Connect with us

Smartnews

Mahasiswa Indonesia Borong Medali di Ajang Japan Design and Invention Expo 2018

Okti Sulisnia

Published

on

https://www.undip.ac.id

GIRLISME.COM – Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Diponogoro (Undip) berhasil mengibarkan bendera Indonesia di panggung tertinggi dalam ajang Japan Design and Invention Expo 2018 yang telah diadakan pada 3 – 5 Agustus lalu.

Pada acara tahunan tersebut, Indonesia berhasil meraih medali emas dalam event yang diikuti oleh puluhan perwakilan dari negara di Benua Asia dan Benua Eropa tersebut.

Mahasiswa Unhas tersebut adalah Tri Puspita Roska dan A. Ameilia Sari Riyandika yang berhasil meraih poin tertinggi di bidang biotechnology, health and fitnes. Tri dan Ameilia meneliti tentang wound dressing dalam bentuk patch untuk luka bakar yang memanfaatkan ekstrak kulit jeruk manis dan bioselulosa dari fermentasi air kelapa.

Tri dan Ameilia awalnya tergabung dalam sebuah tim yang anggotanya terdiri dari empat orang. Namun karena keterbasan biaya, dari keempat orang tersebu hanya Tri dan Ameilia yang berangkat.

https://www.goodnewsfromindonesia.id

Tak kalah membanggakannya, tim dari Undip juga berhasil meraih 3 emas dan 2 perak serta penghargaan sebagai Best International Inovention.

Penghargaan Best International Inovention diraih oleh tim yang terdiri dari WisnuIndrawan, Fajrul Falah, Nurwarrohman Andre Sasongko, Kawidian Putri BayuAlam, dan WeningSeptiyani. Tim tersebut juga meraih Gold Medal dalam kategori Artificial Network dengan Invention MAS JAWA T-NETRA (Money Android Scanner for Blindess People) merupakan aplikasi scanner nilai mata uang berbasis android dengan metode artificial neural network.

Medali emas lainnya diraih oleh tim yang terdiri dari Bimo Bagaskoro, Muhammad Alvin Ridho, Ro’ad Baladi Al Komar, Wirda Nabilla Safitri, dan Monica Yulfarida untuk kategori Machines and Equipment dengan Invention  KOMBAT (Electrolyte Coagulation and Ozonitation for Batik Waste) Solution for  Waste Treatment In Batik Factory  yaitu merupakan prototype pengolahan limbah cair batik menggunakan 3 prinsip utama yaitu elektrokoagulasi, ozonasidanfiltrasi.

Medali emas dalam kategori Enviromental & Renewable Energy diraih oleh tim yang terdiri dari Ari Purnomo, Ilham Nur Hakim Rambe, Chusnul Khotimah, Ajeng Kurniawati, Falasifah, Almalina Nabila Sulistyo Rini, dan Rizka Zakiyatul Miskiyah Sedangkan untuk tiga tim lainnya yang berasal dari Unpad berhasil meraih Silver Medal dalam kategori Biotechnology and Health, kategori Enviromental & Renewable Energy, dan silver medal untuk invention antiseptic ORGANIK! U Care merupakan produk dari Nusa Medica Diponegoro berupa antiseptic.

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations
  • Kabar Baik kini datang dari tim delegasi Indonesia berhasil menjadi
    1 month ago by girlismecom Kabar Baik kini datang dari tim delegasi Indonesia berhasil menjadi juara dua dalam ajang ASEAN Skills Competition (ASC) 2018 di Bangkok, Thailand. Dalam kompetisi tersebut, delegasi Indonesia berhasil meraih 13 emas, 6 perak, 8 perunggu dan 7 diploma. Kompetisi ASC adalah kompetisi 26 keahlian dari 6 kategori yang dilombakan dengan 300 kompetitor dan lebih dari 1000 delegasi dari 10 negara di ASEAN. Perolehan medali emas untuk Indonesia diraih pada ajang Hair Dressing, Industri Automation, Electronic, Fashion Technology, dua Web Design dan Development, IT Network System Administration, dua IT Software Solution For Business, 2 Automobile Technology, Joinery, dan Cabinet Making. Kemudian
  • Menyantap makanan unik emang lagi booming akhirahir ini beberapa youtuber
    1 month ago by girlismecom Menyantap makanan unik emang lagi booming akhir-ahir ini, beberapa youtuber pun bahkan sampai buat review tentang beberapa restoran. Penasaran makanan gastronomi molekuler itu apaan? Yuk simak ya! Yuk baca selengkapnya di www.girlisme.com ! Written by  @nadhifahazhaar . . .  #kuliner   #smartgirl   #girlisme 
  • Terkadang seseorang suka kaget ketika orang yang dikenalinya tibatiba berubah
    1 month ago by girlismecom Terkadang seseorang suka kaget ketika orang yang dikenalinya tiba-tiba berubah drastis. Smartgirl jangan bilang kamu sudah mengenal seseorang jika kamu belum melakukan empat hal ini bersamanya. Simak ya! Yuk baca selengkapnya di www.girlisme.com ! Written by  @rosyianasyifaa  . .  #lifestyle   #smartgirl   #girlisme 
  • Bali pulau di Indonesia yang memberikan pesona tersendiri Keindahan panorama
    1 month ago by girlismecom Bali, pulau di Indonesia yang memberikan pesona tersendiri. Keindahan panorama alam, budaya dan adat istiadat yang luar biasa serta keramahan penduduknya menjadi daya tarik tersendiri bagi semua orang. Nah kali ini GirlIsMe bakal ngasih tahu tempat-tempat yang murah meriah dan ngga kalah bagusnya deh! Yuk baca selengkapnya di www.girlisme.com ! Written by  @nadhifahazhaar . .  #traveling   #smartgirl   #girlisme 
  • Lumrahnya kamu bakalan mikir kalau sebuah hubungan akan kuat cuma
    1 month ago by girlismecom Lumrahnya kamu bakalan mikir kalau sebuah hubungan akan kuat cuma dengan cinta. Singkatnya, kalau sudah cinta, tai kucingpun rasanya mirip kaya permen cokelat. Tapi tahu kah kamu kalau ternyata cinta aja nggak cukup?? . "Hubunganmu Nggak Bakalan Langgeng Kalau Cuma Punya Cinta! Kenapa?? Ini Dia 4 Alasannya!" Written by  @irmaelmira . . Yuk baca selengkapnya di www.girlisme.com ! .  #relationship   #smartgirl   #girlisme 

Beri Komentar

Trending