Connect with us

Smartnews

Mahasiswa Indonesia Borong Medali di Ajang Japan Design and Invention Expo 2018

Okti Sulisnia

Published

on

https://www.undip.ac.id

GIRLISME.COM – Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Diponogoro (Undip) berhasil mengibarkan bendera Indonesia di panggung tertinggi dalam ajang Japan Design and Invention Expo 2018 yang telah diadakan pada 3 – 5 Agustus lalu.

Pada acara tahunan tersebut, Indonesia berhasil meraih medali emas dalam event yang diikuti oleh puluhan perwakilan dari negara di Benua Asia dan Benua Eropa tersebut.

Mahasiswa Unhas tersebut adalah Tri Puspita Roska dan A. Ameilia Sari Riyandika yang berhasil meraih poin tertinggi di bidang biotechnology, health and fitnes. Tri dan Ameilia meneliti tentang wound dressing dalam bentuk patch untuk luka bakar yang memanfaatkan ekstrak kulit jeruk manis dan bioselulosa dari fermentasi air kelapa.

Tri dan Ameilia awalnya tergabung dalam sebuah tim yang anggotanya terdiri dari empat orang. Namun karena keterbasan biaya, dari keempat orang tersebu hanya Tri dan Ameilia yang berangkat.

https://www.goodnewsfromindonesia.id

Tak kalah membanggakannya, tim dari Undip juga berhasil meraih 3 emas dan 2 perak serta penghargaan sebagai Best International Inovention.

Penghargaan Best International Inovention diraih oleh tim yang terdiri dari WisnuIndrawan, Fajrul Falah, Nurwarrohman Andre Sasongko, Kawidian Putri BayuAlam, dan WeningSeptiyani. Tim tersebut juga meraih Gold Medal dalam kategori Artificial Network dengan Invention MAS JAWA T-NETRA (Money Android Scanner for Blindess People) merupakan aplikasi scanner nilai mata uang berbasis android dengan metode artificial neural network.

Medali emas lainnya diraih oleh tim yang terdiri dari Bimo Bagaskoro, Muhammad Alvin Ridho, Ro’ad Baladi Al Komar, Wirda Nabilla Safitri, dan Monica Yulfarida untuk kategori Machines and Equipment dengan Invention  KOMBAT (Electrolyte Coagulation and Ozonitation for Batik Waste) Solution for  Waste Treatment In Batik Factory  yaitu merupakan prototype pengolahan limbah cair batik menggunakan 3 prinsip utama yaitu elektrokoagulasi, ozonasidanfiltrasi.

Medali emas dalam kategori Enviromental & Renewable Energy diraih oleh tim yang terdiri dari Ari Purnomo, Ilham Nur Hakim Rambe, Chusnul Khotimah, Ajeng Kurniawati, Falasifah, Almalina Nabila Sulistyo Rini, dan Rizka Zakiyatul Miskiyah Sedangkan untuk tiga tim lainnya yang berasal dari Unpad berhasil meraih Silver Medal dalam kategori Biotechnology and Health, kategori Enviromental & Renewable Energy, dan silver medal untuk invention antiseptic ORGANIK! U Care merupakan produk dari Nusa Medica Diponegoro berupa antiseptic.

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending