Ini Perdebatan Soal Mandi Yang Bikin Bulu Kuduk Bergidik !

  • Whatsapp

Bagi kamu yang kurang hobi mandi, atau singkatnya lebih suka menghemat persediaan air, daripada menghambur-hamburkannya, mungkin beberapa pernyataan ini bisa kamu jadikan penguat alibi.

1. Mandi pada siang hari bolong

Mitos yang satu ini mengatakan bahwa lebih baik bagi kita untuk tidak mandi pada waktu siang hari, karena hal tersebut bisa membuat wajah menjadi berkalilipat tampak lebih tua. Membingungkan ya smartgirl?Karena menurut kita mandi adalah untuk menyegarkan diri, tapi kenapa bisa jadi lebih tua akhirnya. Cerita ini dikatakan berkaitan dengan kebiasaan waktu kala itu, yaitu siang yang baiknyadiisisajadenganbekerja, mandinantisetelahmemasukiwaktumandi, yaitu sore hari.

Read More

2. Terlalu lama di kamar mandi

Cerita selanjutnya ternyata memiliki efek yang sama dengan cerita yang pertama. Jika kita terlalu lama bertapa di dalam kamar mandi maka nantinya wajah kita akan menua lebih cepat. Sepertinya cerita lama ini digunakan untuk mengefissienkan waktu mandi, dan menghindari banyaknya air yang terpakai sia-sia.

3. Mengintip orang lain mandi

Hayo smartgirl pernah nggak? Bintitan lho nanti!

Bintitan adalah resiko yang harus didapatkan jika saja seseorang berani-beraninya mengintip orang yang sedang mandi. Sebenarnya tidak langsung tumbuh begitu saja di mata, karena cerita lama ini dimaksudkan untuk menjaga dari pikiran-pikiran buruk dan tidak senonoh, yaitu mengintip. Sudah mengintip, yang diintip mandi pula. Pantas sajakan jika didoakan bintitan.

4.Mandi dipantai dengan pakaian berwarna merah atau hijau tua

Cerita lama yang ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat di Pulau Jawa mengenai adanya makhluk halus penguasa pantai, salah satunya Nyi Roro Kidul. Dikatakan Ia kerap menggunakan pakaian berwarna hijau, karena itu bagi orang yang mendatangi pantai tersebut, bila memakai pakaian berwarna hijau nanti katanya akan dibawa pergi oleh si Nyai. Cerita lama ini dikatakan hadir sekaligus untuk melestarikan kisah daerah tentang Laut Selatan, kepada generasi-generasi selanjutnya. Memang seram sih, tapi tujuannya sekaligus untuk mengajarkan sejarah juga.

5. Mandi pada  pada malam hari 

Cerita lama yang terakhir yaitu larangan untuk mandi di malam hari, karena nantinya akan mengundang penyakit rematik. Pada dasarnya hal ini belum dibuktikan secara ilmiah, namun yang dimaksudkan oleh orangtua saat itu mungkin rasa linu yang diderita oleh otot karena suhu dingin yang menerpanya.

Itulah sebabnya dikatakan bahwa  mandi malam hari akan menyebabkan rematik, karena memang suhunya akan lebih rendah, dan bagi badan yang tidak kuat, akan mengalami nyeri dan linu otot, dan efek ini mirip dengan apa yang dirasakan oleh penderita rematik.

So, itu tadi penjelasan soal cerita lama mandi yang masih membuat beberapa orang merinding mendengarnya. Kalau menurut kamu sih gimana smartgirl? Semoga bermanfaat ya 🙂

 

Editor : Syifa Rosyiana Dewi 

Related posts