Kamu Sunset Hunter? Ini 5 spot sunset di Jogja, Kamu harus kesini!

  • Whatsapp

Sunset selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap orang, apalagi bagi kamu-kamu yang lagi butuh piknik. Bayangan duduk di alam bebas menikmati semilir angin senja tentu bakal menggodamu. Bagi pecinta fotografi, sunset juga merupakan momen yang selalu di tunggu-tunggu.

Membidikkan kamera dan menghasilkan foto yang menakjubkan tentunya jadi kepuasan tersendiri. Nah, kali ini GirlIsMe bakal ngasih tahu kamu, 10 tempat di Jogja yang memiliki pemandangan sunset yang epic dan insagramble banget deh. Penasaran? Yuk simak artikel ini yaaa

Read More

1. Mengejar sunset ke petilasan Candi Ratu Boko

copyright by www.upstation.id

Datang ke tempat ini, rasanya seperti sedang napak tilas ke Indonesia pada zaman dahulu, ketika kerajaan-kerajaan masih menjadi pusat kekuasaan di daerahnya masing-masing. Reruntuhan bekas bangunan kerajaan ini seakan bangkit kembali dan bermetamorfosis dengan pantulan cahaya yang tampak berwarna jingga ditambah dengan suasana yang sepi, menambah nuansa romantis.

Kompleks reruntuhan istana Ratu Boko ini memang selalu menjadi incaran para sunset hunter. Reruntuhan bekas bangunan kerajaan ini seakan bangkit kembali dan bermetamorfosis dengan pantulan cahaya yang tampak berwarna jingga ditambah dengan suasana yang sepi, menambah nuansa romantis.

2. Dijamin ngga nyesel deh Jauh-jauh ke sini, Sunset di Parang Endog sunset terbagus di Jogja

copyright by panduanwisata.id

Bukit Parang Endog merupakan tempat lain di Jogja yang sangat pas untuk menikmati keindahan senja. Namanya memang belum begitu terkenal seperti halnya Ratu Boko atau Bukit Bintang. Namun, suasana senja yang disajikan oleh tempat ini tak kalah indah

Dari bukit ini kamu bisa menyaksikan indahnya senja dengan latar belakang laut selatan yang luas dan seperti tak berbatas. Matahari yang tenggelah melewati garis horison adalah pemandangan yang bisa kamu dapatkan di tempat ini. Lokasi Bukit Parang Endog ini sebenarnya tidak jauh dari Pantai Parang Tritis, pantai yang menjadi salah satu ikon pariwisata Jogja. Lokasinya berada di sebelah timur Pantai Parang Tritis. Dari atas bukit ini kamu bisa menyaksikan keindahan pantai-pantai yang satu garis dengan Pantai Parang Tritis seperti Parang Kusumo dan Depok

Bukit Parang Endog sebenarnya merupakan sebuah bukit yang digunakan sebagai landasan paralayang, namun jarang sekali dipakai mengingat disana belum ada rental paralayang. Bukit ini biasanya digunakan pada event-event tertentu, misalnya Jogja Air Show yang diadakan setiap tahun di Parang Tritis dan Parang Kusumo. Selebihnya, tempat ini lebih sering digunakan untuk menikmati pemandangan laut lepas yang begitu indah

3. Rasakan sensasi yang berbeda, Puncak Becici di Sore hari

copyright by www.upstation.id

Terletak di daerah Dlingo, Bantul, Puncak Becici saat ini menjadi salah satu wisata hits anak muda Jogja. Selain berada di bukit, di sana juga tersedia gardu pohon yang dapat dipanjat untuk lebih puas menikmati sunset. Hampir sama dengan hutan pinus mangunan, Puncak becici juga tersedia bangku-bangku kyu yang terpasang di antara dua pohon pinus yang berdekatan. Gazebo-gazebo kayu sederhana juga tersedia disana. Yang paling menarik di puncak becici adalah sebuah gardu pandang yang terpasang diatas pohon pinus. Gardu pandang ini hampir mirip di wisata alam kalibiru kulon progo.

Puncak becici merupakan tempat yang bagus untuk mengabadikan momen matahari tenggelam atau sunset. Karena puncak becici sendiri berada di tembing yang agak menjorok dan menghadap ke barat, sehingga pemandangan kota yogyakarta sampai gunung merapi terlihat dengan jelas daripuncak becici ini.

4. Menunggu Senja sambil bercengkrama di candi tertinggi di Jogja

copyright by yogya-backpacker.com

Candi yang merupakan candi tertinggi di Jogja ini memang tidak salah untuk dijadikan salah satu spot sunset terbaik di Jogja. Sang surya perlahan turun dari langit melewati tengah-tengah candi. Kemudian dia tenggelam dibalik perbukitan Menoreh, merupakan pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Candi Ijo merupakan sebuah candi bercorak Hindu yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Istana Ratu Boko. Yakni sekitar 4 km ke arah tenggara. Keduanya memiliki sebuah persamaan yakni lokasinya yang berada di sebuah bukit.

Jika Ratu Boko sering dikunjungi oleh mereka yang suka dengan pemandangan sunset, demikian juga dengan Candi Ijo. Lokasinya yang berada di atas bukit membuat candi ini memiliki pemandangan yang indah. Dari bukit tersebut kita bisa melihat aktivitas pesawat di Bandara Adi Sucipto dari kejauhan. Hamparan pemandangan sawah nan hijau juga bisa kita saksikan dari sana.

Bukit dimana candi ini berada dikenal dengan nama Gumuk Ijo. Bukit tersebut merupakan bagian dari Perbukitan Batur Agung. Candi ini persisnya berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Berada pada ketinggian sekitar 425 mdpl.

5. Mengejar Sunset di Embung Ngelanggeran, Gunungkidul tak kalah menakjubkan.

copyright by blog.lokal101.com

Embung adalah kata yang digunakan oleh orang-orang Jawa yang berarti telaga buatan. Embung Nglanggeran merupakan sebuah telaga buatan yang digunakan untuk menampung air hujan dan kemudian digunakan untuk mengatur suplai air ketika terjadi kekurangan air sehingga dapat digunakan petani untuk mengairi lahan.

Selain itu, Embung Nglanggeran juga dijadikan tempat wisata yang sangat instagenic karena berada di atas bukit dan dekat dengan Gunung Api Purba Nglanggeran. Embung Nglanggeran berada di Dusun Nglanggeran Wetan, Kecamatan Nglanggeran Patuk, Gunung Kidul. Objek wisata ini belum lama dibuka yakni 4 tahun silam, tepatnya 19 Februari 2013 yang diresmikan secara langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Embung Nglanggeran berada di atas bukit, oleh karena itu di sini kita dapat menikmati keindahan alam Gunungkidul dan hijaunya perkebunan warga. Waktu terbaik untuk mengunjungi Embung Nglanggeran adalah ketika menjelang sore hari. Selain untuk menghindari teriknya matahari, berkunjung pada sore hari juga kita akan dapat menikmati keindahan matahari terbenam yang epic.

Kolaborasi warna jingga matahari terbenam yang terpantul pada air yang berada di embung menciptakan refleksi yang sangat indah. Pada sore hari pun, kita dapat menikmati semilir angin sepoi-sepoi yang menyegarkan.

Related posts