Mama Bilang Rookie Mati Bila Nasiku Tidak Habis 

  • Whatsapp

“Bagaimana mungkin aku bisa percaya kata mama?”

Sebuah legenda mengatakan jika kita dihidangkan suatu makanan dan kita tidak menghabiskannya maka petaka akan menghampiri kita. Petaka itu juga tak tanggung-tanggung karena diyakini akan menyerang hal-hal yang kita sayangi.

Read More

Salah satunya akan mengancam hewan peliharaan kita, bila nasi yang kita makan masih ada mama bilang Rookie akan mati.

1. Makan tidak habis menyebabkan nasi yang kita makan menangis

Saat kita masih kecil, tentu kita pernah mengalami masa-masa dimana kita sulit makan. Alhasil makanan yang dihidangkan oleh ayah atau ibu sering tidak kita habiskan. Ini membuat ayah atau ibu jengkel dan kerap menasehati kita dengan mengatakan nasi yang kita makan akan menangis.

Membayangkan nasi yang menangis, sungguh mengerikan bahkan bagi seorang anak kecil. Sepertinya itu akan menghantuinya pagi siang dan malam. Mau tidak mau perutnya harus memakan lahap dengan habis makanan yang disajikan ayah atau ibu.

Logikanya sekarang, nasi adalah makanan yang merupakan benda mati yang dilahirkan oleh padi yang menguning. Ia tidak bernafas dan tidak memiliki anggota tubuh yang dapat digunakan untuk bergerak. Ia juga tidak memiliki mata.

Jadi bagaimana cara ia menangis jika tidak memiliki mata, anak yang cerdas akan bertanya kepada orang tuanya saat dibilang nasinya bisa menangis dengan pertanyaan “mah nasi kan nggak punya mata!” lalu orang tuanya mau jawab apa?

Secara tidak langsung memainkan imajinasi anak dalam memberikan nasehat dengan menakut-nakuti karakter nasi menangis tersebut malah membuat anak tidak berkembang pola berpikirnya.

2. Makan tidak habis menyebabkan hewan peliharaan mati 

Ada yang pernah dengar kejadian hewan peliharaan mati karena majikannya tidak memakan nasi hingga habis? Ini juga menjadi pertanyaan bagi anak-anak cerdas masa kini. Bagaimana bisa hewan peliharaan mati kalau tidak makan makanan hingga habis.

Itu sama saja mengajarkan bahwa hidup sang hewan peliharaan ada di tangan kita padahal sebenarnya nyawa mereka tergantung dengan sang pencipta.

Dengan menakut-nakuti anak-anak kehilangan hewan peliharannya malah akan membuat anak semakin diatas angin dan memiliki karakter pengendali. Ia akan berpikir bahwa bila hidup hewan kesayangannya tergantung dia saat dia tak menginginkan hewan peliharaan itu lagi ia cukup tidak makan.

Cerita-certia seperti ini sungguh tak masuk akal bagi orang dewasa, maka tidak akan mempan jika digunakan untuk memperdaya orang dewasa.

Tapi masih ada nggak sih orang dewasa yang percaya kalau makan tidak habis bisa menyebabkan hewan peliharaannya mati. Padahal cerita ini dimulai karena ada seorang anak yang sangat saying dengan hewan peliharaannya namun sulit makan. Karena itu cerita ini dibuat.

Masih ada kisah lainnya tentang makan tidak habis dan membuat kita saat dewasa berkata bagaimana mungkin dulu aku percaya kata mama?

Related posts