Kerusakan Hati dan Stress Akut! Ini 5 Ancaman Berbuka Puasa dengan Makanan Manis!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Makanan manis selalu jadi pilihan yang tepat buat berbuka puasa. Setelah menahan lapar dan dahaga, menjamu lidah dengan makanan yang manis memang memberikan sensasi yang menyenangkan. Nggak cuma itu, Rasulullah SAW juga sudah menganjurkan untuk berbuka puasa dengan makanan manis.

Tapi hati-hati ya, berbuka puasa dengan makanan manis dalam porsi yang berlebihan ternyata kurang baik buat kesehatan Kamu. Berbuka dengan makanan manis secara berlebihan bisa menimbulkan dampak yang cukup serius.

Read More

1. Hati-hati, makanan manis bisa berpotensi merusak fungsi hati Kamu lho!

Hellosehat.com

Senyawa fruktosa, glukosa, dan lainnya yang terkandung dalam makanan manis ternyata dapat mengganggu fungsi hati bahkan bersifat racun. Hal ini bisa berpeluang terjadi kalau Kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Nah, makanya porsi makanan manis yang Kamu makan saat berbuka harus dibatasi ya.

2. Duh.. Makanan manis ternyata bisa bikin Kamu terkena kesehatan mental..

m.jitunews.com

Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan saat buka puasa akan membuat kadar gula darah Kamu meningkat drastis. Kadar gula darah yang semakin inilah yang akan memicu berbagai masalah kesehatan mental, termasuk depresi.

Idntimes.com

Kalau Kamu mengonsumsi makanan manis dengan porsi berlebihan, maka harus siap mengalami gangguang kesehatan jantung. Sebuah penelitian terhadap 6000 responden yang dilakukan oleh EatingWell, menunjukkan bahwa responden yang diberi asupan gula berlebih mengalami peningkatan kadar HDL dan lemak jahat dan penurunan kadar kolesterol baik. Seperti yang diketahui, hal-hal tersebut merupakan salah satu pemicu penyakit pada jantung.

Kabarfokus.com

Kadar gula berlebihan yang Kamu konsumsi bisa membuat Kamu mudah lemas dan gampang ngantuk. Hal ini terjadi karena tidak dibarengi dengan nutrsi lain buat tubuh Kamu yang sudah puasa seharian penuh.

5. Makan manis terlalu banyak juga bisa bikin diabetese tipe 2 lho!

Food.detik.com

Makan manis yang Kamu konsumsi bisa bikin hormon insulin Kamu meningkat. Nah, hormon insulin yang terlalu tinggi bisa bikin penumpukan lemak dalam tubuh, yang akan berakibat pada resiko terkena diabetes tipe 2.

Berbuka dengan yang manis memang anjuran, tapi ingat yang berlebihan itu juga nggak baik buat kesehatan.

Related posts