Connect with us

Smartlife

Kerusakan Hati dan Stress Akut! Ini 5 Ancaman Berbuka Puasa dengan Makanan Manis!

Okti Sulisnia

Published

on

GIRLISME.COM – Makanan manis selalu jadi pilihan yang tepat buat berbuka puasa. Setelah menahan lapar dan dahaga, menjamu lidah dengan makanan yang manis memang memberikan sensasi yang menyenangkan. Nggak cuma itu, Rasulullah SAW juga sudah menganjurkan untuk berbuka puasa dengan makanan manis.

Tapi hati-hati ya, berbuka puasa dengan makanan manis dalam porsi yang berlebihan ternyata kurang baik buat kesehatan Kamu. Berbuka dengan makanan manis secara berlebihan bisa menimbulkan dampak yang cukup serius.

1. Hati-hati, makanan manis bisa berpotensi merusak fungsi hati Kamu lho!

Hellosehat.com

Senyawa fruktosa, glukosa, dan lainnya yang terkandung dalam makanan manis ternyata dapat mengganggu fungsi hati bahkan bersifat racun. Hal ini bisa berpeluang terjadi kalau Kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Nah, makanya porsi makanan manis yang Kamu makan saat berbuka harus dibatasi ya.

2. Duh.. Makanan manis ternyata bisa bikin Kamu terkena kesehatan mental..

m.jitunews.com

Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan saat buka puasa akan membuat kadar gula darah Kamu meningkat drastis. Kadar gula darah yang semakin inilah yang akan memicu berbagai masalah kesehatan mental, termasuk depresi.

Idntimes.com

Kalau Kamu mengonsumsi makanan manis dengan porsi berlebihan, maka harus siap mengalami gangguang kesehatan jantung. Sebuah penelitian terhadap 6000 responden yang dilakukan oleh EatingWell, menunjukkan bahwa responden yang diberi asupan gula berlebih mengalami peningkatan kadar HDL dan lemak jahat dan penurunan kadar kolesterol baik. Seperti yang diketahui, hal-hal tersebut merupakan salah satu pemicu penyakit pada jantung.

Kabarfokus.com

Kadar gula berlebihan yang Kamu konsumsi bisa membuat Kamu mudah lemas dan gampang ngantuk. Hal ini terjadi karena tidak dibarengi dengan nutrsi lain buat tubuh Kamu yang sudah puasa seharian penuh.

5. Makan manis terlalu banyak juga bisa bikin diabetese tipe 2 lho!

Food.detik.com

Makan manis yang Kamu konsumsi bisa bikin hormon insulin Kamu meningkat. Nah, hormon insulin yang terlalu tinggi bisa bikin penumpukan lemak dalam tubuh, yang akan berakibat pada resiko terkena diabetes tipe 2.

Berbuka dengan yang manis memang anjuran, tapi ingat yang berlebihan itu juga nggak baik buat kesehatan.

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations

Beri Komentar

Smartlife

4 Manfaat Tertawa Buat Kesehatan!

Okti Sulisnia

Published

on

Dream.co.id

GIRLISME.COM – Nggak cuma bisa mencairkan suasana, ternyata tertawa juga bisa membawa manfaat bagi kesehatan Kamu lho. Manfaat ini biasannya nggak banyak orang yang tahu, karena kebanyakan tertawa hanya diketahui sebagai bentuk mengungkapkan rasa bahagia.

Nah, buat Kamu yang belum tahu, Girlisme.com sudah merangkum empat menfaat kesehatan yang bisa Kamu dapatkan kalau sering tertawa. Apa saja ya kira-kira?

1. Ternyata tertawa bisa membentuk otot perut Kamu lho!

Grid.ID

Buat Kamu yang belum tahu, tertawa juga bisa menjadi latihan fisik sebagai hasil dari pergerakan otot-otot pernapasan dan laring. Nah, saat Kamu tertawa, otot-otot di perut Kamu akan mengembang dan berkontraksi. Nggak cuma itu, tertawa juga bisa mengencangkan perut dan membentuk daerah perut yang biasanya dihasilkan mealui push up dan olahraga lainnya.

2.  Kalau sering tertawa, Hormon Endorfin Kamu juga akan meningkat! Apa sih Hormon Endorfin itu??

Liputan6.com

Tertawa ternyata juga dapat meningkatkan hormon endorfin. Hormon ini adalah kunci untuk kesehatan dan kesejahteraan yang baik karena senyawa kimianya dihubungkan dengan ketahanan terhadap rasa sakit.

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations

Beri Komentar

Continue Reading

Smartlife

4 Efek Seram Keramas Tiap Hari!

Okti Sulisnia

Published

on

Tribunnews.com

GIRLISME.COM – Menjaga kesehatan rambut itu memang penting, salah satu caranya adalah dengan rajin keramas. Eits.. Rajin bukan berarti tiap hari ya, karena keramas tiap hari juga ternyata nggak baik lho buat kesehatan rambut Kamu.

Nah, biar Kamu bisa lebih waspada, yuk kenali dulu 4 efek menyeramkan yang bisa Kamu alami kalau keramas tiap hari!

1. Duh.. Terlalu sering keramas ternyata bisa mengganggu pertumbuhan rambut Kamu lho!

Sipayo.com

Keramas tiap hari bisa bikin sebum di kulit kepala Kamu mengikis. Nggak cuma itu, residu shampo yang Kamu pakai juga bisa menumpuk di kulit kepala, nah hal ini yang akhirnya bisa menghambat pertumbuhan rambut Kamu.

2. Kalau Kamu nggak mau warna rambut Kamu rusak, mending stop keramas tiap hari deh!

Tribunnews.com

Rambut punya lapisan kutikula disetiap helainya, nah lapisan ini yang melindungi warna rambut. Lapisan kutikula ini bisa terkelupas kalau Kamu terlalu sering kerams. Proses keramas yang terlalu sering membuat lapisan kutikula terkelupas. Kutikula yang terbuka bisa membuat warna rambut jadi pudar, kusam dan nggak cantik lagi lho.

3. Ternyata rambut rontok nggak cuma disebabkan oleh kekurangan nutrisi kulit kepala lho!

Tribunnews.com

Nggak banyak yang tahu, ternyata terlalu sering keramas bisa bikin rambut rontok. Ini terjadi karena rambut yang basah memiliki sifat yang lebih sensitive dan rapuh terutama pada akarnya, nah makanya jadi lebih mudah rontok.

4. Sering keramas tiap hari? Duh, siap-siap deh minyak alami rambut Kamu jadi hilang!

Tempo.co

Keramas tiap hari juga bisa merusak merusak dan menghilangkan minyak alami yang ada pada rambut. Padahal minyak alami rambut ini punya peran sangat penting untuk membuat rambut tampak sehat dan berkilau.

Keramas itu penting, tapi kalau tiap hari bisa jadi bumerang juga buat kesehatan rambut Kamu. Jadi.. Hati-hati ya, jangan berlebihan!

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations

Beri Komentar

Continue Reading

Trending