Inget Nggak Sih Dulu Sering Dilarang Pakai Warna Merah? Ini Alasannya….

  • Whatsapp

GIRLISME.COM — Warna adalah simbol yang mengisyaratkan sesuatu hal yang kita sukai dan kita minati. Terkadang bebrapa orang juga mengisyaratkan dirinya dengan warna-warni sesuka hati. Namun, apa jadinya kalau kemudian warna tertentu menjadi larangan tersendiri bagi kita? Bagaimanapun semua yang dilarang pasti ada sebabnya ya Smartgirl, nah lalu apa sih sebabnya warna menjadi masalah dan larangan?

1. Perempuan nggak boleh pake baju merah nanti disamber geledek baru tau rasa!

Sekilas kalau dibaca tanpa penjelasan kalimat tersebut seperti pelarangan keras ya Smartgirl, ya memang pada zaman dulu orang sangat melarang perempuan memakai baju warna merah. Mereka mengatakan memakai baju merah malah akan tersambar petir dan membuat kita tertimpa kesialan yang bertubi. Sehingga, orang-orang melarang keras memakai baju merah. Selain itu, memakai pakaian merah akan memancing keburukan dan kericuhan. Padahal logikanya, masak ya semua orang yang memakai baju merah akan tersambar petir? padahal dalam satu hari di zaman sekarang banyak orang memakai baju warna merah, berarti ada berapa orang yang meninggal setiap harinya? hal ini tidak dapat dibuktikan secara ilmiah ya Smartgirl.

Read More

2. Barang serba warna merah dilarang karena nggak sopan?

Entah larangan ini muncul sejak kapan, yang jelas udah lama ya Smartgirl. Dari zaman saya masih TK juga kayaknya larangan ini memang sudah banyak digaungakan dikalangan banyak orang. Ada yang bilang larangan ini dimulai karena banyak legenda yang mengarahkan memakai warna merah akan membawa kesialan yang bertubi-tubi kalau kata orang jawa sih ‘railok’ yang maksudnya kalau dilakukan akan berakibat fatal.

3. Filosofi warna merah itu lebih membawa keburukan bukan kebaikan!

Warna merah bisa melambangkan diri, gairah, kehidupan yang dianut sampai tingkat kepercayaan diri pribadi. Warna merah melambangkan keberanian, emosi, dan tindakan yang menggebu-gebu. Karena filosofi warna merah ini, kemudian dalam dunia pendidikan warna merah identik dengan coretan yang berarti ‘buruk’ dan tindakan pembangkangan. Sehingga para siswa dilarang menggunakan warna merah sebagai alat untuk menulis. Selain itu, alasan filosofi warna merah inilah yang membuat orang zaman dulu tidak suka karena cenderung diidentikkan dengan warna pembangkangan. Sehingga untuk kehidupan sehari-hari mereka melarang pemakaian warna merah, yang kemudian warna merah disucikan untuk menjadi salah satu warna dalam bendera Indonesia.

Nah itu dia tadi penjelasan tentang memakai warna merah dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat ya Smartgirl, jangan lupa Like Share Comment! 🙂

Related posts