Connect with us

Girls and Food

Mau Nyetok Buah yang Banyak Tapi Takut Busuk? Ini Loh 4 Trik Menyimpannya Smartgirl!

nawa

Published

on

GIRLISME.COM- Jika menyimpan buah dengan cara yang tidak benar, bisa-bisa malah akan tidak segar, cepat membusuk dan merusak cita rasa.

Agar buah yang kalian simpan tidak cepat busukk, coba praktekkan 10 tips ini. Simak ulasannya berikut ini, ya.

1. Pisahkan Buah yang Busuk dengan yang Lain Terlebih

Saat membeli buah dalam jumlah banyak, biasanya seseorang akan mencampur buah yang matang dengan setengah matang atau bahkan belum matang. Nah, untuk menyimpan buah yang berbeda tingkap kematangannya harus dipisahkan. Usahakan untuk mengonsumsi buah yang sudah matang sesegera mungkin agar tidak membusuk.

2. Simpan Buah di Tempat Kering

Tips selanjutnya adalah menyimpan buah di tempat yang kering. Kelembapan buah harus tetap dijaga lantaran kandungan air membuatnya tetap segar. Jika kekurangan air, maka buah akan layu dan kisut akibat penguapan.

3. Cara Menyimpan Alpukat Agar Tidak Cepat Matang dan Busuk

Alpukat merupakan salah satu buah yang cepat matang. Buah alpukat dapat hanya dengan disimpan di dalam beras atau wadah yang tertutup. Maka terkadang sebagian orang membeli alpukat yang belum matang untuk dapat dinikmati dalam janga waktu lama.

4. Simpan Apel dengan Cara Dibungkus Kertas

Apel merupakan buah yang memproduksi gas etilen yang dapat mempercepat proses pembusukan. Penyimpanan buah ini tidak boleh disamakan dengan yang lain. Pasalnya, buah lainnya akan menyerap gas etilen tersebut dan membusuk.

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading
Advertisement

Girls and Food

Ternyata Gampang Banget Kalau Udah Tahu Trik Rahasianya, Ini Dia 4 Cara Membuat Kremesan Ayam Goreng!

nawa

Published

on

By

GIRLISME.COM- kremesan emang makin membuat makanan tuh makin yahud. Nah banyak yang ngga tahu nih kalau cara buat kremesan tuh gampang banget, yuk coba yuk!

1. Gunakan minyak panas dalam jumlah banyak

Bila digoreng dalam minyak yang kurang panas, kremes akan menyerap terlalu banyak minyak. Kremes yang terasa berminyak tentu kurang sedap. Karena itu, pastikan minyak telah benar-benar panas sebelum adonan kremes dimasukkan ke dalam minyak. Kremes juga harus digoreng dalam minyak yang banyak agar matangnya merata.

2. Bumbui kremes

Kremes tentunya tak cuma harus renyah, tapi juga lezat. Agar kremes tidak terasa hambar, bumbui adonan dengan baik. Idealnya, bumbu yang digunakan untuk kremes sama dengan yang digunakan dalam sajian utamanya. Kalau menggunakan kremes untuk pendamping ayam goreng, bumbui dengan bumbu sama dengan bumbu ayam goreng.

3. Hindari menggunakan telur dalam adonan kremes

Beberapa resep kremes memang menggunakan telur sebagai salah satu bahannya. Namun, kalau kremes yang renyah lebih lama, kamu tak perlu menggunakan telur. Selain itu, kremes yang dibuat menggunakan telur biasanya akan jadi menggumpal dan liat.

4. Buat adonan kremes yang tidak terlalu kental

Untuk mendapatkan kremes dengan tekstur yang renyah, sebaiknya adonan kremes agak cair.

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Girls and Food

Bisa Buat Ta’jil Berbuka Puasa, Ini Loh 4 Tips Membuat Bubur Kacang Hijau Empuk dan Tidak Pecah!

nawa

Published

on

By

GIRLISME.COM- Bubur kacang hijau termasuk hidangan yang mudah dibuat. Bubur ini sukses dimasak jika teksturnya agak kental, terasa empuk, dan creamy. Dulu pertama kali bikin, rasanya lama sekali menunggu si bubur ini matang dengan tekstur sempurna. Ternyata, ada beberapa trik yang saya lewatkan, nih. Yuk cek di bawah ini, siapa tahu anda juga melewatkannya, kan?

1. Rendam kacang hijau semalaman

Tekstur kacang hijau yang mentah tentunya masih keras, ya. Untuk melunakkannya, rendam kacang hijau dalam air biasa selama minimal 3 jam hingga semalaman. Semakin lama direndam (semalaman), tekstur kacang hijau akan semakin lunak sehingga waktu masaknya tak perlu lama-lama.

2.Larutkan gula merah/aren agar mudah tercampur

Campurkan gula pasir dengan gula merah/aren supaya bubur kacang hijau lebih harum, gurih, dan pas manisnya. Supaya lebih mudah tercampur dengan bubur, larutkan gula pasir dan gula merah/aren dengan air terlebih dahulu. Caranya, sisir gula merah atau aren sesuai resep. Masukkan semua bahan gula dalam panci berisi air secukupnya, lalu rebuslah hingga larut. Oh ya, air untuk melarutkan gula tidak sama dengan yang dipakai untuk merebus kacang hijau, ya.

3. Perhatikan takaran air saat merebus kacang hijau

Memasak bubur kacang hijau sangatlah mengandalkan air. Biji kacang hijau perlu serapan air yang cukup banyak agar bisa mekar dan empuk. Jadi kalau air mulai surut saat merebus kacang hijau, tapi si kacang belum mekar juga, maka tambahkan air secukupnya. Rebus hingga kacang hijau mekar dan terasa empuk. Kalau terlalu lama dibiarkan kering tanpa tambahan air, tekstur kacang hijau pasti akan gosong dan bau sangit.

4.Masukkan gula pasir dan santan setelah kacangnya mekar

Sebelum kacang hijau mekar dan empuk, jangan masukkan larutan gula, garam, dan santan dulu ya. Kalau buru-buru memasukkan semua bahan tersebut, kacang hijau akan semakin lama mekarnya. Nah kalau terlalu lama masaknya, bulir kacang hijau bisa pecah, nih. Rasa bubur kacang hijau pun akan kurang lezat dan manis.

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Trending