Jangan Suka Begadang, Karena Ini Akibatnya…!!!

  • Whatsapp

Seringkali lupa waktu adalah alasan seseorang menjadi kurang tidur dan begadang. Lupa waktu tidak harus selalu melulu soal pekerjaan yang menumpuk atau tugas ekstra. Lupa waktu juga dapat disebabkan karena kamu terlalu asik bermain. Bermain disini bisa bermacam-macam, mulai dari nongkrong di cafe bersama teman-teman Anda, atau jalan-jalan ke mall menghabiskan waktu, serta hangout. Suasana cafe atau sekitar tempat hangout kamu yang cenderung selalu ramai, akan membuat kamu lupa waktu. Belum lagi jika ditambah dengan obrolan yang menyenangkan dan mengasyikkan bersama teman-teman. Secara tidak sadar kamu akan begadang dan berakibat kurang tidur atau istirahat.

Begadang jika dijadikan sebuah kebiasaan, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan organ tubuh Anda. Selain itu, kebiasaan begadang juga berbahaya bagi kesehatan psikis Anda. Mau tahu apa aja bahayanya begadang? Simak baik baik ya guyss!!!

Read More

1. Kulit wajah akan lebih terlihat kusam, dan ada lingkaran hitam di bawah mata

Ciri fisik yang sering muncul dan terlihat jika kamu sering begadang adalah muka kamu yang terlihat lebih pucat, tidak cerah, sayu, lelah, serta muncul lingkaran hitam di bawah mata. Dapat pula terlihat mata merah dan mata yang berkantung. Selain itu, begadang akan menimbulkan serta mempercepat munculnya banyak kerut di sekitar mata.

Kurang tidur juga berakibat tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan, padahal hormon tersebut sangat dibutuhkan pada saat masa pertumbuhan. Hormon pertumbuhan hanya diproduksi pada saat tidur dalam keadaan tenang, nyaman dan lelap.

Jadi lebih baik jangan begadang ya guys, selain membuat matamu berkantung dan pasti susah untuk menghilangkannya, begadang juga membuat badanmu tidak fit keesokan harinya.

2. Begadang Malamnya, tapi Mengantuk Keesokan Harinya

Begadang adalah keadaan dimana seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari enam jam. Kenapa sih kita harus cukup tidur? Karena dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas sehari-hari. Kita membiarkan tubuh memperbaiki metabolisme dengan cara tidur

Kebiasaan begadang berakibat kamu mudah mengantuk keesokan harinya ketika kamu bangun tidur. Hal ini terjadi akibat kebutuhan istirahatĀ  belum tercukupi secara baik dan sempurna selama tujuh sampai delapan jam sehari. Kurang tidur sangat berbahaya bagi kesehatanmu. Implikasi yang sering terjadi adalah mudah mengantuk ketika siang hari. Mengantuk sangat berbahaya ketika kamu sedang mengemudi. Telah banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian pengendara kendaraan baik motor maupun mobil, yaitu mengemudi dalam keadaan mengantuk.

Wah bahaya sekali kan ternyata. Jadi jangan main main ya soal mengantuk.

2. Menyiksa Tak hanya Fikiran, Daya Tahan Tubuhmu pun Menurun

Kebiasaan begadang tentu saja berakibat negatif. Pada saat tidur, tubuh kita membuang semua racun (toxin) dari dalam tubuh. Proses itu membutuhkan tubuh dalam keadaan rileks yaitu pada saat kita tidur. Organ tubuh yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh adalah hati. Jika kamu begadang, berarti kamu mencegah hati melakukan fungsinya yaitu membersihkan racun dalam tubuh.

Efek samping dari kebiasaan begadang adalah daya tahan yang menurun. Daya tahan atau sistem imun dan kekebalan tubuhmu . Contohnya nih, akibat terlalu sering begadang adalah kamu lebih mudah terserang flu, demam, batuk, meriang, tidak enak badan, dan lain sebagainya. Itu merupakan contoh untuk penyakit ringan yang bisa dengan mudah menyerang tubuhmu. Masih banyak penyakit yang bisa menyerang tubuhmu karena daya tubuh kamuĀ  menurun seperti penyakit stroke, gangguan ginjal, hati dan paru-paru, obesitas, hipertensi, dan lain sebagainya. Ketika begadang, tubuh akan diforsir untuk terus beraktifitas atau bekerja sampai larut malam, padahal pada kenyataannya tubuh memerlukan waktu untuk istirahat dan memperbarui sel-sel tubuh serta membuang racun di dalam tubuh. Jika waktu istirahat kamu kurang, otomatis kerja tubuh juga tidak sempurna sehingga efek sampingnya adalah daya tahan tubuh kamu menurun.

2. Ngerasa dikit-dikit Mudah Marah? Coba ingat-ingat lagi Kamu tadi malem begadang atau tidak?

“Kok hari ini aku bawaanya emosi terus ya?”

Pernah ngerasa seperti ini? Nah bisa jadi karena kamu lagi PMS atau jangan-jangan karena kamu semalam habis begadang memnonton film? Nah coba deh ingat-ingat lagi. Karena ternyata mudah marah bisa jadi karena faktor begadang lho!

Kurang tidur akan menyebabkan emosimu lebih susah terkontrol, cenderung meledak-ledak serta mudah marah. Hal ini dipengaruhi hormon yang diproduksi tubuh ketika kamu tidur. Ketika tidur, tubuhmu menghasilkan hormon-hormon. Namun jika kamu kekurangan tidur, otomatis tubuhmu hanya bisa sedikit menghasilkan hormon dalam tubuh. Mudah marah adalah implikasi dari depresi yang kamu alami akibat tidur kurang dari enam jam sehari.

Related posts