Connect with us

Katamama

Indonesia Darurat Kemanusiaan? Halah Itu Mitos! Lah Anak SD Aja Udah Bisa Bully Anak Orang Lain Sampai Bertaruh Nyawa…..

Syifa R Dewi

Published

on

ilustrated by Amalia Tri Hapsari

GIRLISME.COM — Mengelompok adalah hal yang wajar dalam sosialisai antar manusia. Orang cenderung mengelompok bersama-sama dengan orang yang memiliki pemikiran yang sama, tujuan sama,hobby sama, dan banyak lainnya. Namun ada hal yang menjadi keprihatinan juga tentang sikap mengelompok ini. Coba cermati beberapa kejadian dibawah ini…

1. Anak Sekolah membentuk kelompok untuk membuly teman lainnya hingga orang yang di bully tidak punya teman..

Sampai sekarang masalah bullying masih menjadi momok bagi siapapun terutama pada masa sekolah. Pada masa ini anak-anak cenderung mengelompok dan bila salah bergaul maka akan bergabung dengan orang-orang yang suka membuly temannya. Tentu ini menjadi keprihatinan tersendiri bagi kita ya Smartgirl. Gimana enggak, anak SD udah bisa ngebully temannya sampai temannya nggak mau berangkat sekolah. Peran guru dan orang tua memang sangat dibutuhkan dalam pengembangan mental si anak. Ini yang menjadi bahaya bila kemudian tujuan mengelompok hanya untuk membully orang lain.

2. Tapi nggak cuma anak sekolahan aja, Zaman sekarang ibu-ibu komplek perumahan pun ada yang mengelompok untuk membully ibu-ibu lainnya..

Biasanya ibu-ibu perumahan tu suka banget kumpul-kumpul untuk arisan atau pengajian kan Smartgirl? tapi ternyata meskipun sudah ibu-ibu tetap saja ada ibu-ibu yang mengelompok kemudian merumpikan ibu-ibu lainnya. Tak jarang bahwa pertengkaran antar ibu-ibu ini kerap terjadi. Sebenarnya secara tidak langsung ketika anak-anak melihat kejadian ini, anak-anak pun akan menirukan apa yang dilakukan ibunya. Nah sebagai ibu yang cerdas tentunya kita jangan terhanyut oleh hal tersebut ya Smartgirl. Dalam bertetangga, tentu kita bertoleransi dan saling tolong menolong bukannya malah saling merusak dengan terlalu sering merumpikan orang lain.

3. Fanatisme terhadap kelompok hingga melupakan kemanusiaan

Yang menjadi bahaya sekarang ini banyak orang Indonesia yang buta akibat fanatisme kelompok. Sebagai bangsa yang bineka tunggal ika tidak sepatutnya kita mementingkan kepentingan golongan diatas kepentingan bersama. Rasa kemanusiaan terhadap sesama jika makin hilang maka makin menghancurkan kita sendiri.

Smartgirl setelah banyak yang terjadi tentunya kita harus lebih cerdas melihat sesuatu, jangan berpikiran terlalu sempit, dan lapangkan dada untuk membangun hubungan yang lebih baik. Semoga tidak ada permasalah antar kelompok yang kemudian malah merugikan bangsa dan negara. Semoga bermanfaat 🙂

Syifa R Dewi
Yogyakarta; [email protected]; Repoter; Content Writer; Announcer
Syifa R Dewi on Instagram
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending