Connect with us

Smartnews

Lewati Tiga Angkatan di Atasnya, Andika Perkasa Resmi Jadi KSAD

Okti Sulisnia

Published

on

https://tirto.id

GIRLISME.COM – Presiden Joko Widodo baru saja melantik pemimpin baru TNI AD. Ia adalah Andika Perkasa yang saat ini resmi menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD),

Andika adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) angkatan 1987. Oleh karena itu, terpilihnya Andika sebagai KSAD membuatnya harus memimpin para senior dari 3 angkatan di atasnya.

Beberapa senior tersebut diantaranya adalah Letjen TNI Agus Surya Bakti yang merupakan lulusan Akmil angkatan 1984 dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

https://kumparan.com

Selanjutnya Letjen TNI Doni Monardo yang merupakan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional dan lulusan Akmil angkatan 1985. Selain itu ada pula Wakil KSAD Letjen TNI Tatang Sulaiman yang lulusan Akmil angkatan 1986. Selain itu, di angkatan 1986 ada juga Mayjen TNI Joni Supriyanto (Panglima Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta), Mayjen TNI Besar Harto Karyawan (Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi), dan Mayjen TNI Wuryanto (Panglima Komando Daerah Militer IV/Diponegoro).

Karier Andika di TNI AD terbilang gemilang. Pasalnya, ia juga baru saja diangkat menjadi Komandan Kodiklat TNI-AD pada 15 Januari 2018 lalu, setelah sejak tahun 2016 ia menjadabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura. Jabatan itu membuatnya menyandang pangkat Letnan Jenderal TNI.

(Foto:Instagram/@Penkostrad)

Pada 13 Juli 2018, enam bulan setelah menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI-AD, Andika resmi menjadi Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ke-39 sepanjang sejarah berdirinya korps baret hijau itu.

Tepat 4 bulan setelah menerima jabatan tersebut, Andika dilantik Presiden Jokowi sebagai KSAD pada hari ini, Kamis (22/11). Ia menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang memasuki masa pensiun Januari 2019. Dengan begitu, saat ini Andika telah menyandang pangkat Jenderal TNI.

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending