Connect with us

Girls and Food

Masak Cumi tapi Kok Alot Banget? Ini Loh 4 Tips Memasak Cumi Biar ngga Alot!

nawa

Published

on

GIRLISME.COM- Bagi kamu yang doyan makan seafood, pasti gak bisa nolak kalau disajikan olahan cumi di depan mata. Hewan bertinta ini cita rasanya enak banget dan kaya zat gizi. Bisa digoreng tepung, dibakar, atau dimasak dengan saus tiram. Hmmm, enak semua nih! Nah ini nih tipsnya!

1.Pilih cumi segar, dan bersihkan secara merata ya!

Jangan salah, cumi yang segar justru tidak berbau amis. Berbeda dengan cumi yang sudah agak lama di luar ruangan, baunya menjadi amis dan warna dagingnya mulai kekuningan. Bersihkan cumi dengan menghilangkan bagian kantong tinta. Kemudian buang tulang rawannya yang berada di tengah. Cuci sampai bersih kemudian tiriskan sebelum disimpan. Tapi sebaiknya langsung diolah agar tidak mengurangi kesegarannya.

2.Lumuri dengan air jeruk nipis

Sudah menjadi rahasia umum bahwa air perasan jeruk nipis mampu menghilangkan bau amis dan melunakkan daging seafood. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar asam, yang membantu mengurai protein dalam seafood ke bentuk lebih sederhana.

3.Celupkan dalam air es sebelum disimpan

Jika rebusan cumi tidak semuanya langsung dimasak, celupkan dulu sebentar dalam air es sebelum disimpan. Siapkan mangkok berisi air lalu beri es batu secukupnya. Celupkan cumi, bolak-balik sebentar, kemudian tiriskan. Simpan di kulkas untuk masakan berikutnya. Cara ini menjaga kualitas daging cumi tetap segar dan empuk lho!

4. Tinggal tumis deh semua cumi dan bahan masakanmu!

Memasak cumi terlalu lama akan membuatnya keras atau alot. Maka untuk tumisan atau sup, masak dulu semua bumbu dan bahan lainnya sampai matang. Baru kemudian masukkan cumi paling akhir, aduk-aduk sebentar 1-3 menit saja.

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Trending