Connect with us

Relationship

Masih Zaman Curhat di Diary? Ternyata 5 Manfaat Ini Justru Bisa Kamu Dapetin dari Nulis Diary Rutin Lho!

Irma El-Mira

Published

on

http://www.hpl.ca

GIRLISME.COM – Siapa yang pernah punya diary, yang pakai gembok kecil, dan kuncinya disembunyiin di tempat khusus tiap habis nulis??

Atau punya buku catatan kecil yang selalu dibawa kemana-mana tapi orang lain nggak boleh baca??

Oh, atau ada yang punya diary, kemudian diisi pakai biodata teman-teman sekelas, dan nanti ditukar satu sama lain??

Nulis diary ini bisa dikatakan kegiatan yang sudah melegenda, yang ngelakuinnya sudah ada sejak zaman dulu sekali. Isi diary juga sangat beragam, tergantung kemauan yang punya. Bisa agenda kegiatan, agenda perasaan, dan rencana-rencana yang absurd di masa depan. Namun seiring perubahan zaman dan kemajuan teknologi kebiasaan menulis diari ini berpindah jadi menulis status di media sosial. Sehingga sekarang malah kegiatan ini mulai ditinggalkan dan dianggap nggak zaman. Padahal, ada banyak manfaatnya lho dari rutin menulis diary ini. Apa sajakah itu?

1. Kenang-kenangan hidup. Kalau dibaca lagi perasaannya campur aduk, “ya ampun, aku pernah nulis ini?”

https://www.nytimes.com

Fungsi utama diary adalah sebagai penyimpan memori. Gudangnya segala keluh kesah dan masalah yang kamu alami. Karena itu diari ini tiap kali dibaca, berfungsi sebagai pengingat kamu akan perjalanan hidup yang pernah kamu lalui. Kenyataan bahwa diary lebih bersifat privasi dan nggak dibaca publik akan bikin kamu merasa lebih leluasa dan terbuka untuk menulis di dalamnya, daripada harus menulis di media sosial. Dengan menulis di diary, perasaanmu di tiap momen juga ikut tertangkap di sana, sehingga kapanpun kamu baca, pasti akan suskes buat kamu jalan-jalan lagi ke masa lalu dan flashback instan.

 

2. Sebagai teman curhat dan pendengar yang baik, diary bisa bikin stresmu berkurang….

Nggak semua orang bisa mengungkapkan apa yang dirasakan secara frontal dan lepas ke orang lain, walaupun itu dengan mereka yang sudah dekat dan akrab dengannya. Namun menahan apa yang dipikirkan dan dirasakannya sendiri juga bukan hal yang baik, karena justru beresiko meningkatkan stres. Jika kamu adalah salah satunya, maka menulis diary bisa banget kamu jadikan media pelepasan emosi dan pikiranmu. Kamu bisa menulis apapun di sana, karena diary pasti bakal tetap mendengarkan. Melepaskan apa yang kamu pikirkan dan rasakan terbukti bisa bikin hatimu terasa lebih ringan. Dan kamu nggak perlu malu ataupun  minder, karena memang dalam menulis diary kamu nggak harus terbebani dengan ekpektasi dan interogasi dari orang lain, layaknya menulis status di media sosial.

 

3. Moodbooster. Baca pengalaman sendiri bawaannya happy.

https://www.jxt.com.au

Baca pengalaman hidup yang pernah kamu lewati secara nggak langsung bisa membuat kamu merasa lebih berarti saat ini. Ketika kamu sadar kalau kamu sudah pernah melalui banyak hal buruk, sakit hati, dan pengelaman yang nggak menyenangkan, ternyata kamu masih ada di sini dan bertahan. Membuat kamu paham bahwa kamu sudah jadi sosok yang berbeda.

Apa yang kamu tuliskan di diary bisa menjadi rangsangan rasa apresiasi dirimu untuk muncul. Dan hal ini merupakan sesuatu yang bisa membawamu ke dalam keadaan hati dan pikiran yang positif.

 

4. Future reminder. Pengingat cita-cita yang kadang nggak sengaja terlupa.

Dengan mencatat apa yang kamu inginkan di diary, akan membuat kamu ingat lagi dan lagi tiap kali kamu membuka atau sekedar menulis lagi. Karena itulah diari juga penting dalam berperan sebagai reminder atau pengingat. Layaknya alarm, diari bisa membantu kamu untuk tetap fokus pada apa yang kamu inginkan, sesuai dengan rencana yang telah kamu tulis.

 

5. Bank referensi. Akan sangat membantu ketika kamu harus mengambil keputusan.

Dengan menuliskan hak-hal yang pernah kamu alami, berarti juga menjelaskan di dalamnya situasi dan masalah yang telah kamu hadapi. Hal ini akan sangat berguna bagi kamu untuk sarana introspeksi diri ataupun referensi ke depannya ketika kamu diharuskan menghadapi permasalahan yang sama. Dengan catatan kegiatan yang telah kamu lakukan pada masa sebelumnya, menghindarkan kamu dari kemungkinan melakukan kesalahan yang sama untuk kali selanjutnya.

Irma El-Mira
Irma El-Mira Husbuyanti ; Yogyakarta ; [email protected] ; Penulis Buku : The Secret Way of Choosing, Jatuh Bangun Mark Zuckerberg, Jatuh Bangun Jack Ma, Jatuh Bangun Jeff Bezos.
Irma El-Mira on InstagramIrma El-Mira on Twitter

Beri Komentar

Relationship

4 Tanda Cowokmu Ngelakuin Kekerasan dalam Pacaran! Cinta dengan Kekerasan itu Hanyalah Semu,Girls. Jangan Tertipu!

Irma El-Mira

Published

on

Entity Mag

GIRLISME.COM – Magdalene merilis tanda-tanda pasanganmu melakukan kekerasan dalam hubungan. Inget ya Girls, laki-laki dengan kekerasan bukanlah yang pantas untuk dijadikan masa depan. Perhatiin tanda-tanda berikut ini apakah ada pada pasanganmu atau nggak…

1. Melibatkan kekerasan fisik…

Pernah nggak cowokmu marah dan main tangan ke kamu? Atau dia ngelakuin hal-hal yang memaksa, dan kamu menjadi nggak nyaman, takut dan seperti ditekan??

Kalau pasanganmu udah ngelakuin ini, artinya kamu sudah ada dalam kekerasan dalam pacaran. Pasanganmu nggak seharusnya melakukan hal-hal yang membuatmu nggak nyaman dan melukai kamu.

2. Cemburu berlebihan, sampai mengisolasi kamu dari sekelilingmu…

Urban Health Magazine

Hal lain yang harus kamu perhatikan dari seorang cowok adalah bagaimana ia saat cemburu. Ketika pasanganmu cemburu berlebihan, nggak bisa diajak diskusi, dan cenderung mau memiliki kamu seorang diri, maka kamu harus mulai waspada dan curiga ya Girls. Rasa saling memiliki atas satu sama lain itu memang baik dan harus ada dalam sebuah hubungan asmara, tapi kalau pasanganmu sampai nggak mengizinkan kamu buat ketemu teman dan sahabatmu, bahkan sampai nggak suka kalau kamu meluangkan waktu lebih banyak untuk keluarga, daripada dengan dia…wah…kamu harus mikir lagi deh buat melanjutkan hubungan kalian.

Itu bukan perhatian, itu kurungan!

3. Memaksa kamu melakukan kontak fisik…

citinewsroom.com

Pacar kamu maksa kamu ngelakuin ciuman?

Maksa buat meluk?

Bahkan maksa buat berhubungan seks??

No way, Girls. Nggak ada paksaan apapun dalam kontak fisik, jika dia memang sayang kamu. Nggak seharusnya dia menjadikan kamu pelampiasan atas birahinya. Itu bukan sayang. Jangan pernah melakukan hal-hal tadi, mengiyakan paksaan dia, karena akan membuat dia semakin merasa berkuasa dan boleh ngelakuin apapun ke kamu….karena kamu sayang sama dia. Nggak. Hal yang begini jangan diteruskan.

4. Punya emosi yang meledak-ledak, dan kerap merendahkan kamu…

Medium.com

Dia sering banget berada dalam kondisi emosi yang turun naik. Gampang banget meledak dan selalu susah buat mengendalikan emosinya sendiri. Pas emosinya sedang naik ini, dia cenderung nggak bisa nahan mulutnya buat berkata kasar ke kamu, merendahkan kamu…seakan-akan sudah lupa diri dan jadi orang asing.

Kalau pasanganmu kerap begini, kamu harus mulai menata lagi hubunganmu dan dia, apakah dia mau berubah dan bekerjasama buat jadi lebih baik atau nggak.

Nah itu dia Girls, 4 tanda pasangan yang ngelakuin kekerasan dalam pacaran. Intinya, kekerasan itu bukan rasa sayang!

Irma El-Mira
Irma El-Mira Husbuyanti ; Yogyakarta ; [email protected] ; Penulis Buku : The Secret Way of Choosing, Jatuh Bangun Mark Zuckerberg, Jatuh Bangun Jack Ma, Jatuh Bangun Jeff Bezos.
Irma El-Mira on InstagramIrma El-Mira on Twitter

Beri Komentar

Continue Reading

Relationship

Sssst…! Chelsea Olivia dan Glenn Alenskie Ngebocorin Rahasia Hubungan Mereka Nih! Pantesan Aja Sampai Sekarang Masih Mesra!

Irma El-Mira

Published

on

kapanlagi.com

GIRLISME.COM – Chelsea Olivia dan Glenn Alenskie adalah salah satu pasangan yang kerap jadi panutan anak muda sekarang. Apalagi kalau sudah tahu perjalanan cinta mereka yang begitu lama, dan kahirnya bersatu di pelaminan, rasanya pingin juga ya!

Nah, apa sih rahasia hubungan langgeng mereka??

 

1. Komunikasi yang baik adalah kunci segalanya!

Liputan6.com

Gimana sih maksudnya komunikasi yang baik itu?

Ternyata maksudnya adalah yang terbuka dan dua arah. Mau saling jujur antara satu sama lain, terbuka dan mau berbagi tentang apa yang dirasain, dengan begini kedepannya bisa lebih saling mengenal dan nggak ada masalah berkepanjangan. Dua arah juga tujuannya agar keduabelah pihak saling mendengarkan dan memerhatikan satu sama lain. Bukan maunya ngomong sendiri dan pasangannya nggak didengerin.

 

2. Don’t expect anything…alias ikhlas…

Liputan6.com

Seringnya yang bikin kita kecewa adalah ekspektasi kita sendiri. Berharap A sampai Z, taunya pasangan kita nggak ngelakuin…eh ujungan sebel dan menyalahkan dia. Dalam hubungan yang langgeng, keikhlasan adalah salah satu kunci utamanya. Yaa, kode-kodean boleh lah…tapi kalau misalnya selalu berekspektasi tinggi dan membebankan ke pasangan, jadinya malah sakit hati sendiri.

Yaa kalaupasangan ngelakuin sesuatu, dihargai. Kalaupun nanti nggak..ya kita nggak akan kecewa-kecewa sendirian juga.

 

3. Kasiin surprise! Nggak perlu mahal, yang penting tulus…

wowkeren.com

Naah, hal ini yang mungkin banyak dilewatkan ya sama pasangan-pasangan zaman now. Apalagi kalau udah lama banget hubungannya, dikiranya udah nggak pelru lagi tuh bikin kejutan dan hal romantis buat satu sama lain. Padahal nggak gitu lho. Kejutan dan hal romantis harus tetap ada, supaya hubungannya tetap hangat.

Kamu bisa berikan ini ke pasanganmu kapanpun. Nggak harus di momen-momen spesial aja ya. Bahkan bisa di hari-hari biasa. Kegiatan ini bisa bnget loh bikin bahagia pasanganmu, dan nimbulin mood baik di hubungan kalian. Inget, nggak harus mahal dan mewah ya!

 

4. Quality time itu harus!

Kanal247

Quality time itu harus ya, apalagi kalau kamu dan pasanganmu sama-sama sibuk, dan jarang banget punya waktu berdua. Nah, waktu-waktu khusus ini bakalan berguna banget buat kalian, untuk merekatkan lagi hubungan kalian. Mungkin aja komunikasinya jadi jarang karena sibuk, atau mungkin ada ngambek-ngambekan kecil. Ketemu dan ngehabisin waktu berdua akan balikin percikan-percikan sayang itu….ekhem.

 

5. Jangan lupa buat bilang…I Love You..

Liputan6.com

Glenn dan Chelsea terinspirasi dari Tante Rima Melati, bahwa kalimat I love You ini adalah salah satu ramuan ajaib, supaya hubungan tetap langgeng. I love You ini sejenis pengingat agar tetap bisa hangat, perhatian, dan nunjukkin rasa sayang ke satu sama lain. Makanya walaupun sudah lama banget berhubungan, jangan sampai lupa buat menunjukkan rasa sayang itu lewat kata-kata yang indah yaa…

 

Nah, itu dia 5 tips rahasia dari hubungan Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia!

Kalau kamu, punya rahasia juga nggak Girls??

Irma El-Mira
Irma El-Mira Husbuyanti ; Yogyakarta ; [email protected] ; Penulis Buku : The Secret Way of Choosing, Jatuh Bangun Mark Zuckerberg, Jatuh Bangun Jack Ma, Jatuh Bangun Jeff Bezos.
Irma El-Mira on InstagramIrma El-Mira on Twitter

Beri Komentar

Continue Reading

Trending