Kalau Mau Melahirkan Ke Dukun Beranak Aja, Jangan Ke Dokter ! Gitu Katamama….

  • Whatsapp

Melahirkan adalah salah satu bagian dari bagian dalam kehidupan perempuan setelah menikah dan hamil. Smartgirl tau nggak sih kalau sebenarnya banyak legenda tentang hamil dan melahirkan yang tersiar di berbagai daerah di Indonesia.

Nah, sebagai sesama perempuan yuk coba kita kulik kira-kira apa saja legenda yang beredar di sekitar kita terutama yang ada di pulau Jawa ya…

Read More

1. Melahirkan di tempat dukun beranak

Orang-orang pada zaman dahulu lebih mempercayai dukun daripada dokter sehingga mereka memiliki pandangan membawa isterinya melahirkan di tempat dukun beranak lebih aman dan cenderung akan mendapatakan berkah setelah anaknya lahir.

Pandangan ini masih dipercaya oleh beberapa kalangan orang loh smartgirl, bahkan ada yang mengharamkan melahirkan pada selain dukun beranak. Karena budaya dan kebiasaan yang sudah melekat pada keluarga sehingga membuat mereka memiliki pandangan tidak afdol rasanya melahirkan ke dokter atau bidan.

2. Dilarang makan dan mandi saat malam hari

Orang-orang dahulu percaya jika orang hamil makan dan mandi malam hari maka jabang bayi yang ada didalamnya akan mudah terkena sawan (gangguan setan). Sehingga hal itu sangat haram dilakukan oleh orang hamil.

Pandangan tersebut tentu bertolak belakang dengan kondisi masyarakat masa kini ya smartgirl karena masyarakat masa kini cenderung berpikiran maju. Sama hal nya bertentangan dengan kondisi ibu hamil yang sedang mengidam makanan malam-malam. Bila keinginannya tidak dipenuhi maka bayinya saat lahir akan sering mengeluarkan air liur dari mulutnya atau bahasa lainnya ngeces.

3. Ayah atau Ibunya dilarang makan Ular atau Biawak

Ada pandangan yang mengatakan jika ayah atau ibu si jabang bayi mengkonsumsi ular atau biawak maka anaknya akan mirip dengan hewan yang disebutkan tadi. Ngeri ya smartgirl legenda yang ini, hal ini pernah menjadi berita viral di Indonesia.

Untuk merujuk ke fakta, sebenarnya di kalangan masyarakat pun masih terjadi gonjang-ganjing juga perihal legenda yang satu ini. Secara logika juga sebenarnya itu diluar nalar berbeda jika hal ini diisyaratkan dengan kutukan-kutukan yang entah dibuat oleh siapa.

Itu tadi penjelasannya smartgirl, masih kurang jelas? atau ada yang ingin ditanyakan? Yuk kita bahas Like Share comment ya 🙂

Related posts