5 Jajanan Pasar Unik Ini, Memang Buat Candu dan Rindu ya?

  • Whatsapp

GIRLISME.COM- Ada banyak cemilan atau jajanan pasar yang ada di masyarakat. Bahkan ada beberapa makanan yang bisa menembus hotel meskipun itu adalah jajanan pasar tradisional. Nah di zaman yang serba maju ini, kita seringkali kesulitan mencari jajanan pasar yang enak dan murah ya Smartgirl.

Tapi sebenernya Smartgirl tahu ngga sih macam-macam jajanan pasar itu apa saja? Yuk, ah kalau begitu kita bahas satu-persatu ya!

Read More

1.Gurih diluar, manis di dalam. Cemplon emang punya rasa yang Unik!

copyright by http://www.diahdidi.com

Cemplon adalah makanan tradisional Jawa yang berasal dari Singkong, kelapa parut, dan gula jawa (gula merah). Makanan ini berrasa gurih diluar dan manis di dalam. Bentuknya bulat-bulat kecil seperti tahu bulat.  Meskipun hanya beberapa, terkadang masih ada, yang menjualnya, tentunya di pasar tradisional. Dinikmati selagi hangat sebagai cemilan, rasanya tak kalah lho dengan  snack modern.

Cara membuatnya: Singkong dikupas dan dicuci bersih, lalu diparut. Kemudian singkong parut dan kelapa parut dicampur dan diaduk dengan diberi garam dan vanili secukupnya. Setelah itu, bentuklah bulat-bulat kecil sesuai selera. Dan jangan lupa, disetiap bulatan cemplon, diisi dengan gulamerah yang sudah disisir secukupnya. Kemudian, digoreng dengan api sedang. Dan cemplon pun  siap dinikmati. Mudah, kan?

2.Lenthok, salah satu olahan dari Singkong yang teksturnya lembut sekali!

copyright by pinterest

Makanan ini juga berbahan dasar singkong. Teksturnya lebih lembut, karena proses pembuatannya dihaluskan terlebih dahulu. Rasanya gurih. Bentuknya ada yang bulat atau oval. Selain sebagai cemilan, lenthok ini juga cocok menjadi teman menyantap nasi soto.

Cara Membuatnya adalah: Singkong dikupas dan dicuci bersih, lalu dikukus. Setelah matang kemudian singkong ditumbuk halus. Lalu diberi bumbu yang meliputi bawang putih, kemiri, mrica, dan garam yang sudah dihaluskan. Setelah bumbu dan singkong diaduk rata, tinggal membentuk seperti kepalan-kepalan kecil, sesuai selera, bulat atau oval. Setelah itu goreng dengan minyak panas sedang. Jadi deeh.

3.Cothot, cocok nih buat Kamu yang suka manis-manis!

copyright by http://sajiansedap.grid.id

Hampir seperti lenthok, namun cothot ini rasanya cenderung manis karena ada gula pasir didalamnya. Kadang ada juga, conthot yang diberi pewarna. Barangkali bagi penjual, dimaksudkan untuk membedakan cothot dan lenthok.

 

Cara membuatnya, sangatlah sederhana. Singkong yang sudah dikukus, lalu ditumbuk halus, beri sedikit garam. Kemudian dibentuk seperti kepalan/bulatan kecil. Masukkan gula pasir secukupnya ditengah bulatan singkong tersebut. Kemudian goreng dengan minyak panas sedang. Jika sudah matang, gula pasir akan tampak meleleh. Maka itu cothot, berrasa manis.

4.Si unik, klepon dengan disiram parutan kelapa diatasnya. hmm yummy!

copyright by http://style.tribunnews.com

Klepon, salah satu dari sekian ribu macam jajanan pasar tradisional yang ada di Indonesia yang siap memanjakan lidah Anda dengan rasanya yang manis legit. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau atau putih, kemudian diisi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih. Terakhir kemudian dibaluri dengan parutan kelapa. Klepon tidak hanya ditemui di Indonesia saja, bahkan Malaysia, Brunai, dan Singapura juga ada.

Penamaan klepon sendiri hanya di daerah Jawa. Di daerah Sumatra dan Malaysia, klepon lebih dikenal dengan sebutan Onde-onde. Padahal jika di Jawa, onde-onde merupakan jajanan yang terbuat dari tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen dan kemudian digoreng.

5.Onde-onde, makanan jaman dulu yang berbentuk bulat dan kering bagian luarnya. Bikin nagih deh!

copyright by http://www.agrowindo.com

Berbicara mengenai kue tradisional, kita semua pasti tahu bahwa Indonesia memiliki beragam kue tradisional. Menariknya lagi, kue-kue ini bahkan sangat enak dan menggugah selera siapa saja. Dan untuk salah satu kue yang juga tak kalah menggugah selera adalah kue tradisional onde-onde. Onde-onde sendiri sebenarnya terdiri dari banyak macam.

Nah Smartgirl udah tahu kan makanan jajanan pasar apa saja, jadi bisa nih kapan-kapan kita nyoba bareng ya!

Related posts