Connect with us

Smartbeauty

Ini Dia Alasan Kenapa Mom Harus Berhenti Membiarkan Si Kecil Dicium Sembarangan Orang! Bahayanya jangan Disepelekan!

Irma El-Mira

Published

on

Lifehack

GIRLISME.COM – Pastinya ketika Mom mengajak si kcil jalan-jalan, reaksi gemas dari orang-orang di sekitar sering Mom temui. Sehingga nggak jarang si kecil kemudian disentuh dan dicium pipinya. Tapi tahukah Mom ternyata hal itu berbahaya buat si kecil??

1. Anak-anak rentan terhadap penyakit…

Kidspot.com

Kondisi imun anak-anak, terutama yang masih bayi dan balita berada pada tataran yang jauh lebih lemah dari orang dewasa. Hal ini menjadikannya sangat mudah terkena penyakit. Ketika seseorang mencium anak Mom, sama sekali nggak bisa dipastikan apakah mereka sehat-sehat saja, apakah sedang sakit, apakah membawa virus ataupun bakteri. Kalau mereka mencium si kecil dalam keadaan nggak fit, maka sangat besar kemungkinannya anak Mom akan ikut tertular. Hal ini yang sama sekali Mom nggak boleh sepelekan. Kasian si kecil, karena harus menanggung resiko sebesar itu. Oleh sebab itu, jika Mom membawanya berjalan-jalan ke luar, belajarlah untuk menolak secara halus tapi tegas kepada orang-orang yang suka nyosor mencium anak.

2. Anak-anak akan merasa nggak nyaman…

csongquanhta.com

Bayangkan jika si kecil tiba-tiba disosor cium sana dan sini oleh orang-orang sekelilingnya, pasti perasaannya nggak akan nyaman. Ciuman adalah perwujudan dari rasa sayang, yang sebaiknya diberikan bukan dalam konteks memaksa, tiba-tiba atau bahkan tanpa izin terlebihdahulu. Karena hal tersebut akan membuat si kecil merasa nggak nyaman Mom. Hal ini ditunjukkan dengan menangis, kemudian merengek, mendorong nggak mau dicium atau bisa juga buru-buru menghapus bekas ciuman orang itu di pipinya. Kapanpun Mom keluar bersama anak, hal ini harus dibatasi dan dijaga, jangan sampai semua orang bisa seenaknya mencium anak Mom.

3. Si kecil harus paham bahwa nggak semua orang boleh menciumnya!

rachelbernsteintherapy.com

Hal lain yang penting dari masalah ciuman adalah pemberian batas kepada anak, tentang siapa yang boleh dan nggak boleh menciumnya. Ini sangat penting untuk melindungi anak dari orang-orang yang berniat nakal dan buruk. Membatasi ciuman dari orang-orang adalah salah satu cara mengajarkan anak untuk menjaga tubuhnya sendiri. Jadinya ciuman hanya boleh diberikan oleh orang-orang terdekatnya saja, bukan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Mencium bayi ataupun anak bukanlah perkara sepele ya Mom, banyak dampak negatif yang akan terjadi jika hal ini dibiarkan dan disepelekan.

Irma El-Mira
Irma El-Mira Husbuyanti ; Yogyakarta ; [email protected] ; Penulis Buku : The Secret Way of Choosing, Jatuh Bangun Mark Zuckerberg.
Irma El-Mira on InstagramIrma El-Mira on Twitter
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending