Lidah Buaya; Tanaman Serbaguna dengan Sejuta Manfaat

  • Whatsapp

Ada banyak alasan mengapa Anda sebaiknya menanam lidah buaya di rumah. Tak hanya untuk mempercantik pekarangan, Anda juga bisa memanfaatkan daunnya untuk berbagai hal. Ya, lidah buaya adalah tanaman serba guna yang sudah dikenal khasiatnya sejak berabad-abad lalu. Namun faktanya, sedikit orang yang tahu kalau kegunaan lidah buaya nggak hanya seputar untuk perawatan rambut saja.

Padahal di balik itu semua, masih ada 7 manfaat lainnya dari lidah buaya, mulai dari obat luar untuk menyembuhkan luka hingga mengatasi sembelit. Yuk, simak ulasan dari GirlIsMe berikut.

Read More

1. Good news! Aloe Vera mampu mengangkat bekas jerawat di kulit wajah

copyright by google.com

Jerawat juga jadi masalah pelik bagi hampir semua cewek. Inginnya sih pakai krim yang beli di klinik kecantikan, tapi rasanya sayang untuk merogoh kocek terlalu dalam. Kini kamu tak perlu panik lagi jika jerawat yang menyebalkan itu tiba-tiba muncul. Ada lidah buaya yang mengandung senyawa aktif disebut polifenol sebagai anti bakteri. Komponen ini dapat membantu menghilangkan jerawat pada wajah dengan mencegah pertumbuhan bakteri yang memicu terbentuknya jerawat

Nah masker lidah buaya obatnya, yang didalamnya memiliki berbagai zat-zat tertentu, salah satunya kandungan Polisakarida yaitu berperan dalam memperbaiki kulit yang rusak termasuk bekas jerawat! Mau mencobanya?

2. Sebagai pengganti moisturizer atau pelembab wajah.

copyright by greenchildmagazine.com

Wajah yang terlalu matte alias kering juga tidak sehat, jadi kita perlu menggunakan pelembab atau moisturizer sebagai skincare sehari-hari. Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Aloe Vera atau lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit. Aloe Vera dapat menghilangkan jerawat, melembapkan kulit, detokfisasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit.

Nah masker lidah buaya juga bermanfaat sebagai pelembab kulit, termasuk kulit wajah. Ketika masker diaplikasikan ke kulit wajah maka gel dari lidah buaya melepaskan enzim alami dan vitamin untuk menghasilkan efek lembab yang mampu mengembalikkan kesimbangan pH, selain itu lidah buaya dapat memberikan oksigen kedalam kulit, sehingga jaringan kuli akan makin kuat

3. Menyehatkan bibir, alis, dan bulu mata. Completed!

copyright by lifestyle.okezone.com

Bibir, alis, dan bulu mata termasuk bagian wajah bukan?. Masker lidah buaya mampu mengobati bibir yang pecah-pecah, menjaga kesehatan bulu mata, dan alis. Caranya yaitu ketika sedang menggunakan masker, maka sekaligus oleskan di bibir, alis, serta bulu mata. Completed!.

Cara mengaplikasikan lidah buaya menjadi masker aloe vera begitu mudah, caranya yaitu petik atau beli lidah buaya, potong sisi kanan dan kiri agar duri dari lidah buaya terbuang, kemudian bagian sisi atas kupas hingga terlihat daging, kemudian untuk mengeluarkan gel dari lidah buaya cukup buat garis-garis diatas daging dan jangan sampai terpotong, agar mudah diaplikasikan ke kulit wajah, kemudian oleskan ke kulit wajah. Ketika sudah kering bilas dengan air tanpa sabun wajah. Tentunya tidak seperti obat atau krim kimiawi yang bekerja secara instan yang kurang sehat untuk jangka panjang kulit kita, sedangkan masker lidah buaya tidak memberikan hasil yang instan yah, jadi gunakan secara sabar, telaten, dan rutin setiap hari, khususnya saat sebelum tidur agar mempermudah proses kerja masker lidah buaya.

4. Selain Merawat Rambut, Lidah Buaya ternyata Bisa Jadi Obat Luka Bakar.

copyright by najmama.aktuality.sk

Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Lidah buaya juga bisa menjadi obat luka bakar luka bakar getah lidah buaya sering dijadikan salep alami untuk mengobati luka bakar. Getah tersebut memang mampu mendinginkan dan memperbaiki kerusakan jaringan pada bekas luka bakar. Selain itu, lidah buaya juga bisa membantu mengatasi masalah kulit terkait sengatan matahari. Getah tanaman ini ampuh menghentikan penyerapan radiasi ultraviolet (UV) ke dalam kulit.

5. Lidah buaya punya khasiat untuk membantu menghilangkan plak di gigi asal kamu rutin mengonsumsinya

copyright by style.tribunnews.com

Selain berdampak buruk pada kesehatan gigi, plak juga sangat menganggu terutama dalam berpenampilan. Penelitian menyebutkan bahwa jus lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut. Selain itu, lidah buaya juga memiliki efektifitas yang sama dengan senyawa klorheksidin yang terdapat pada obat kumur dalam menghilangkan plak sekaligus memutihkan gigi.

Caranya ;

  1. Potong 1 tangkai tanaman lidah buaya dan cuci hingga bersih, potong kecil-kecil, tambahkan air dan blender hingga halus.
  2. Berkumurlah dengan menggunakan jus lidah buaya tersebut selama 2-3 menit kemudian lanjutkan dengan berkumur menggunakan air bersih.
  3. Lakukan langkah ini secara teratur 2 kali sehari selama 15-30 hari.

Jadi, kalau selama ini tanaman lidah buaya yang ada di pekarangan rumah dibiarkan begitu saja, sudah saatnya sekarang kamu bisa memanfaatkannya untuk banyak hal. Atau malah kamu belum punya sama sekali? Nggak ada salahnya untuk menanamnya agar bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Semoga bermanfat!

Related posts