Kenapasih Pohon Identik Jadi Tempat Tinggal Hantu? Alasannya Dimulai Dari Zaman Purba! Lho Apa Hubungannya?

  • Whatsapp

GIRLISME.COM — Pepohonan sejak zaman purbakala menjadi tempat yang disucikan dan diagungkan. Para penduduk zaman dulu percaya bahwa pepohonan ini memiliki berbagai macam kekuatan. Hal itu dipercayai karena pepohonan memberi banyak manfaat bagi kaum manusia. Kali ini Katamama akan mengulas, mengapa pepohonan menjadi hal yang identik dengan tempat tinggal hantu. Simak ya Smartgirl! baca sampai habis…

1. Pohon beringin kerap dijadikan tempat untuk menaruh sesaji. Emang dipohon beringin ada apa?

Smartgirl sering liat nggak kalau kebanyakan pohon beringin ditaruh sesaji? Nah pernah kepikiran nggak sih kenapa orang-orang meletakkan sesaji disana? sebenarnya pada awalanya tidak semua pohon beringin diberi sesaji hanya pohon-pohon beringin yang dikeramatkan saja. Contohnya pohon beringin yang ada di alun-alun Kota Yogyakarta.

Read More

Pohon beringin menjadi pohon yang dikeramatkan pada awalnya karena pohon beringin dianggap sebagai pohon yang melindungi dan karena ukurannya yang besar sehingga dipercaya banyak ditinggali lelembut (hantu dalam bahasa jawa). Lelembut pada zaman dulu ditakuti dan karena masyarakat masih percaya terhadap hal-hal seperti sehingga agar membuat para lelembut tidak marah maka diberi sesaji.

2. Awas kalau lewat sana jangan liat kearah pohon pisang! Nanti diliatin pocong baru tau rasa…

Smartgirl, buat kamu yang takut pulang sendirian pernah takut melihat kearah pohon pisang? Kata orang zaman dulu kalau lihat kearah pohon pisang nanti katanya kita bisa diweruhi (diperlihatkan) pocong. Jadi sebenarnya awal legenda ini ketika ada seseorang yang malam-malam berkunjung ke hutan kemudian melihat pocong diantara pohon-pohon pisang dia ketakutan dan berlari. Sejak saat itulah muncul larangan untuk melihat kearah pohon pisang. padahal sebenarnya juga biasa-biasa saja, mungkin saja saat itu orang itu sedang dalam ketakutan dan berhalusinasi.

3. Katanya pohon sawo itu sarangnya kuntilanak? Waduh berita dari mana lagi itu?

Kuntilanak itu memang nggak ada habisnya ya Smartgirl. apalagi dalam pembahasan perhantuan di Indonesia yang katanya  di huni banyak kuntilanak karena Indonesia banyak memiliki pohon. Berdasarkan legenda dari orang-orang pohon sawo adalah sarang kuntilanak karena kuntilanak sangat suka bergelantungan di pohon-pohon yang memiliki batang tebal dan besar. Pada kenyatannya, cerita kuntilanak ini berbeda-beda dari masing-masing daerah ya. Ada yang menganggap begitu ada juga yang tidak. Selama ini belum juga ada penelitian secara metafisika tentang sarang kuntilanak.

Nah Smartgirl pohon menjadi salah satu mahluk hidup yang menemani manusia sejak zaman purba sehingga apapun tentang pohon menjadi istimewa dan beberapa pohon diistimewakan karena dianggap memiliki kekuatan magis. Hal tersebut cukup menjadi alasan kuat mengapa banyak pohon yang diidentikkan dengan tempat tinggal hantu sampai saat ini. Ada orang yang benar percaya tentang hal itu, ada juga yang tidak. Semua itu tergantung bagaimana kita saja sih ya, mau percaya atau tidak. Semoga informasinya bermanfaat 🙂

 

 

Related posts