Ini Kenyataan Manis Pahit Indonesia Dalam Dunia Jodoh…..

  • Whatsapp

Jika sebelumnya kita pernah mendengar beberapa cerita aneh mengenai hewan-hewan di Indonesia, kemudia mengenai makanan ataupun beberapa tradisi yang kerap dilakukan, maka pastinya smartgirl juga tidak akan asing dengan beberapa kisah berikut ini perihal jodoh, yang kerap diberitahukan oleh orangtua Indonesia kepada anak-anaknya.

1. Kenapa kalau anak gadis duduk di depan pintu, nanti jodohnya sulit?

Orangtua di Indonesia kerap melarang anaknya untuk duduk di depan pintu, katanya nanti anaknya akan susah mendapatkan jodoh. Jika baru pertama kali mendengar ini maka reaksi yang ada pastilah heran, apa hubungannya pintu dengan jodoh?

Read More

Ternyata makna dari larangan ini adalah untuk mengajari perempuan dalam bersopan-santun, yaitu pintu bukanlah tempat untuk nongkrong, sebab nantinya akan menghalangi sirkulasi udara, juga merepotkan bagi tamu yang datang untuk masuk ke dalam rumah, sehingga bisa-bisa dianggap tidak menghormati tamu.

 Mengenai hubungannya dengan jodoh maksudnya adalah jika seorang gadis terus menerus duduk di depan pintu, malas-malasan, dan tidak melakukan apapun yang lebih produktif, memangnya ada laki-laki yang mau pada gadis yang kerjaannya hanya menunggui pintu?

2. Kenapa kalau sering makan sayap ayam nanti jodohnya menjauh?

Orangtua kita mempercayai bahwa pada sayap ayam itu tersimpan lemak jahat dan kolsterol yang banyak. Oleh sebab itu jika nantinya anak perempuan terlalu banyak mengonsumsi sayap ayam, bisa-bisa mengakibatkan kegemukan dan jerawatan. Nah, jika sudah begitu nantinya ditakutkan laki-laki malah semakin menjauh. Larangan ini sifatnya sebagai pencegah, agar hal tersebut tidak sampai terjadi.

3. Kenapa adik tidak boleh menikah lebih dulu dari sang kakak?

Kalau dalam bahasa singkatnya, adik jangan sampai melangkahi kakak, sebab nanti si kakak semakin jauh jodohnya. Kenapa bisa ya?

Sebenarnya makna dari larangan ini adalah untuk menjaga hubungan keluarga, antara sang adik dan kakaknya. Ketika sang adik emmutuskan untuk berkeluarga duluan, ditakutkan nantinya akan membuat sang kakak merasa minder dan tidak laku. Nah, perasaan inilah nanti yang bisa-bisa mempengaruhinya dalam berusaha mencari jodoh. Ditakutkan nanti malah pasrah dan hanya menunggu, sebab merasa dirinya sudah dikalahkan oleh sang adik.

4. Kenapa kalau ogah datang ke kondangan nantinya susah berjodoh?

Yang kodangan siapa…yang susah jodoh siapa…

Pastinya hal ini menjadi aneh, mengapa bisa acara pernikahan orang lain justru berpengaruh pada jodoh kita, iya kan?

Makna dari larangan ini sebenarnya adalah tentang jangan malas untuk menyambung tali silaturrahmi. Sebab orangtua percaya hubungan kekerabatan itu akan membuka jalan yang lebih lagi untuk perihal rezeki, hal-hal baik, termasuk jodoh. Jika kita adalah jenis perempuan yang malas menyambangi kerabat, tidak mau bergaul dan serawung, maka bagaimana nanti laki-laki bisa tertarik untuk memperistri?

Duh lika-liku Indoensia dalam dunia jodoh emang nggak pernah habis ya SMartgirl, kalau kamu sendiri gimana memandang Indoensia dalam dunia jodoh? Like share & Comment ya 🙂

 

Editor : Syifa Rosyiana Dewi 

Related posts