Connect with us

Girls and Food

Ini Dia 4 Tips Membuat Kue Lava yang Enak dan Lumer di Mulut, Smartgirl Wajib Coba Sih Kalau Ini!

nawa

Published

on

GIRLISME.COM- salah satu dessert coklat terbaik adalah choco lava cake atau molten lava cake. Kalau anda suka coklat dan tak suka dessert yang terlalu manis, choco lava cake adalah pilihan yang tepat. Tesktur luarnya renyah dan kalau diketuk bagian tengahnya akan mengeluarkan lelehan coklat kental. Nah kita coba bikin sendiri di rumah yuk Smartgirl, tapi praktekkin 4 tips ini ya!

1.Buat adonan coklat dengan konsistensi yang tepat

copyright by google.com

Pertama, kocok telur bersama gula. Gunakan kecepatan sedang kalau pakai mixer. Kocok dua bahan tersebut hingga berwarna pucat dan teksturnya mengembang. Setelah itu, masukkan lelehan coklat dan turunkan mixer jadi kecepatan rendah. Nah, lelehan coklat ini harus bersuhu hangat ketika masuk ke adonan telur. Menuangnya dalam adonan telur juga harus perlahan karena jika langsung semua, adonannya bisa mengempis.

2.Oles cetakan atau ramekin (cup keramik tahan panas) dengan margarin dan terigu

copyright by google.com

Sebelum menuangkan adonan coklat dalam cetakan, oles dulu dengan margarin atau butter lalu taburi dengan tepung. Tujuannya supaya lava cake mudah dikeluarkan dari cetakan atau ramekin. Namun, taburan tepungnya cukup tipis-tipis saja, ya. Hal ini ternyata bisa mempengaruhi rasa cake seperti ada rasa-rasa bubuk terigunya (chalky).

3.Panggang dengan suhu tinggi dan waktu singkat

copyright by google.com

Salah satu trik memunculkan lava coklat adalah memanggang cake dengan suhu tinggi dalam waktu yang singkat. Jadi, hasil akhirnya adalah tekstur luar yang renyah dengan lelehan coklat di bagian tengah cake.

4.Dinginkan dalam suhu ruang sebelum disantap

copyright by google.com

Setelah matang, keluarkan dari oven atau panci kukus. Diamkan dalam suhu ruang hingga agak dingin, lalu keluarkan choco lava cake dari cetakan/ramekin. Tusuk-tusuk tepian cake dengan pisau lalu balikkan cetakan/ramekin di atas piring. Nah, choco lava cake siap disantap!

Tertarik untuk membuatnya? Jangan menyerah jika di percobaan pertama belum menghasilkan lava coklat, ya.

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Continue Reading

Trending