Makanan Khas Indonesia, Ini dia 7 Jenis Kerupuk Favorit yang Membuat Makananmu Tambah Nikmat!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM- Smartgirl pastinya tahu dong makanan kerupuk ini, sebagai orang Indonesia rasanya ga lengkap kalau makan tapi tanpa kerupuk sebagai pelengkapnya. Nah buat yang belum tahu kerupuk itu apa. Nah kali ini Girlisme bakal ngebahas seluk beluk dan macam-macam kerupuk.

Kerupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sampai matang, kemudian dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Makanan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai lauk hidangan serta sebagai jenis lomba makan utama pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Ternyata di Indonesia banyak anekaragam kerupuk dari berbagai daerah. Mau tahu macam-macamnya? Yuk kita ulas satu-persatu ya

Read More

1.Kerupuk Blek, Kerupuk Kampung yang jadi favorit semua Orang Indonesia. Hayo.. Kamu udah pernah nyoba belum?

copyright by https://kuliner.babe.news

Makanan di Indonesia memang sangat unik dan bervariasi. Mulai dari makanan daerah dari Sabang sampai Merauke, hingga makanan-makanan yang memang terinspirasi dari resep western. Lidah orang Indonesia memang salah satu yang paling mampu menerima makanan dari manapun. Salah satunya adalah kerupuk.

Nah jenis kerupuk yang pertama adalah kerupuk blek. Jenis kerupuk ini memang yang paling sering kita temui. Gak hanya di warung-warung perumahan, tapi di beberapa tempat makan juga sering menyediakan kerupuk ini. Kerupuk ini disediakan di kaleng-kaleng yang ikonik benget. Gak heran kalau kita sebut “kerupuk” aja, pasti yang teringat kerupuk ini duluan.

2.Kerupuk pasir, sudah unik namanya ternyata unik juga cara pembuatannya! penasaran kan?

copyright by https://pasangmata.detik.com

Kerupuk yang murah meriah ini memang sangat digemari banyak orang. Banyak sekali jenis kerupuk yang ada disekitar kita. Dan dari sekian banyak kerupuk tersebut ada kerupuk yang cukup unik, yakni kerupuk goreng pasir. Kerupuk yang dikenal sebagai ‘kerupuk melarat’ ini berasal dari desa – desa atau kampung dari berbagai daerah. Kerupuk renyah dengan rasa gurih dan asin ini memang cukup digemari oleh masyarakat.

Goreng krupuk ini menggunakan pasir sungai dalam keadaan panas. Memang terkesan aneh, tapi menggoreng menggunakan pasir ini sangat terbukti dapat membuat kerupuk ini memiliki cita rasa yang unik. Selain renyah tentu kerupuk ini tidak mengandung lemak – lemak jahat layaknya kita menggoreng menggunakan minyak goreng. Meskipun tidak menggunakan minyak, kerupuk ini dapat mengembang setelah digoreng. Rasa yang dihasilkan sangatlah unik, antara asin, gurih dan renyah menjadi satu. Menarik bukan Smartgirl?

3.Tak kalah unik dari kerupuk sebelumnya, ternyata kulit pisang bisa dijadikan kerupuk loh!

copyright by http://bumipertiwi16.blogspot.co.id

Siapa yang tak suka makan kerupuk? Makanan ringan yang satu ini memang sudah sangat digemari di kalangan masyarakat, khususnya di Indonesia. Hampir setiap hari banyak orang yang makan kerupuk sebagai cemilan atau sebagai pelengkap makanan.

Nah tak kalah uniknya dengan kerupuk pasir, kerupuk kulit pisang juga tergolong makanan yang unik. Faktanya, kulit pisang ternyata mengandung nutrisi dan gizi yang bisa kita konsumsi. Maka dari itu, kulit pisang ini masih bisa kamu olah menjadi olahan makanan, salah satunya itu dijadikan Kerupuk Kulit Pisang. Kerupuk ini sekarang sudah mulai banyak beredar dipasaran dan peminatnya juga lumayan banyak, karena kerupuk ini punya rasa yang gurih.

4.Selain mengandung banyak protein, kerupuk ikan juga lezat dan gurih. Oleh karena itu, masyarakat suka sekali dengan kerupuk ini. Kalau kamu?

copyright by https://kargoku.id

Ikan yang merupakan sumber protein hewani yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita punya kunggulan, yaitu rendah lemak sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya untuk kerupuk. Selain rasanya yang gurih, kerupuk yang satu ini juga mudah Smartgirl temukan. Berbagai provinsi di Indonesia juga menawarkan berbagai macam kerupuk ikan dengan berbagai macam rasa dan jenis.

Kerupuk ini juga bisa jadi alternatif loh buat teman-teman yang ngga suka ikan. Kerupuk ini mengandung banyak gizi loh. Dan berita bahagia nya kamu bisa buat sendiri di rumah. Dijamin gampang!

5.Terakhir, kerupuk udang. Kerupuk yang paling banyak penggemar. Penasaran kan sama rasanya seperti apa?

copyright by http://masirul.com/

Kerupuk udang adalah kerupuk yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan udang yang ditumbuk halus yang diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Kerupuk udang berasal dari Sidoarjo. Biasanya udang yang digunakan adalah udang-udang kecil atau udang rebon yang ditumbuk hingga halus. Adonan mentah ini kemudian dikukus dan setelah matang dan kenyal diiris tipis-tipis, setelah itu dijemur hingga kering. Pengeringan dengan terik matahari biasanya sekitar 2-3 hari. Kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng kapan saja agar bisa menjadi kerupuk yang siap dihidangkan.

Nah Smartgirl udah tahu kan jenis-jenis kerupuk yang lezat di Indonesia. Kira-kira kamu udah nyobain berapa jenis kerupuk nih?

Related posts