Connect with us

Smartnews

Ilhan Omar dan Rashida Tlaib, Perempuan Muslim Pertama Yang Jadi Anggota Kongres AS

Okti Sulisnia

Published

on

https://internasional.kompas.com

GIRLISME.COM – Pemilihan Umum Sela Amerika Serikat (AS) yang telah dilaksanakan pada Selasa (6/11/2018) kemarin menjadi momen bersejarah bagi Ilhan Omar dan Rashida Tlaib. Mereka berdua adalah kader Partai Demokrat. Keduanya juga menjadi perempuan Muslim pertama yang resmi menjadi anggota Kongres AS.

Berdasarkan AFP Rabu (7/11/2018), Omar menjadi anggota House of Representatives dari Negara Bagian Minnesota yang berhasil meraup 78,4 persen suara. Pengungsi dari Somalia itu terpilih setelah mengalahkan kandidat dari Partai Republik Jennifer Zielinski yang hanya mendapat 21,6 persen. Kemenangan ini membuat Omar menggantikan posisi Keith Ellison yang ditugaskan sebagai Jaksa Minnesota.

Selain menjadi perempuan Muslim pertama, politisi berusia 36 tahun yang datang ke AS 20 tahun silam itu juga merupakan anggota Somalia-Amerika pertama.

Sementara itu, Tlaib merupakan politisi dari Detroit yang memenangkan kursi House of Representatives dari Negara Bagian Michigan. Politisi keturunan Palestina itu akan mengisi kursi John Conyers dari Republik yang mundur tahun lalu karena tuduhan pelecehan seksual.

Tlaib merupakan perempuan Muslim pertama yang menjabat sebagai anggota badan legislatif Michigan pada satu dekade silam. Dia merupakan pengkritik utama Presiden Donald Trump, dan pernah dipenjara di 2016 karena mengganggu pidato Trump di Detroit.

“Selamat kepada saudaraku Rashida Tlaib atas kemenangannya. Saya tak sabar ingin bekerja sama denganmu. Insha Allah,” ujar Omar melalui akun Twitter-nya.

Terpilihnya Tlaib dan Omar membuat jumlah politisi Muslim di Kongres menjadi tiga orang. Sebelumnya, Andre Carson, juga dari Demokrat, kembali terpilih di Negara Bagian Indiana.

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending