Ingin Terhindar Nyeri Saat Haid? Hindari 4 Makanan Ini!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM- Smartgirl emang ya kalau nyeri haid itu emang buat mager banget. Apalagi ditambah dengan setumpuk tugas, pasti tambah berat deh hari itu rasanya. Nah Smartgirl ternyata kita ngga perlu nih minum obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit pada saat haid.

Menjaga makanan saat haid juga salah satu faktor biar saat haid ngga sebegitu sakit. Nah mau tahu makanan dan minuman apa yang harusnya dihindarin saat haid? Yuk langsung kita bahas satu-persatu ya!

1.Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein. Ini manjur banget sih biar Kamu ngga merasa cemas!

copyright by https://majalah.ottencoffee.co.id

Penulis buku Prescription for Natural Cures, James F. Balch dan Mark Stengles mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti cokelat, kopi, teh, dan minuman bersoda dapat memperburuk gejala kecemasan, depresi, dan nyeri payudara.

Dikutip dari Livestrong, membatasi konsumsi makanan dan minuman berkafein dapat meringankan gejala menstruasi. Dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi teh herbal dan air mineral untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2.Jangan Makanan makanan cepat saji saat haid, Selain tidak sehat makanan ini juga memicu rasa sakit!

copyright by https://beritagar.id

Makanan siap saji ini memang dapat mempermudah anda, karena tidak perlu memasak cukup langsung memakannya saja. Tahukah kalian, ternyata dalam memasak makanan siap saji ini banyak diantaranya menggunakan cara memasak yang tidak higienis dan menggunakan bumbu dan juga minyak yang disinyalir sebagai minyak trans.

Selain itu, makanan siap saji ini dimasak terlalu matang sehingga dapat mengurangi manfaat dari makanan tersebut dan juga menyebabkan nutrisi yang dalam makanan tersebut menguap dan menghilang. Apabila makanan tersebut dikonsumsi saat menstruasi maka akan mengakibatkan rasa nyeri di bagian perut bawah dan pinggang, tubuh terasa lemas, dan mudah merasakan lapar. Untuk itu, kurangilah mengonsumsi makanan siap saji. Lebih baik memasak sendiri, tentunya lebih aman untuk kesehatan tubuh.

3.Hindari Makanan mengandung lemak tinggi, apa aja sih itu?

copyright by http://www.alodokter.com

Menurut Physicians Committee for Responsible Medicine makanan berlemak tinggi memiliki pengaruh pada aktivitas hormon dalam tubuh. Perubahan aktivitas hormon saat menstruasi selalu beriringan dengan nyeri payudara dan kembung.

Balch dan Stengles menganjurkan untuk mengonsumsi makanan rendah lemak, seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan potongan daging tanpa lemak. Jenis makanan ini disebut dapat membantu mengurangi kadar estrogen yang berlebih.

4.Selain berlemak tinggi, makanan yang mengandung gula tinggi juga wajib Kamu hindari!

copyright by https://health.detik.com

Saat menstruasi terdapat perubahan hormon yang mengakibatkan kadar gula darah menhadi tidak stabil, sehingga keinginan untuk memakan makanan manis terus bertambah. Mengonsumsi makanan dengan gula tinggi dapat berpengaruh pada fluktuasi gula darah yang berakibat pada perubahan suasana hati atau mood swings. Dibandingkan mengonsumsi makanan manis, sebaiknya memakan buah yang kata serat atau yogurt rendah lemak.

Nah Smartgirl udah tahu kan makanan apa saja yang harus Kamu hindari saat sedang menstruasi. Jadi jauhin makanan itu ya Smartgirl agar sewaktu haid Kamu tetep happy dan ngga merasa nyeri haid. Selamat Mencoba!

Related posts