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Kocok hingga merata. Tuang tepung terigu pada wadah (mangkuk), lalu campur dengan kocokan telur pertama. Masukkan daging ayam yang sudah digiling halus, wortel yang telah diparut kasar, dan daun bawang yang sudah diiris halus. Aduk rata. Bentuk adonan sesuai yang Anda inginkan. Bisa memanjang atau bulat. Tidak usah mencetak adonan terlalu besar agar nanti ketika digoreng dapat matang dengan sempurna. Kukus selama 15 menit. Sambil menunggu nugget dikukus, tuang tepung roti dalam wadah, dan siapkan nampan kosong. Siapkan satu butir telur yang kemudian dikocok. Nugget yang telah dikukus diamkan dengan suhu ruangan selama 10 menit. Masukkan nugget ke dalam kocokan telur lalu masukkan dalam tepung roti hingga terbalut sempurna dengan tepung roti, kemudian taruh di nampan yang telah disediakan. Masukkan satu per satu nugget dalam telur lalu tepung roti. Masukkan nugget yang telah dibalur dengan tepung roti dalam kulkas selama 20 menit, agar tepung roti menempel sempurna. Setelah usai, panaskan minyak goreng. Goreng nugget hingga berwarna kuning keemasan.

3. nugget ikan tenggiri

Bahan:

Daging ikan tenggiri (tanpa duri) 200 g, giling halus Telur ayam 2 butir Tepung roti 100g Tepung terigu 50g Bawang putih 2 siung, haluskan Kaldu bubuk 1 sdt Garam 1 sdt Gula 1 sdt Merica 1 sdt
Cara membuat:

Kocok 1 butir telur, lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Kocok hingga merata. Tuang tepung terigu pada wadah (mangkuk), lalu campur dengan kocokan telur pertama. Masukkan daging ikan tenggiri yang sudah digiling halus. Aduk rata. Masukkan adonan dalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak. Kukus selama 15 menit. Sambil menunggu nugget dikukus, tuang tepung roti dalam wadah, dan siapkan nampan kosong. Siapkan satu butir telur yang kemudian dikocok. Nugget yang telah dikukus diamkan dengan suhu ruangan selama 10 menit. Kemudian potong nugget ikan tenggiri sesuai yang diinginkan. Masukkan nugget ke dalam kocokan telur lalu masukkan dalam tepung roti hingga terbalut sempurna dengan tepung roti kemudian taruh di nampan yang telah disediakan. Masukkan satu per satu nugget dalam telur lalu tepung roti. Masukkan nugget yang telah dibalur dengan tepung roti dalam kulkas selama 20 menit, agar tepung roti menempel sempurna. Setelah usai, panaskan minyak goreng. Goreng nugget hingga berwarna kuning keemasan.

4. nugget ikan patin

Bahan:

Daging ikan patin (tanpa duri) 500 g, giling halus Telur ayam 2 butir Tepung roti 100g Tepung terigu 50g Bawang putih 2 siung, haluskan Bawang goreng 3 sdm Kaldu bubuk 1 sdt Garam 1 sdt Gula 1 sdt Merica 1 sdt
Cara membuat:

Kocok 1 butir telur, lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, bawang goreng, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Kocok hingga merata. Tuang tepung terigu pada wadah (mangkuk), lalu campur dengan kocokan telur pertama. Masukkan daging ikan patin yang sudah digiling halus. Aduk rata. Masukkan adonan dalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak. Kukus selama 15 menit

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Girls and Food

Ga Sampai 10 Menit, Ini 4 Minuman Segar dan Simple yang Bisa Kamu Buat di Rumah!

nawa

Published

on

By

GIRLISME.COM- Minuman berbuka puasa yang segar ternyata bukanlah hal yang sulit untuk dibuat sendiri di rumah, lho. Asal kamu memiliki bahan-bahan dan segala peralatan yang dibutuhkan. Namun, sebagian besar minuman berkua sangat sederhana untuk dibuat kok.

Inilah pilihan resep minuman buka puasa menyegarkan yang mudah, praktis dan wajib buat kamu coba di rumah!

1. Es timun jeruk nipis

Siapa sangka, timun yang umumnya menjadi sayur untuk lauk pauk bisa diolah menjadi minuman buka puasa lezat. Es timun ini sendiri merupakan minuman buka puasa khas Aceh yang sudah cukup populer.

2. Es yakult Melon

Variasi minuman olahan yakult juga kini tengah digandrungi. Nggak ada salahnya berkreasi dengan minuman buka puasa menggunakan bahan satu ini.

3. Es lidah buaya

Lidah buaya adalah makanan berserat yang tentu sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Lidah buaya juga bisa dikreasikan menjadi minuman berbuka puasa yang segar dan sehat.

4. Es doger

Menjelang waktu berbuka, melihat gerobak es doger pasti membuatmu menelan ludah. Yuk, sesekali buat sendiri es doger di rumahmu untuk jadi minuman buka puasa bersama keluarga.

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Trending