Klaim Melindungi Rakyat Dari Kecurangan, BPN Pastikan Gugat Hasil KPU ke MK! Jokowi: Ya Silahkan Saja Digugat~

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengadakan rapat pleno untuk menyampaikan hasil rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019. KPU menetapkan pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin, sebagai pemenang Pilpres 2019 dengan keunggulan 55.50 persen dan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga, mendapatkan 44.50 persen. Hasil Pilpres tersebut telah ditetapkan dalam keputusan nomor 987. Hasil rekapitulasi KPU tersebut berdasarkan perolehan suara dari 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN).

Hanya saja, pihak 02 mengaku akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil Pilpres 2019 tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sufmi Dasco Ahmad. Ia mengatakan bahwa hal tersebut sudah menjadi keputusan dari rapat internal yang telah digelar di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Read More

“Menyikapi hasil dari KPU RI yang sudah mengumumkan hasil rekapitulasi nasional pada dini hari tadi. Rapat hari ini memutuskan bahwa paslon 02 akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi,” kata Dasco sebelumnya di kediaman Prabowo.

Dalam beberapa hari ini, menurut Dasco, materi gugatan itu akan dipersiapkan. Salah satu alasan pengajuan gugatan ke MK itu disebut Dasco terkait penghitungan suara yang sangat signifikan.

“Kami melihat bahwa ada pertimbangan-pertimbangan kemudian ada hal-hal sangat krusial terutama mengenai perhitungan-perhitungan yang sangat signifikan yang bisa dibawa ke MK,” tutur Dasco, dikutip dari Detik.com.

Sikap pihak paslon 02 yang akan mengajukan gugatan ke MK tersebut membuat paslon 01, Joko Widodo, ikut buka suara. Jokowi mengatakan bahwa ia menghargai langkah yang diambil pihak 02 karena sesuai dengan konstitusi.

“Saya kira saya sangat menghargai, sangat menghargai apabila Pak Prabowo-Pak Sandi ke MK. Itu memang sebuah proses sesuai dengan konstitusi, sesuai dengan hukum dan undang-undang yang kita miliki. Sangat menghargai,” kata Jokowi di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).

Related posts