Connect with us

Girls and Food

Ini Dia 4 Tips Membuat Kue Lava yang Enak dan Lumer di Mulut, Smartgirl Wajib Coba Sih Kalau Ini!

nawa

Published

on

GIRLISME.COM- salah satu dessert coklat terbaik adalah choco lava cake atau molten lava cake. Kalau anda suka coklat dan tak suka dessert yang terlalu manis, choco lava cake adalah pilihan yang tepat. Tesktur luarnya renyah dan kalau diketuk bagian tengahnya akan mengeluarkan lelehan coklat kental. Nah kita coba bikin sendiri di rumah yuk Smartgirl, tapi praktekkin 4 tips ini ya!

1.Buat adonan coklat dengan konsistensi yang tepat

copyright by google.com

Pertama, kocok telur bersama gula. Gunakan kecepatan sedang kalau pakai mixer. Kocok dua bahan tersebut hingga berwarna pucat dan teksturnya mengembang. Setelah itu, masukkan lelehan coklat dan turunkan mixer jadi kecepatan rendah. Nah, lelehan coklat ini harus bersuhu hangat ketika masuk ke adonan telur. Menuangnya dalam adonan telur juga harus perlahan karena jika langsung semua, adonannya bisa mengempis.

2.Oles cetakan atau ramekin (cup keramik tahan panas) dengan margarin dan terigu

copyright by google.com

Sebelum menuangkan adonan coklat dalam cetakan, oles dulu dengan margarin atau butter lalu taburi dengan tepung. Tujuannya supaya lava cake mudah dikeluarkan dari cetakan atau ramekin. Namun, taburan tepungnya cukup tipis-tipis saja, ya. Hal ini ternyata bisa mempengaruhi rasa cake seperti ada rasa-rasa bubuk terigunya (chalky).

3.Panggang dengan suhu tinggi dan waktu singkat

copyright by google.com

Salah satu trik memunculkan lava coklat adalah memanggang cake dengan suhu tinggi dalam waktu yang singkat. Jadi, hasil akhirnya adalah tekstur luar yang renyah dengan lelehan coklat di bagian tengah cake.

4.Dinginkan dalam suhu ruang sebelum disantap

copyright by google.com

Setelah matang, keluarkan dari oven atau panci kukus. Diamkan dalam suhu ruang hingga agak dingin, lalu keluarkan choco lava cake dari cetakan/ramekin. Tusuk-tusuk tepian cake dengan pisau lalu balikkan cetakan/ramekin di atas piring. Nah, choco lava cake siap disantap!

Tertarik untuk membuatnya? Jangan menyerah jika di percobaan pertama belum menghasilkan lava coklat, ya.

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading
Advertisement

Girls and Food

Ternyata Gampang Banget Kalau Udah Tahu Trik Rahasianya, Ini Dia 4 Cara Membuat Kremesan Ayam Goreng!

nawa

Published

on

By

GIRLISME.COM- kremesan emang makin membuat makanan tuh makin yahud. Nah banyak yang ngga tahu nih kalau cara buat kremesan tuh gampang banget, yuk coba yuk!

1. Gunakan minyak panas dalam jumlah banyak

Bila digoreng dalam minyak yang kurang panas, kremes akan menyerap terlalu banyak minyak. Kremes yang terasa berminyak tentu kurang sedap. Karena itu, pastikan minyak telah benar-benar panas sebelum adonan kremes dimasukkan ke dalam minyak. Kremes juga harus digoreng dalam minyak yang banyak agar matangnya merata.

2. Bumbui kremes

Kremes tentunya tak cuma harus renyah, tapi juga lezat. Agar kremes tidak terasa hambar, bumbui adonan dengan baik. Idealnya, bumbu yang digunakan untuk kremes sama dengan yang digunakan dalam sajian utamanya. Kalau menggunakan kremes untuk pendamping ayam goreng, bumbui dengan bumbu sama dengan bumbu ayam goreng.

3. Hindari menggunakan telur dalam adonan kremes

Beberapa resep kremes memang menggunakan telur sebagai salah satu bahannya. Namun, kalau kremes yang renyah lebih lama, kamu tak perlu menggunakan telur. Selain itu, kremes yang dibuat menggunakan telur biasanya akan jadi menggumpal dan liat.

4. Buat adonan kremes yang tidak terlalu kental

Untuk mendapatkan kremes dengan tekstur yang renyah, sebaiknya adonan kremes agak cair.

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Girls and Food

Bisa Buat Ta’jil Berbuka Puasa, Ini Loh 4 Tips Membuat Bubur Kacang Hijau Empuk dan Tidak Pecah!

nawa

Published

on

By

GIRLISME.COM- Bubur kacang hijau termasuk hidangan yang mudah dibuat. Bubur ini sukses dimasak jika teksturnya agak kental, terasa empuk, dan creamy. Dulu pertama kali bikin, rasanya lama sekali menunggu si bubur ini matang dengan tekstur sempurna. Ternyata, ada beberapa trik yang saya lewatkan, nih. Yuk cek di bawah ini, siapa tahu anda juga melewatkannya, kan?

1. Rendam kacang hijau semalaman

Tekstur kacang hijau yang mentah tentunya masih keras, ya. Untuk melunakkannya, rendam kacang hijau dalam air biasa selama minimal 3 jam hingga semalaman. Semakin lama direndam (semalaman), tekstur kacang hijau akan semakin lunak sehingga waktu masaknya tak perlu lama-lama.

2.Larutkan gula merah/aren agar mudah tercampur

Campurkan gula pasir dengan gula merah/aren supaya bubur kacang hijau lebih harum, gurih, dan pas manisnya. Supaya lebih mudah tercampur dengan bubur, larutkan gula pasir dan gula merah/aren dengan air terlebih dahulu. Caranya, sisir gula merah atau aren sesuai resep. Masukkan semua bahan gula dalam panci berisi air secukupnya, lalu rebuslah hingga larut. Oh ya, air untuk melarutkan gula tidak sama dengan yang dipakai untuk merebus kacang hijau, ya.

3. Perhatikan takaran air saat merebus kacang hijau

Memasak bubur kacang hijau sangatlah mengandalkan air. Biji kacang hijau perlu serapan air yang cukup banyak agar bisa mekar dan empuk. Jadi kalau air mulai surut saat merebus kacang hijau, tapi si kacang belum mekar juga, maka tambahkan air secukupnya. Rebus hingga kacang hijau mekar dan terasa empuk. Kalau terlalu lama dibiarkan kering tanpa tambahan air, tekstur kacang hijau pasti akan gosong dan bau sangit.

4.Masukkan gula pasir dan santan setelah kacangnya mekar

Sebelum kacang hijau mekar dan empuk, jangan masukkan larutan gula, garam, dan santan dulu ya. Kalau buru-buru memasukkan semua bahan tersebut, kacang hijau akan semakin lama mekarnya. Nah kalau terlalu lama masaknya, bulir kacang hijau bisa pecah, nih. Rasa bubur kacang hijau pun akan kurang lezat dan manis.

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Trending